Review Asus ROG Strix GL702ZC: Gaming Laptop Terkuat dari AMD

Tidak ada habisnya jika kita membahas soal gaming laptop. Di saat harga komponen PC, khususnya kartu grafis dan memory RAM terus meningkat, harga gaming laptop malah semakin terjangkau. Bisa dibilang saat ini price gap untuk price performance dari PC dan gaming laptop terus menipis. Apalagi banyak produsen berlomba-lomba untuk meluncurkan produk mesin gaming terbaik mereka yang didukung oleh spesifikasi kelas atas dan desain yang keren. Hal ini membuat para gamers mulai beralih dari PC ke gaming laptop.

laptop amd ryzen asus

Asus yang sudah terkenal sejak dulu dengan gaming laptop lini Republic of Gamers atau biasa disingkat ROG selalu mencoba untuk menghadirkan solusi untuk kebutuhan gamer masa kini. Tidak ayal, tiap tahunnya ada saja varian produk baru dari gaming laptop ROG ini. Salah satu yang sekarang menjadi buah bibir adalah Asus ROG Strix GL702ZC. Gaming laptop ini sangat menarik, sebab menggunakan platform AMD yang jarang ditemui pada laptop di harga lebih dari 10 juta rupiah.

Asus ROG Strix GL702ZC memiliki desain yang tegas dan keren layaknya gaming laptop pada umumnya. Dominasi balutan warna hitam dengan beberapa aksen chrome membuat laptop ini semakin terlihat gahar. Keyboard-nya berjenis island dengan jarak antar tuts yang cukup lega. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengetik lebih mudah dan tentunya anti typo. Kamu juga bisa menemukan numeric keypad yang berada di sebelah kanan, buat kamu yang mungkin sering berkutat dengan angka ataupun buat masukin kode cheat/trainer tombol-tombol tersebut tentunya dapat menambah kenyamanan saat mengetik. Untuk touchpad-nya sendiri cukup luas dan mudah untuk dioperasikan. Sensitivitasnya pun patut diacungi jempol. Namun kamu tidak disarankan untuk bermain game menggunakan touchpad ini. Ya, siapa juga yang main game pake touchpad? Kan enakan pakai mouse ya hohoho...

review asus rog strix gl702zc
Logo AMD Ryzen dan RX Radeon.

review asus rog strix gl702zc
Touchpad yang ada pada Asus ROG Strix GL702ZC.

Dari segi konektivitas, laptop ini memiliki sejumlah fitur yang cukup lengkap. Di sisi kiri, kamu bisa menemukan sebuah port charger, port RJ-45 LAN, port Mini Display, HDMI, USB Type-C 3.1, USB 3.0, dan audio jack 3,5mm. Sedangkan di sisi kanan kamu akan mendapati sebuah SD card reader, dua buah USB 3.0, dan sebuah kensington lock. Oh ya, laptop ini sudah tidak dibekali dengan optical drive. Jadi untuk kamu yang masih memanfaatkan fitur tersebut bisa membeli portable optical drive yang tersedia di pasaran.

review asus rog strix gl702zc
Sisi kiri Asus ROG Strix GL702ZC.

review asus rog strix gl702zc
Sisi kanan Asus ROG Strix GL702ZC.

Performa tinggi untuk menjalankan semua games menjadi sebuah keharusan pada Asus ROG Strix GL702ZC. Tentunya kali ini Asus mempercayakan platform prosesor Ryzen dari AMD yang ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan performa kencang tanpa cela. Kegegasan performa dari prosesor Ryzen 7 1700 octa core yang berjalan di kecepatan normal 3,2GHz ini tentunya mampu melahap segala games maupun aktivitas harian kamu dengan mudah. Membuka dokumen menggunakan Microsoft Office, melakukan editing foto dan video dengan Adobe Photoshop dan Premier, atau memutar video menggunakan PotPlayer dapat dijalankan dengan tanpa kendala. Perpindahan antar aplikasi pun sangat lancar dengan RAM sebesar 8GB yang menurut CPU-Z terpasang dengan konfigurasi single channel. Artinya, masih tersedia satu slot lagi jika kamu berminat untuk menambah RAM pada laptop ini hingga 16GB.

review asus rog strix gl702zc
Prosesor AMD Ryzen 7 1700 pada Asus ROG Strix GL702ZC.

review asus rog strix gl702zc
Mainboard dengan chipset B350.

review asus rog strix gl702zc
RAM 8GB DDR4 yang berjalan single channel.


review asus rog strix gl702zc
Kartu grafis AMD Radeon RX 580.

review asus rog strix gl702zc
Hasil pengujian 3DMark dengan modus Time Spy.

review asus rog strix gl702zc
Pengaturan Heaven Benchmark.

review asus rog strix gl702zc
Hasil pengujian Heaven Benchmark.

review asus rog strix gl702zc
Hasil pengujian Cinebench R15.

Bagaimana dengan performa gaming dari laptop ini? Kartu grafis AMD Radeon RX 580 yang tertanam pada komputer jinjing ini sanggup untuk bermain beberapa game populer seperti Pro Evolution Soccer 2018, Tekken 7, Battlefield 1, The Witcher 3, Rise of The Tomb Raider,hingga Company of Heroes 2 dengan lancar. Semua games tersebut tentunya memiliki pengaturan grafis "rata kanan" dengan beragam efek spesial yang dinyalakan. Khusus The Witcher 3, Rise of The Tomb Raider, dan Company of Heroes 2, penulis sarankan untuk menurunkan beberapa pengaturan karena kedua games tersebut berjalan mepet di sekitar 30 FPS. Tentunya seperti yang kita tahu, untuk mendapatkan pengalaman bermain yang seru tanpa kendala FPS lebih nyaman jika berada stabil di kisaran lebih dari 50. Secara keseluruhan, performa dari laptop ini sangat memuaskan untuk kamu para gamers kasual maupun profesional.

review asus rog strix gl702zc
Hasil pengujian games pada Asus ROG Strix GL702ZC.

review asus rog strix gl702zc
Lanjutan hasil pengujian games pada Asus ROG Strix GL702ZC.

