Review Asus Zenpower Slim: Pas di Kantong!

Power bank saat ini telah menjamur sebagai gadget wajib yang dimiliki oleh masyarakat. Kehadiranya sangat membantu ketika kita membutuhkan pengisian daya secara mobile, terutama penulis yang setiap harinya melakukan aktivitas di kota Jakarta yang tidak jarang harus berpindah-pindah tempat. Waktu yang dihabiskan di jalan terkadang lebih banyak jika dibandingkan dengan berdiam di satu tempat. Maka dari itu, power bank memiliki peran yang cukup penting dalam menunjang pekerjaan penulis sehari-hari.

asus zenpower slim


Asus sebagai salah satu pabrikan ponsel pintar terkenal di Indonesia memiliki deretan power bank yang sudah cukup terkenal beberapa tahun belakangan. Hadir dengan nama Zenpower, jajaran power bank dari Asus bisa dibilang cukup sukses setelah diluncurkan beberapa tahun silam. Di awal tahun ini, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan beberapa lini terbaru dari Zenpower: Duo, Pocket, dan Slim. Informasi mengenai ketiganya bisa kamu baca di sini: "3 Power Bank Asus ini Bisa Memudahkan Hidupmu".

Untuk review kali ini, penulis kedatangan salah satu dari deretan Zenpower terbaru tersebut. Asus Zenpower Slim adalah sebuah power bank yang memiliki ukuran yang ringkas dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Power bank ini memiliki daya 3.000mAh dan body berbahan plastik. Oleh sebab itu, Zenpower Slim memiliki fisik yang cukup tipis dan bobot yang ringan. Cukup mudah membawa power bank ini di dalam saku kemeja, namun lebih nyamannya sih kantongin di saku celana saja deh.

asus zenpower slim

Sama seperti kelengkapan power bank pada umumnya, di dalam kotak penjualan Asus Zenpower Slim memiliki kelengkapan diantaranya: satu unit Zenpower Slim, sebuah kabel microUSB sepanjang 15cm , dan beberapa kitab-kitab pelengkap seperti lembaran manual serta kartu garansi. Power bank ini memiliki satu buah output USB 2.0 dan satu buah input microUSB 2.0. Sehingga kamu bisa mengisi daya power ini menggunakan segala charger, termasuk charger yang biasa kamu gunakan untuk mengisi daya ponsel milikmu. Tidak ada fitur istimewa yang ada di Zenpower Slim. Kamu tidak akan menemukan fitur pengisian daya cepat atau fast charging. Bisa dibilang secara fitur power bank ini biasa-biasa saja.

review asus zenpower slim

Meskipun tidak memiliki fitur istimewa. Asus Zenpower Slim tetap menjadi sebuah perangkat power bank dengan beragam keamanan layaknya perangkat catu daya. Sebut saja teknologi Asus PowerSafe, di mana teknologi ini memberikan sejumlah proteksi agar power bank ini dapat berfungsi dengan optimal. Beberapa proteksi yang dimiliki diantaranya: proteksi temperatur, proteksi korsleting, proteksi input voltase berlebih, proteksi output voltase berlebih, proteksi over charge, serta proteksi terhadap arus berlebih. Selain sederetan proteksi tersebut, power bank ini juga telah disertifikasi secara internasional oleh beberapa organisasi pengetesan ternama yang biasa menguji coba perangkat elektronik. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan keamanan dari Zenpower Slim. Oh ya, power bank ini juga memiliki sebuah senter LED lho. Bisa membantu kamu ketika dibutuhkan dalam kondisi gelap maupun mati lampu di rumah, he he he...

