Skip to main content

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?

Smartphone besutan Google, yakni lini Pixel, merupakan dambaan para pengguna Android. Lini yang menjadi penerus jajaran Nexus yang sebelumnya sangat dicintai tersebut adalah sebuah kombinasi sempurna dengan spesifikasi hardware tinggi dan racikan software ala Google yang menawan. Namun sayangnya, Pixel tidak beredar secara resmi di Indonesia. Sehingga jika kamu ingin membeli smartphone ini, kamu harus membelinya ke negara tetangga atau melalui online marketplace dengan harga yang melambung jauh jika dibandingkan dengan harga aslinya.

Review Asus Padfone S: Kombinasi Ponsel Tablet Paling Pas!

Ponsel pintar dan tablet merupakan dua buah gadget yang sangat hype saat ini. Coba saja Anda jalan-jalan ke mall, banyak sekali orang-orang yang sibuk bermain dengan gadget mereka. Baik chatting dengan instant messaging, mendengarkan musik, dan selfie dengan ponsel pintar. Ataupun sekedar membaca e-book, berselancar di internet, dan menonton video dengan tablet. Baik ponsel pintar maupun tablet memiliki fungsinya masing-masing. Kadang keduanya juga dibutuhkan. Namun tidak semua orang dapat memiliki keduanya dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah tidak memiliki cukup dana karena untuk memiliki ponsel pintar dan tablet kelas atas haruslah merogoh kocek yang sangat dalam.

asus padfone s

Asus sebagai salah satu produsen perangkat komputer, laptop, serta ponsel pintar dan tablet menjawab kebutuhan konsumen dengan menghadirkan Asus Padfone. Seri Padfone ini mengkombinasikan antara ponsel pintar dengan tablet yang saling mengisi satu sama lain. Bagaimana tidak, keduanya dijual dalam satu paket penjualan dan berfungsi untuk dapat saling menunjang. Ponsel pintar tersebut membutuhkan tablet untuk menampilkan layar yang lebih luas dan baterai yang lebih besar, sedangkan tablet tersebut membutuhkan ponsel pintar untuk dapat menyala dan befungsi sepenuhnya. Konsep ponsel pintar - tablet hybrid ini merupakan inovasi Asus yang hingga saat ini belum ada vendor lain yang membuat perangkat serupa.

Kali ini penulis kedatangan sebuah "tamu" spesial. Asus Padfone S, inilah ponsel pintar - tablet hybrid keluaran terbaru dari Asus. Sebuah ponsel pintar berukuran 5 inchi dipadukan dengan sebuah tablet yang cukup besar berukuran 9 inchi (dalam rasio 16 : 9). Tersedia dalam balutan plastik polikarbonat dengan warna putih matte (tersedia juga dalam warna hitam), ponsel pintar Asus Padfone S tampil seksi dan mempesona. Bingkai metal yang berada di pinggirannya memberikan kesan kokoh dan kuat. Asus mengklaim bahwa Padfone S tahan terhadap guncangan dan cipratan air. Tentu saja penulis tidak berani untuk mencobanya.

asus padfone s

asus padfone s

asus padfone s


Untuk tabletnya sendiri, Asus Padfone S memiliki penampilan yang cukup bulky dengan bezel yang tebal. Hal ini mengurangi kecantikannya namun semakin membuatnya terasa mantap di dalam genggaman tangan. Bagian depan memiliki warna hitam dengan logo Asus di bagian kiri atas, kamera depan di tengah atas, serta dua buah speaker stereo di bagian kiri dan kanan. Pada bagian belakang, terdapat sebuah dock yang khusus didesain agar ponsel Padfone S dapat "menyatu" dengan tabletnya. Tidak lupa Asus juga menyediakan tombol power di bagian atas serta tombol volume dan port micro USB di bagian samping kanan. Semuanya terbalut dengan warna putih matte.

asus padfone s

asus padfone s

asus padfone s


Layar ponsel Asus Padfone S memiliki resolusi 1080 x 1920 FULL HD. Memiliki karakteristik yang cukup warm namun tetap menampilkan warna yang cemerlang. Pengguna dapat mengutak-ngatik pengaturan layar dengan aplikasi Asus Splendid. Tidak lupa, Asus juga melapisi layar ponsel dengan pelindung Gorila Glass 3. Sehingga layar ponsel lebih tahan terhadap goresan. Di bawah teriknya sinar matahari, layar ponsel Asus Padfone S masih dapat terlihat cukup jelas asalkan brightness di set pada pengaturan maksimal.