Fitur hiburan untuk mendengarkan musik dan menonton film adalah salah satu aktivitas lainnya yang dapat dinikmati secara menyenangkan pada Asus ROG Strix GL702ZC. Layar seluas 17,3 inci berjenis IPS dengan resolusi Full HD 1080p membuatnya sangat nyaman untuk dipandang ketika menonton film ataupun bermain game. Suara yang dihasilkan oleh speaker laptop ini juga bisa dibilang cukup baik, meskipun bisa dibilang karakter suaranya mirip dengan speaker pada ROG kelas pemula. Penulis mencoba untuk menikmati musik dan film seri favorit via Spotify dan Netflix. Hasilnya, suara yang dihasilkan oleh speaker laptop ini cukup memuaskan dengan suara vokal dan instrumen yang cukup terdengar jelas, bass-nya pun cukup enak didengar. Namun penulis menyarankan baiknya kamu menggunakan headset saja agar mendapatkan pengalaman audio yang lebih baik.

Suhu dan daya tahan baterai merupakan salah satu pertimbangan ketika ingin membeli sebuah laptop. Bagaimana dengan Asus ROG Strix GL702ZC? Suhu perangkat ketika sedang idle atau melakukan pekerjaan ringan seperti mengolah dokumen, browsing internet, ataupun mendengarkan musik menggunakan Spotify, sekitar 50-51 derajat celcius. Sedangkan jika laptop ini digunakan untuk pekerjaan haus daya seperti bermain game, mengolah video, ataupun menambang cryptocurrency, suhu bisa mencapai 80 derajat celcius. Khusus untuk kartu grafis dedicated-nya yang bekerja keras, suhu full load bisa mencapai 88 derajat celcius. Bisa dibilang suhu yang dimiliki oleh laptop ini masih dalam batas wajar, baik ketika dalam kondisi idle maupun full load mengingat platform AMD Ryzen memiliki raw power yang sangat tinggi. Satu hal yang menjadi catatan untuk laptop ini adalah suara bising yang ditimbulkan dari exhaust fan cukup bising dan mengganggu. Bisa dibilang suaranya mirip suara kipas angin dengan kecepatan terkencang. Makanya penulis menyarankan kamu untuk menggunakan headset ketika bermain games agar tidak terganggu dengan suara bisingnya.

review asus rog strix gl702zc
Suhu idle Asus ROG Strix GL702ZC.

review asus rog strix gl702zc
Lanjutan suhu idle Asus ROG Strix GL702ZC.

review asus rog strix gl702zc
Suhu full load Asus ROG Strix GL702ZC.

review asus rog strix gl702zc
Lanjutan suhu full load Asus ROG Strix GL702ZC.

Layaknya sebuah gaming laptop, daya tahan baterai bukanlah sesuatu yang dapat dibanggakan dari Asus ROG Strix GL702ZC. Baterai laptop ini hanya dapat bertahan hingga 2 jam untuk pemakaian ringan pada saat modus high performance, sedangkan untuk pemakaian berat laptop ini dapat bertahan hingga 1 jam saja pada modus yang sama. Dan kalian jangan kaget melihat power brick-nya ya, benar-benar berukuran dan berbobot seperti batu bata lho hehehe...

Baca juga: Review Asus X555BP: Laptop 5 Juta Bisa Ngapain Aja?

Asus ROG Strix GL702ZC merupakan salah satu gaming laptop kelas atas yang sangat direkomendasikan untuk kamu di pertengahan 2018 ini. Datang dengan spesifikasi yang buas dan model yang cukup stylish, laptop ini cocok untuk digunakan untuk gamer yang membutuhkan performa kencang untuk bermain games kelas berat ataupun kamu seorang profesional yang membutuhkan performa lebih untuk menunjang pekerjaan. Laptop ini dapat kamu beli di kisaran harga 23 jutaan. Harga tersebut bisa berbeda-beda pada tiap toko. Biasanya, kamu dapat membeli secara daring dengan harga lebih murah dibandingkan kamu membeli secara langsung di toko biasa. Namun di manapun kamu membelinya, pastikan produk yang kamu beli bergaransi resmi Asus Indonesia yang di cover selama 2 tahun.

Untuk spesifikasi teknis dari Asus ROG Strix GL702ZC  bisa kamu lihat di bawah ini.

Prosesor
AMD Ryzen 7 1700 Octa-core 3.2 GHz
GPU
AMD Radeon RX 580 4GB DDR5 VRAM
Memory RAM
8 GB DDR4 SDRAM
Storage
1TB SATA 5.400RPM HDD + 256GB SSD SATA3 M.2
Layar
17,3 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080, IPS LCD, Freesync
Sistem Operasi
Windows 10
Optical Drive
Tidak tersedia.
Konektivitas
1 x COMBO audio jack 
1 x USB Type-C 3.1 
3 x USB 3.0 (USB3.1 GEN1)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN
1 x HDMI
1 x Mini Display port
1 x SD card reader
1 x AC adapter plug

Integrated 802.11 AC (2x2)
Bluetooth 4.2
Dimensi (Panjang x Lebar x Tebal)
41,5 x 28 x 3,4 cm
Bobot
3 kg dengan baterai



Comments