Nokia 7 Plus dan Nokia 8 Sirocco: Deretan Flagship Dengan Jaminan Update Hingga 3 Tahun

Nokia menjadi salah satu merek yang patut diperhitungkan pada tahun ini. Bagaimana tidak, saat pagelaran Mobile World Congress 2018 di Barcelona kemarin merek yang saat ini dihidupkan kembali oleh HMD Global meluncurkan sejumlah produk yang dapat menarik minat konsumen untuk kembali bernostalgia dengan kejayaan Nokia. Dua dari sekian banyak produk tersebut adalah Nokia 7 Plus dan Nokia 8 Sirocco. Kedua ponsel yang dijagokan sebagai flagship ini membawa spesifikasi yang bisa dibilang sangat mumpuni. Seperti apakah kedua ponsel tersebut?

Gambar dari hindustantimes.com.

Nokia 7 Plus

Ponsel pintar ini adalah ponsel Nokia pertama yang menggunakan layar dengan rasio aspek 18:9. Layar berjenis IPS LCD tersebut memiliki luas 6 inci dengan resolusi full HD+ 1.080 x 2.160 piksel. Sama dengan beberapa ponsel Nokia lainnya, Nokia 7 Plus terbuat dari satu blok aluminium yang dilapisi sebanyak 6 lapis cat untuk finishing seperti tekstur ceramic. Hasilnya dari pemrosesan tersebut adalah body Nokia 7 Plus yang terasa nyaman digenggam dan garis antena yang tidak terlihat. Untuk varian warnanya sendiri, ponsel ini tersedia dalam warna hitam dan putih dengan aksen tembaga pada frame, kamera, logo Nokia, dan tombol fisik.

Di sektor dapur pacu, Nokia 7 Plus menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 660 yang memiliki prosesor delapan inti yang terdiri dari empat inti Kryo 260 berkecepatan 2,2GHz dan empat inti Kryo 260 bekecepatan 1,8GHz. Prosesor tersebut disandingkan dengan pengolah grafis Adreno 512, RAM sebesar 4GB, dan internal storage seluas 64GB. Kamu juga bisa menambahkan ruang penyimpanan menggunakan kartu microSD yang mendukung hingga kapasitas 256GB. Sayangnya, slot kartu microSD tersebut harus berbagi tempat dengan slot kartu SIM kedua. Sehingga kamu harus memilih salah satu dari fungsi tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Pada sektor kamera, Nokia 7 Plus memiliki kamera belakang ganda dengan konfigurasi kamera primer 12 megapiksel dan kamera sekunder 13 megapiksel dengan lensa telephoto. Kamera primernya memiliki ukuran piksel besar 1.4um dan aperture yang cukup besar f/1.75. Sedangkan untuk kamera sekundernya memiliki ukuran piksel standar 1.0um dan aperture f/2.6. Untuk kamera depannya memiliki sensor 16 megapiksel dan memiliki ukuran piksel yang sama besar dengan kamera primer belakang. Semua kamera pada ponsel ini memiliki "embel-embel" Zeiss.

Nokia 7 Plus akan tersedia secara global pada April 2018 mendatang dan dibanderol seharga 399 euro atau sekitar 6,7 juta rupiah. Jika masuk ke Indonesia, kemungkinan harga banderol tersebut bisa menjadi lebih murah mengingat banderol Nokia 8 saat ini yang memiliki spesifikasi lebih tinggi hanya 6,5 juta rupiah.

Gambar dari nokia.com.

Nokia 8 Sirocco

Selain Nokia 7 Plus, HMD Global juga meluncurkan sebuah ponsel versi premium dari flagship mereka tahun lalu, yakni Nokia 8 Sirocco. Secara teknis, kedua ponsel ini memiliki spesifikasi umum yang terbilang mirip. sebut saja penggunaan chipset Qualcomm 835, RAM sebesar 6GB, dan internal storage seluas 128GB.  Akan tetapi dari segi desain, ponsel ini mendapatkan ubahan minor. Tombol kapasitif yang berada di bawah layar dihilangkan dan digantikan dengan on-screen button. Bahan yang digunakan untuk melapisi body dari ponsel ini pun berbeda, jika sebelumnya Nokia 8 menggunakan desain full metal, saat ini versi Sirocco menggunakan Gorilla Glass 5 baik di bagian depan maupun bagian belakang. Frame yang mengelilingi ponsel ini terbuat dari bahan stainless steel.