Tablet Asus Padfone S tidak mau kalah. Memiliki ukuran yang lebih besar, resolusinya pun ditingkatkan walaupun sedikit, yakni 1200 x 1920. Memiliki karakteristik yang sama dengan ponselnya. Namun, Asus tidak menginformasikan apakah tablet tersebut menggunakan Gorilla Glass 3 juga seperti ponselnya atau tidak. Sama halnya dengan ponsel Asus Padfone S, tablet ini juga masih dapat terlihat cukup jelas di bawah sinar matahari.

Asus Padfone S menggunakan ZenUI sebagai launcher bawaan. Memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan Android versi vanilla, meskipun ada sedikit sentuhan agar antarmuka terlihat lebih menarik. Dalam pengoperasiannya, launcher ZenUI berjalan mulus tanpa lag sedikitpun. Berpindah-pindah home screen, app drawer, dan membuka control center serta notification bar sangat lancar dan intuitif. Namun penulis masih lebih menyukai tampilan dari launcher MIUI dibandingkan dengan ZenUI bawaan Asus ini.

asus padfone s
Tampilan homescreen ZenUI

asus padfone s
Tampilan app drawer ZenUI

asus padfone s
Control center ZenUI

asus padfone s
Notification bar ZenUI

Penggunaan dapur pacu kelas atas menjadi daya pikat utama Asus Padfone S. Berbekal chipset Qualcomm Snapdragon 801 dengan prosesor empat inti 2.3 GHz, pengolah grafis Adreno 330, serta memory RAM sebesar 2 GB. Aplikasi apapun lancar jaya tanpa hambatan. Perpindahan aplikasi juga cepat hampir tidak ada jeda. Game Football Manager 2015 favorit penulis juga berjalan lancar dengan mode match terbaru yang cukup membebani prosesor. Untuk beberapa judul game populer dengan grafis berat seperti Real Racing 3 dan Modern Combat 5, penulis juga tidak menemukan hambatan sedikitpun.

asus padfone s
Skor Antutu Benchmark Asus Padfone S

asus padfone s
Skor Antutu Benchmark Asus Padfone S

asus padfone s
Skor Quadrant Standard Edition Asus Padfone S

Pada sektor hiburan seperti pemutaran musik dan video, Asus Padfone S juga dapat diandalkan. Penulis mencoba mendengarkan beberapa lagu EDM favorit dari Zedd, Martin Garrix, dan Midnight Quickie, serta beberapa lantunan pop dari Yui dengan menggunakan in-ear microphone Xiaomi Mi-Piston 2. Suara terdengar pas dengan padanan bass dan treble yang seimbang, setidaknya menurut pendengaran "kuping panci" penulis.

Jika diputar dengan menggunakan speaker ponsel, suara yang dihasilkan juga masih terbilang jernih untuk ukuran ponsel. Hal yang sedikit mengecewakan terdapat pada speaker stereo yang terdapat pada tablet Asus Padfone S. Suara terdengar cukup jelas namun volume-nya bisa dibilang agak kecil meskipun pengaturan volume sudah mentok ke kanan.

Untuk pemutaran video, baik layar ponsel maupun tablet Asus Padfone S terlihat nyaman untuk ditonton dalam jangka waktu yang lama. Penulis mencoba memutar beberapa film dengan format .mkv beresolusi 1080p menggunakan aplikasi MX Player. Film berjalan lancar tanpa tersendat, teks subtitle juga muncul sesuai dengan waktunya.

