Inilah Plus Minus 4G LTE Di Indonesia

Para pengguna gadget boleh bersorak-sorai di penghujung tahun 2014. Beberapa operator telekomunikasi telah meluncurkan layanan jaringan data 4G LTE. Jaringan tersebut sementara ini berjalan di spektrum 900 MHz. Pada tahun depan, jaringan 4G LTE akan berjalan di spektrum 1800 MHz. Sekedar info, layanan jaringan data 4G LTE secara teori memiliki kecepatan download hingga 300 Mbps dan upload hingga 75 Mbps.

4g lte indonesia

Dengan kecepatan secepat itu, tentunya akan ada banyak manfaat positif yang dapat dirasakan oleh para pengguna layanan internet di Indonesia. Beberapa dari manfaat tersebut antara lain:
  • Berkembangnya e-commerce sebagai salah satu pusat perbelanjaan masyarakat.
  • Usaha kecil menengah (UKM) lebih mudah untuk memasarkan produk mereka secara online.
  • Semakin pesatnya komputasi awan (cloud computing).
  • Peningkatkan penggunaan tempat penyimpanan awan (cloud storage).
  • Berkembangnya layanan streaming musik maupun video.
  • Memudahkan para pelaku startup yang bisnisnya sangat bergantung kepada internet.
Itulah sebagian kecil manfaat positif dari kehadiran layanan jaringan data 4G LTE. Masih banyak lagi manfaat yang bisa diambil dengan kecepatan internet yang kencang tersebut. Namun dibalik manfaat positif tersebut, ada beberapa sisi negatif dari layanan internet super cepat tersebut. Beberapa diantaranya:
  • Tarif layanan data menjadi lebih mahal.
  • Semakin mudah orang untuk melakukan download dan upload produk bajakan.
  • Masyarakat akan lebih sering berkomunikasi secara tidak langsung (dengan instant messaging, VoIP, video call) dibandingkan dengan berkomunikasi secara langsung (ketemuan, kopi darat, hangout).
Itulah beberapa plus minus kehadiran 4G LTE di Indonesia. Penulis berharap, kehadiran layanan data 4G LTE dibarengi dengan pemerataan jaringan di seluruh wilayah Indonesia. Sebab seperti yang diketahui saat ini, beberapa daerah terutama di luar Pulau Jawa nasibnya masih sangat menyedihkan untuk layanan internet.

Gambar diambil dari wot.motortrend.com.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?