Bagaimana dengan performanya? Penulis mengujinya dengan mengisi daya ponsel daily driver saat ini, yakni Moto Z2 Play yang memiliki daya 3.000mAh. Selama lebih kurang 2 jam waktu pengisian, Zenpower Slim mampu mengisi daya ponsel milik penulis dari 15% hingga 64% saja. Lebih kurang terisi 49% sebelum daya power bank ini habis. Perlu diketahui, penulis mengisi daya sembari menggunakannya untuk beraktivitas: WhatsApp, Telegram, dan Line untuk betukar pesan dengan kolega, teman, dan rekan kerja, memantau linimasa Facebook Fan Page, Twitter, dan Instagram perusahaan, serta membalas surel menggunakan app Gmail. Karena penasaran, penulis mencoba kembali mengisi daya menggunakan Zenpower Slim. Namun kali ini, statusnya penulis membiarkan ponsel dalam keadaan standby dan menyalakan modus airplane. Hasilnya, dari sisa daya ponsel yang 7% mampu terisi hingga 80%. Artinya power bank ini sanggup mengisi lebih kurang 73%.

Mungkin ada yang bertanya, mengapa tidak sampai 100% padahal daya baterai ponsel sama dengan daya yang dimiliki oleh Zenpower Slim? Perlu diketahui, setiap catu daya seperti power bank ini tidak serta merta memiliki daya 100% sama dengan kapasitas yang tercantum. Ada banyak faktor yang menjelaskan hal tersebut. Untuk penjelasan lebih detailnya, bisa kamu baca artikel ini: "Power Bank Capacity Explained: 3-Minute Guide".

Bagaimana dengan pengisian daya power bank ini sendiri? Menggunakan charger standar 5V 2A, penulis membutuhkan waktu lebih kurang 3 jam untuk mengisi penuh Zenpower Slim dari kondisi benar-benar kosong. Mungkin bukan yang tercepat, namun hal ini bukanlah masalah karena penulis lebih sering mengisi power bank ketika sedang tidur malam.

review zenpower slim
Perbandingan ketebalan Zenpower Slim (kanan) dengan Moto Z2 Play (kiri).

Secara umum, Asus Zenpower Slim menawarkan sebuah power bank yang lebih berfungsi sebagai baterai cadangan. Mengapa begitu? Sebab, ukurannya yang ramping dan ringkas serta mudah dibawa kemana-mana menjadi keunggulan utama dari power bank ini. Mirip dengan baterai ponsel cadangan yang juga memiliki ukuran yang ringkas. Namun kan ponsel masa kini biasanya baterainya tertanam, jadi gak mungkin kita bisa mengganti dengan mudah jika baterai tersebut habis. Di sinilah Zenpower Slim berperan.

Meskipun begitu, bukan berarti power bank ini tidak memiliki kekurangan. Menurut penulis, kekurangan yang paling mendasar dari Zenpower Slim adalah kapasitasnya yang hanya 3.000mAh. Well, saat ini rata-rata ponsel pintar memiliki baterai yang berdaya > 3.000mAh. Jadi rasanya power bank dengan daya segitu terasa cukup kurang memadai. Kekurangan lainnya yang menurut penulis perlu infokan adalah kecepatan pengisian dayanya yang biasa saja. Mungkin karena penulis terbiasa menggunakan charger ataupun power bank merek lain yang sudah memiliki fitur pengisian daya cepat (dan ponsel penulis pun mendukung fitur tersebut), sehingga ketika menggunakan Zenpower Slim yang tidak memiliki fitur tersebut terasa ada yang kurang mengigit. Namun kalau kamu memiliki ponsel pintar yang tidak ada fitur pengisian daya cepat sih harusnya aman-aman saja ya.

Itulah review singkat mengenai Asus Zenpower Slim. Saat ini power bank tersebut bisa kamu dapatkan di pasaran dengan harga Rp 129.000. Di beberapa penjual daring, mungkin kamu bisa mendapatkan harga di bawah itu. Jika kamu membutuhkan sebuah power bank dengan peran 'baterai cadangan' bagi ponsel kamu, mudah dibawa kemana-mana, dan bobot yang ringan, penulis sangat merekomendasikan Asus Zenpower Slim untuk kamu pinang.


Comments