Kamera menjadi daya pikat lainnya Asus Padfone S. Memiliki kamera utama 13 megapiksel dilengkapi single LED-flash dengan teknologi Asus PixelMaster. Aplikasi kamera bawaan Asus juga terbilang kaya dengan fitur. Sebut saja mode Time Rewind, yakni menangkap gambar beberapa detik sebelum dan sesudah gambar yang asli. Ada juga mode selfie yang secara otomatis mengambil gambar dengan timer jika kamera mendeteksi wajah pengguna. Mode lainnya seperti low light, HDR, panorama, serta depth of field juga tersedia. Inilah beberapa sampel kamera utama dari Asus Padfone S.

asus padfone s
Kamera utama 13 MP - outdoor cahaya siang

asus padfone s
Kamera utama 13 MP - outdoor cahaya siang

asus padfone s
Kamera utama 13 MP - outdoor cahaya malam

asus padfone s
Kamera utama 13 MP - outdoor cahaya malam mode HDR
Kamera utama 13 MP - indoor cahaya mall

asus padfone s
Kamera utama 13 MP - indoor cahaya mall

asus padfone s
Kamera utama 13 MP - indoor cahaya ala kadarnya

asus padfone s
Kamera utama 13 MP - indoor cahaya ala kadarnya dengan lampu kilat

Untuk kamera depan, Asus Padfone S menggunakan kamera 2 megapiksel. Sama seperti kamera utama, kamera depan juga dibekali dengan beberapa fitur unggulan yang mirip. Inilah beberapa sampel kamera depan dari Asus Padfone S. Jangan muntah ya.

asus padfone s
Kamera depan 2 MP - outdoor cahaya siang

asus padfone s
Kamera depan 2 MP - indoor cahaya ruangan restoran

Hasil kedua kamera penulis mempersilahkan Anda untuk menyimpulkan sendiri.

Jika ada satu hal yang menjadi kekurangan pada Asus Padfone S, penulis rasa hal itu jatuh kepada baterai ponselnya. Hanya dibekali baterai berdaya 2300 mAh, Asus Padfone S hanya dapat bertahan 7 jam dengan pemakaian kasual (60% jejaring sosial dan chatting, 20% bermain games, 20% mendengarkan musik). Namun untuk baterai tabletnya, Asus Padfone S cukup awet. Dengan pemakaian serupa ponsel, sang tablet dapat bertahan hingga 10 jam.

asus padfone s
Sensor yang ada di Asus Padfone S

asus padfone s
Sisa tempat penyimpanan internal Asus Padfone S ketika kondisi kosong

asus padfone s
Sisa RAM Asus Padfone S ketika kondisi kosong

Asus Padfone S menjadi salah satu gadget rekomendasi di penghujung tahun 2014. Penulis hanya cukup merogoh kocek Rp 3.525.000 saja untuk meminang perangkat Taiwan ini. Dengan uang segitu, penulis mendapatkan ponsel pintar sekaligus tablet dengan layar yang jernih, prosesor yang cepat, antarmuka yang bersih, serta ketahanan baterai yang masih dapat dimaklumi. Oh ya, dari kabar yang beredar Asus Padfone S memiliki harga normal Rp 4.499.000. Harga Rp 3.500.000 menjadi harga promo hingga 31 Desember 2014. Jika Anda berminat, segera kunjungi toko gadget langganan Anda!

Gambar produk diambil dengan Xiaomi Redmi Note.

Gambar kamera diambil dengan Asus Padfone S.

Gambar screenshot diambil dengan Asus Padfone S.

Comments

  1. Pertamax..
    Good Reviewnya om :D
    ntr ikutan ngereview jg ah kalau udah beli ... :) xkomo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks gan :D

      Ayo cepat beli biar bisa review juga hehe

      Delete
    2. Beneran harganya 3,5 jt sampe 31 Desember ??????
      Harga dibandung juga bakal segitu ?????

