Surface Go: Tablet Surface Termurah dari Microsoft

Microsoft memang sudah keluar dari persaingan smartphone, namun di Amerika Serikat perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini masih cukup semangat untuk mengembangkan tablet berbasis Windows. Hal ini dibuktikan dengan peluncuran Surface Go, sebuah tablet berukuran 10 inci yang hadir dengan sistem operasi Windows. Perangkat ini digadang-gadang sebagai Surface versi murah, karena banderol harganya yang hanya US$399 saja. Lalu apa sajakah yang dihadirkan oleh Microsoft pada tablet murah mereka ini?

Gambar dari blogs.windows.com

Surface Go memiliki layar dengan rasio aspek 3:2 beresolusi 1.800 x 1.200 piksel. Berbobot 520 gram, tablet ini lebih berat jika dibandingkan dengan iPad, namun lebih ringan jika dibandingkan dengan Surface Pro. Di dalamnya, tertanam prosesor Intel Pentium Gold 4415, RAM sebesar 4 atau 8 GB, internal storage seluas 64GB eMMC atau 128GB SSD. Saat ini, Micorosft hanya menawarkan varian Wi-Fi only. Namun rencananya varian dengan konektivitas LTE akan dihadirkan dalam waktu yang akan datang.

Menggunakan Windows S, Surface Go hanya akan memiliki peramban Edge dan Microsoft Store terpasang di dalamnya. Namun Microsoft memberikan kebebasan bagi pengguna untuk melakukan update ke Windows 10. Selain itu, akan ada beberapa aksesoris pelengkap yang dapat dibeli seperti: mouse nirkabel, Type Cover, dan juga Surface Pen. Banderol harga US$399 berlaku untuk varian 4/64GB, sedangkan untuk varian 8/128GB akan dijual seharga US$549. Saat ini Microsoft sudah membuka pre-order di Amerika Serikat, namun pengiriman produk akan dimulai pada Agustus 2018 mendatang.

Comments