Asus Luncurkan ROG Phone, Siap Gempur Pasar Mobile Gaming

Setelah sekian tahun berkelana di dunia PC gaming, Asus dengan brand Republic of Gamers atau yang biasa disebut ROG mulai menjajaki dunia mobile gaming. Menyusul langkah Razer, Xiaomi, dan Nubia, perusahaan asal Taiwan ini meluncurkan sebuah gaming smartphone yang bisa dibilang beda dengan ponsel gaming lainnya yang sudah terlebih dahulu beredar.

Gambar dari gsmarena.com.

Perbedaan ROG Phone sudah terlihat dari pertama kali kita melihat fisiknya. Sama seperti yang dapat ditemukan pada jajaran gaming notebook mereka, smartphone ini memiliki desain yang terlihat "sangar dan nyentrik" dengan kehadiran dua buah speaker pada sisi atas dan bawah layar. Di sisi belakang smartphone, kita bisa menemukan sebuah cooling vents untuk sirkulasi udara di dalam perangkat yang didampingi oleh kamera belakang ganda serta logo ROG yang tersohor. Logo tersebut mampu untuk menampilkan RGB illumination yang dapat diatur warna yang ingin ditampilkan serta berfungsi sebagai lampu notifikasi. Baik sisi depan maupun belakang ponsel ini dilapisi dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass sehingga memiliki ketahanan terhadap goresan yang lebih baik.

Selain memiliki sebuah USB Type-C port dan headphone jack di sisi bawah, ROG Phone juga memiliki sebuah accessory port di bagian tengah pada sisi sebelah kiri. Port tersebut dapatdigunakan untuk mengisi daya ponsel sehingga kamu tidak akan terganggu dengan adanya kabel ketika sedang bermain game. Di sektor audio, headphone jack yang terdapat pada smartphone ini mendukung Hi-Res Audio 24-bit/192Khz playback serta dilengkapi dengan fitur DTS Headphone:X.

Fitur ultrasonic pressure yang sebelumnya dijumpai pada smartphone keluaran HTC juga dapat kita temukan pada ROG Phone. Untuk menyalakan fitur tersebut, kamu cukup untuk "memijit" sisi kiri dan kanan ponsel yang nantikan akan mengaktifkan "X Mode", sebuah modus di mana smartphone akan mengoptimalkan performa dengan mematikan beberapa background tasks yang tidak terlalu penting. Selain itu, modus tersebut juga mengaktifkan kipas pada aksesoris AeroActive Cooler yang sifatnya opsional. Sedangkan jika kamu "memijit" sisi atas dan bawah ponsel ini, maka kamu dapat mengaktifkan modus "Air Trigger". Modus ini berfungsi sebagai tombol virtual yang dapat digunakan saat bermain game. Fungsi tombolnya dapat diatur selama game tersebut mendukung fitur ini.

Gambar dari gsmarena.com.

Secara spesifikasi teknis, ROG Phone memiliki "jeroan" yang setara dengan flagship masa kini. Sebut saja chipset Qualcomm Snapdragon 845 yang di overlock hingga 2.96GHz, RAM sebesar 8GB, serta internal storage dengan dua pilihan kapasitas besar, yakni 128 dan 512 GB. Sebuah vapor-chamber bernama GameCool juga terpasang pada ponsel ini yang bertugas untuk mengoptimalkan pendinginan chipset. Baterai berdaya 4.000mAh yang memiliki fitur pengisian daya cepat Asus HyperCharge 20W diyakini dapat menunjang kegiatan gaming kamu selama seharian penuh. Untuk layarnya sendiri, smarphone ini memiliki layar seluas 6 inci dengan panel berjenis AMOLED dan rasio 18:9 beresolusi 1.080 x 2.160 piksel. Sebagai gaming phone, layar ponsel ini memiliki refresh rate sebesar 90Hz dan response time 1ms. Tidak hanya itu, layar ini juga mendukung HDR dan DCI-P3 hingga 108,6%.

Hal yang membuat ROG Phone ini kian menarik adalah tersedianya dukungan aksesoris yang cukup beragam. Selain AeroActive Cooler yang berfungsi sebagai fan tambahan untuk mendinginkan perangkat, smartphone ini juga memiliki Gamevice controller yang dapat disambungkan di sisi atas dan bawah (atau kiri dan kanan saat landscape). Aksesoris tersebut juga memiliki WiGig Dock yang berfungsi untuk menyambungkan perangkat dengan layar eksternal melalui koneksi kencang nirkabel 802.11ad. Selain itu, terdapat juga sebuah dock yang memungkinkan smartphone ini disambungkan dengan aksesoris tambahan lain seperti keyboard, mouse, maupun monitor. Terakhir, Asus menyediakan TwinView Dock yang memiliki desain clamshell. Aksesoris ini cukup menarik karena menyediakan layar tambahan seluas 6 inci beresolusi 1080p dan baterai sebesar 6.000mAh. Dengan TwinView Dock, smartphone ini bisa "menjelma" seperti sebuah perangkat Nintendo DS.


Baca juga: Review Asus Zenfone Max Pro M1: Ponsel Gaming yang Serba Bisa!

Asus belum memberikan informasi mengenai harga dari smartphone ini. Namun jika harus menerka, penulis menebak ROG Phone akan dijual seharga 12 juta rupiah untuk varian 128GB dan 14 juta rupiah untuk varian 512GB. Namun harga ini bisa jadi lebih mahal, mengingat brand ROG yang cukup kuat dan banyaknya pilihan aksesoris yang bisa dijadikan bundling pada saat perangkat ini dijual secara perdana di pasaran. Menurut rumor yang beredar, smartphone ini kemungkinan akan menyambangi pasar Indonesia pada kuartal ke-4 tahun ini atau sekitar bulan Oktober - Desember. Apakah kamu berminat untuk memiliki gaming smartphone yang gahar ini, guys?

Comments