      Delete
    3. sampai hari ini masih sekitar 3,4-3,6 tergantung penjual :D

      Delete
    4. Dimana om tokonya??
      Saya di jakarta..

      Delete
    5. Sy beli di timika harga Rp 3.395.000 dengan docking

      Delete
  2. Mustinya sih, harga 3,5jt (smartphone + station) berlaku di seluruh Indonesia gan. Kecuali kalau ada kasus demand over supply seperti waktu awal Zenfone masuk. Tapi asal di online store Asus sudah ready stock, mustinya gak ada masalah. Patokannya, lihat di Asus Store aja gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus demand over supply sudah melanda asus beberapa kali namun sayangnya belum ada perbaikan juga dari pihak asusnya.

      Delete
  3. aargh telat tau.... artinya 3/4 januari ini udah balik 4,5 dong?! X-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai hari ini sih harga masih berkutat di sekitaran 3,4-3,6

      Delete
  4. untuk batere smarphone nya daya tahan nya gmna?

    ReplyDelete
  5. Bagus reviewnya om. Lagi iseng iseng mau ganti hp eh nemu review ini. Kayanya padfone S pas banget buat gantiin hp lama.

    ReplyDelete
  6. Mungkin ada sedikit masukan untuk pe-review, jikalau sering kita membaca review dari beberapa pihak yang ada, sering mengeluhkan akan baterai yang kapasitasnya kecil di asus padfone s ini. Tetapi, kita tinjau dulu maksud dari pembuatan padfone yang multifungsi ini apa. Kenapa asus memberikan baterai dengan kapasitas kecil kepada hp-nya. Karena tujuan asus adalah bukan membuat smartphone yang seutuhnya, tetapi asus juga ingin membuat tablet yang dikombinasikan dengan smartphone sebagai otak utamanya. Jelas asus sudah memperhitungkan:
    1. Harga
    2. Asus juga melihat pasar lain yang menjual tablet dengan daya tahan dengan kisaran 10 jam, jika daya tahan baterai padfone s jauh melebihi ini, maka akan ada kecenderungan timbul konflik dalam pasar (bisa diketahui sendiri oleh analis ekonom) dan tidak ingin melanggar etika pasar.
    3. Jangan dianggap bahwa kapasitas baterai di padfone ini sebagai kekurangan, karena asus sudah memperhitungkannya.
    Yang menjadi pertanyaan? Asus kan juga menjual hp padfone-nya aja ya kan, yang seharusnya kapasitas baterainya jgn disamakan dengan paket padfone yang pake station. Secara logika otomatis orang akan lebih memilih yang pake docking. (Cuma nambah 500 rb dan bisa dapet 2-2nya).

    ReplyDelete
  7. Wah mantap gan, susah dicari nih... Dimana2 kosong stok Padfone S nya :(

    ReplyDelete
  8. Btrenya mampu bertahan berapa jam gan dg pemakaian game & browsing dll

    ReplyDelete
  9. mas bro coba pake kartu LTE( indosat/apa aja) support ga, coz banyak yang bisa ga support LTE 900

    ReplyDelete
  10. Mau tanya nih, kenapa ya padfone saya suka mati sendiri ketika gak ada jaringan? Thanks

    ReplyDelete
  11. Mau tanya nih, kenapa ya padfone saya suka mati sendiri ketika gak ada jaringan? Thanks

    ReplyDelete
  12. Mau tanya nih, kenapa ya padfone saya suka mati sendiri ketika gak ada jaringan? Thanks

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. ikut review juga donk gan, saya sih, baru 2 hari beli, udah harus di bawa ke ICU ( Asus Service ), gara-gara sehari bisa 4x autorestard. setelah kesana nunggu 2 minggu ternyata bermasalah di Motherboard nya, dan harus nunggu lagi 1 minggu itupun kalau sudah ada sparepartnya, dikarenakan seri ini baru keluar jadi sparepartnya masih susah, stock nya masih sedikit. harus import dulu dari pabriknya...hadeuh...pe koment ini di tulis. masih blm ada kabar...jadi buat jadi bahan pertimbangan aja kalau mau beli hp keluaran terbaru. pertimbangkan juga kalau misalnya ada kerusakan bakal lama beres nya.