Tiga hal yang disempurnakan oleh HMD Global pada Nokia 8 Sirocco terbaru ini: sertifikasi IP67 yang menandakan ponsel ini tahan air dan debu, sistem kamera yang ditingkatkan menjadi setara dengan Nokia 7 Plus, dan layar seluas 5,5 inci dengan resolusi QHD dan panel berjenis p-OLED. Nampaknya layar dari ponsel ini cukup bisa disandingkan dengan flagship Samsung yang mayoritas menggunakan Super AMOLED.


Menurut penyataan dari HMD Global, Nokia 8 Sirocco dapat dibeli pada bulan April 2018 mendatang. Jika berbicara soal banderol harganya, mungkin kamu tidak merasa tertarik untuk memilih produk yang dilabeli 749 euro atau sekitar 12,5 juta rupiah. Namun perlu diingatkan, jika masuk ke Indonesia kemungkinan mendapatkan harga terjangkau seperti Nokia 8 saat ini bukan tidak mungkin.

Gambar dari nokia.com.


Sekadar info, semua ponsel Nokia yang dimulai dari Nokia 3 ke atas telah dijamin akan mendapatkan update selama 3 tahun setelah tanggal penjualan perdana. Artinya, jika kamu menggunakan ponsel Nokia besar kemungkinan kamu bisa mencicipi Android P ataupun Q. Selain itu, kamu juga dipastikan akan mendapatkan update security patch setiap bulannya.

Spesifikasi teknis dari Nokia 7 Plus dan Nokia 8 Sirocco bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Nokia 7 Plus

Layar
6,0 inci dengan resolusi 1.080 x 2.160 piksel, IPS LCD, Corning Gorilla Glass 5.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
158,4 x 75,6 x 8 mm, -.
.Prosesor
Qualcomm Snapdragon 660 (4 x 2,2GHz Kryo 260 dan 4 x 1,8GHz Kryo 260).
GPU
Adreno 512
RAM
6GB.
Internal Storage
128GB
External Storage
microSD hingga 256GB (hybrid slot).
Kamera Belakang
Kamera ganda yang terdiri dari kamera primer sensor 12 megapiksel dengan aperture f/1.75 dan ukuran piksel 1.4 µm. Kamera sekundernya memiliki sensor 12 megapiksel dengan aperture f/2.6. Keduanya sudah dilengkapi dengan dual pixel phase detection autofocus, optik Carl Zeiss, gyro EIS, lampu kilat LED ganda.
Kamera Depan
16 megapiksel dengan aperture f/2.0 dan ukuran piksel 1.0µm.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS/ GLONASS/BDS, USB 2.0 Type-C 1.0
Baterai
Li-Ion 3.800 mAh
Sistem Operasi
Android 8.0

Nokia 8 Sirocco


Layar
5,5 inci dengan resolusi 1.440 x 2.560 piksel, p-OLED, Corning Gorilla Glass 5.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
140,9 x 73 x 7,5 mm, -.
.Prosesor
Qualcomm Snapdragon 835 (4 x 2,5GHz Kryo dan 4 x 1,8GHz Kryo).
GPU
Adreno 540
RAM
6GB.
Internal Storage
128GB
External Storage
microSD hingga 256GB (hybrid slot).
Kamera Belakang
Kamera ganda yang terdiri dari kamera primer sensor 12 megapiksel dengan aperture f/1.75 dan ukuran piksel 1.4 µm. Kamera sekundernya memiliki sensor 12 megapiksel dengan aperture f/2.6. Keduanya sudah dilengkapi dengan dual pixel phase detection autofocus, optik Carl Zeiss, gyro EIS, lampu kilat LED ganda.
Kamera Depan
5 megapiksel dengan aperture f/2.0 dan ukuran piksel 1.4µm.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS/ GLONASS/BDS, USB 3.1 Type-C 1.0
Baterai
Li-Ion 3.260 mAh
Sistem Operasi
Android 8.0

Comments