Arez, Nama Baru Kartu Grafis AMD dari Asus

Asus baru saja mengumumkan jika telah mengganti nama seluruh lini kartu grafis berbasis AMD mereka. Nama yang diberikan, yakni Arez, akan menggantikan nama Republic of Gamers (ROG) yang sudah lama menjadi legenda di kalangan gamers untuk beragam perangkat penunjang permainan, baik itu kartu grafis, motherboard, hingga laptop. Dengan ini, Asus akan mengganti semua packaging dengan nama dan logo baru untuk seluruh jajaran kartu grafis berbasis AMD yang dirilis oleh mereka.

Gambar dari tomshardware.com.

Penggantian nama baru ini bukan tanpa sebab. Tahukah kalian jika Asus sepertinya berniat untuk bergabung dengan program GeForce Partnership (GPP) yang sedang digencarkan oleh Nvidia? Program tersebut "memaksa" pada manufaktur untuk menggunakan nama lini gaming mereka khusus untuk kartu grafis keluaran Nvidia. Dengan hadirnya Arez, nampaknya Asus akan mengkhususkan penggunaan nama ROG untuk lini kartu grafis Nvidia keluaran mereka.

Tidak ada kartu grafis seri baru yang dikeluarkan oleh Asus untuk lini Arez ini. Masih tetap setia dengan beberapa model populer seperti seri RX500 dan RX Vega. Selain Asus, AMD juga mengumumkan beberapa partner manufaktur lainnya juga akan meluncurkan hal yang sama dengan Asus. Nampaknya ini adalah jawaban AMD atas dikeluarkannya GPP oleh Nvidia. Jika melihat polanya, maka penamaan khusus dari masing-masing lini akan menambah "panas" pertempuran antara kubu merah melawan kubu hijau.

Comments