Instagram Lite: Buat Kamu yang Hapenya Lemot

Facebook memperkenalkan aplikasi Facebook Lite pada tahun 2015 silam dan Messenger Lite sekitar dua bulan yang lalu. Langkah ini dimaksudkan agar para pengguna smartphone kelas pemula yang memiliki spesifikasi rendah dapat menjalankan aplikasi asal Amerika Serikat tersebut lebih lancar. Sadar akan popularitas Instagram yang saat ini terus naik, Facebook menambah portofolio aplikasi ringan mereka dengan meluncurkan Instagram Lite.

Gambar dari play.google.com.

Sesuai dengan namanya, Instagram Lite adalah aplikasi Instagram yang bisa dibilang lebih ringan jika dibandingkan dengan aplikasi Instagram "yang sebenarnya". Aplikasi ini hadir dengan ukuran 573 KB, lima puluh kali lebih kecil jika dibandingkan dengan Instagram original yang mencapai 32 MB. Hanya saja ukuran yang lebih kecil tersebut membawa sejumlah pengurangan fitur.

Beberapa fitur yang dikurangi:
  • Tidak ada Direct Message, sehingga kamu tidak bisa saling bertukar pesan dengan para followers.
  • Tidak ada fitur IGTV, sehingga kamu juga tidak bisa menikmati konten video hingga 60 menit  tersebut.
  • Fitur pencarian terbaru yang sangat canggih juga hilang, digantikan dengan pencarian yang lebih sederhana. Mesin pencarian tersebut juga tidak memiliki fitur Suggestions.
  • Pada tab Like, bagian Following dihilangkan sehingga kamu tidak bisa kepo melihat apa saja yang di "like" oleh orang lain.
  • Pada tab Profile, kamu juga tidak bisa membuat highlights dari Stories ataupun menonton highlights yang sudah kamu buat.
Dengan banyaknya pengurangan fitur tersebut, maukah kamu tetap menggunakan Instagram Lite? Saat ini sih penulis belum bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi ini karena masih region lock dan Indonesia belum kebagian. Namun seharusnya sih tidak lama lagi Facebook akan meluncurkan aplikasi ini secara global.

Comments