Xiaomi Belum Rilis Kernel Mi A1, Pengembang Ternama Geram

Sistem operasi Android stock menjadi idaman para pengguna smartphone masa kini. Selain tampilan antarmukanya yang sederhana dan pemakaian ressource-nya yang minimalis, mudah untuk dimodifikasi atau "oprekable" dalam bahasa kekiniannya membuat banyak pengguna Android tukang oprek, yang juga bisa disebut dengan "modder", menggemari ponsel Android dengan sistem operasi stock tersebut, tidak terkecuali smartphone Android One. Salah satu produk Android One dari Xiaomi yang populer di akhir 2017 kemarin, yakni Mi A1, saat ini telah menjadi bahan perbincangan di dunia maya. Ada apakah?

Gambar dari androidpolice.com

Selidik punya selidik, ternyata hingga saat ini Xiaomi belum merilis kernel source milik Mi A1. Padahal, sebelumnya xiaomi pernah menyatakan kepada XDA-Developers bahwa mereka akan merilis kernel source tersebut dalam kurun waktu tiga bulan. Dengan berakhirnya lini produk Nexus, smartphone Android One seperti Mi A1 menjadi harapan para "tukang oprek" yang gemar melakukan modifikasi custom ROM. Kasus belum dirilisnya ini pun hingga membuat Francisco Franco, salah satu pengembang Android ternama yang ternama pun geram dan melakukan komplain melalui Twitter.


Baca juga: Inilah 3 Alasan Mengapa Xiaomi Mi A1 Layak untuk Dibeli

Sebagai  informasi, Sharp, Kyocera, HTC, dan Motorola sudah merilis kernel sources untuk perangkat Android One mereka. Apakah Xiaomi berhasil untuk memenuhi komitmen mereka sebagai rekanan Google untuk melanjutkan program Android One? Mari kita tunggu saja kelanjutan dari kasus ini.

Comments