Xiaomi Luncurkan Update MIUI 9.5 Global

Kabar gembira pagi kamu para pengguna smartphone Xiaomi. Perusahaan asal Tiongkok tersebut baru saja meluncurkan update MIUI 9.5 untuk varian "Global Stable ROM". Update yang berbasis Android 7.0 Nougat ini membawa sejumlah pembaruan. Diantaranya adalah fitur notification shade terbaru, quick reply, dan tentunya update keamanan.

Gambar dari en.miui.com.

Akan ada 30 perangkat Xiaomi yang mendapatkan update ini. Daftarnya bisa kamu lihat di bawah ini sesuai dengan urutan waktu update.

  • Akhir Maret: Redmi Note 3 Special Edition, Redmi Note 3 Qualcomm, Redmi Note 4 Qualcomm/Redmi Note 4X, Mi Max, Mi Max Prime, Redmi 3S, Redmi 4 Prime, Redmi 4A, dan Redmi Note 4 MediaTek.
  • Awal April: Redmi Note 5A Prime/Redmi Y1, Redmi Note 5A/Redmi Y1 Lite, Redmi 5A, Redmi 5 Plus, Redmi Note 5, Redmi 5, Mi Max 2, Mi 5, Redmi 4X, Mi 6, dan Mi MIX 2.
  • Pertengahan April: Mi Note 2, Mi 5s, Mi MIX, Mi Note 3, Mi 5s Plus, Redmi Note 2, Redmi 3, Redmi 4, Mi 3, dan Mi 4.

Bisa kamu lihat pada daftar di atas, beberapa perangkat lawas Xiaomi seperti Mi 3, Mi 4, dan Redmi Note 2 juga mendapatkan update MIUI 9.5 walaupun baru akan mendapatkannya di kloter terakhir. Namun hal ini menunjukkan komitmen Xiaomi untuk menghadirkan update terbaru untuk para MiFans, meskipun mereka menggunakan perangkat seri lama.

Jika kamu pengguna perangkat Xiaomi yang termasuk dalam kloter awal di akhir Maret, silakan untuk mengecek update melalui menu "Software Update".


Mungkin satu hal yang disayangkan menurut pendapat pribadi penulis adalah update ini masih berbasis Android 7.0 Nougat. Padahal akan lebih baik lagi jika MIUI 9.5 sudah berbasis Android 8.0 Oreo. Menurut kabar angin yang beredar, update Oreo tersebut nantinya akan dihadirkan pada MIUI 10 yang kemungkinan akan diluncurkan pada kuartal ketiga atapun keempat tahun ini.

Comments