    ReplyDelete
  15. Layarnya di bawah matahari kalah gak ga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. layarnya cukup terlihat jika brightness di set maksimum

      Delete
  16. Mas, kalau misalnya tiba-tiba hp mati sendiri kalau lagi kebanyakan buka apps itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya RAM habis, sehingga sistem memutuskan untuk reboot/restart :D

      Delete
  17. Mas, mau tanya.. Apakah kita tetap bisa bermain-main dengan tablet (docking) nya itu meskipun HP Asus-nya tidak konek melalui dock belakangnya? apa ada tombol power on/off di Dockingnya? Lalu kalo kita install game di HP apa kita juga harus install game tsb di dockingnya supaya bisa main d dockingnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabletnya hanya berfungsi sebagai docking yang isinya hanyalah baterai...jadi hanya berfungsi sebagai talenan untuk memotong sayuran jika tidak dihubungkan ke unit ponsel.

      Delete
  18. mas di stasion bisa di pasang otg apa tidak ya mas

    ReplyDelete
  19. untuk bulan agustus harganya masih 3,5 atau 4jt+ ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya cek di Tokopedia, sudah banyak toko yang jual kisaran 3,1 - 3,2 juta saja kok untuk Ponsel + Docking :D

      Delete
    2. waahh terimakasih infonya gan :D

      Delete
  20. gan mau nanya kalo agan disuru pilih mendingan padfone s+docking atau zenfone 2?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, saya pribadi sih lebih memilih padfone s.

      namun jika boleh memilih yang lain, mungkin saya akan lebih memilih Xiaomi Redmi Note 2 (untuk pilihan lebih murah namun performa mirip) atau OnePlus One (untuk pilihan lebih mahal namun sudah terbukti)

      Delete
    2. wahh mantap gan respondnya cepat.

      Terima kasih gan infonya.

      Delete
  21. Gan kalo umpama docking stationnya dikonek dg hp lain yg bukan bawaannya, misal dikonek dg redmi note pake kabel micro usb bisa gak ya ?

    ReplyDelete
  22. Mantab repiunya gan, kl dockingnya dikonek dg hp lain bisa gak ya gan, semisal dg redmi note pake kabel micro usb gitu ?

    ReplyDelete
  23. Luar biasa gamblang penjelasan nya, lengkap dengan hasil kamera depan.
    terima kasih, mas.
    Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  24. Mas 3 bulan lalu sy beli padfone, tepatnya bulan november. Bru seminggu di pake tiba2 mati total. Sy bawa ke toko untuk dikirim ke service center dan ternyata yg bermasalah itu LCD nya, padahal gak pernah jatuh, ketindis.. tp alhamdulillah udah bgus..itu penyebabnya apa ya? Biar lebih antisipasi lagi

    Soal hasil kamera dan speaker tabletnya keren banget, cuman cepet panas handphonenya
    Makasih

    ReplyDelete
  25. Mau tanya mas , saya habis beli padfone s bekas .. overall kliatan normal sih , tp knapa ketika saya mau instal game dan bbrp alpikasi dikatakan tidak kompatible dengan perangkat ya ? Ada masukan untuk jalan keluarnya ?

    ReplyDelete
  26. Prosesor quadcore kinerja tinggi, layar Full HD dengan kepadatan 441ppi, konektivitas 4G LTE, kemampuan merekam video resolusi 4K Ultra HD

    ReplyDelete
  27. semoga kedepan jadi lebih baek lagi gan :))

    poker online

    ReplyDelete
  28. wah.. komplit banget reviewnya gan... thx info

    ReplyDelete
  29. Saya lebih nyaman pake zenfon go http://kebumenmantap.blogspot.com/2017/09/trik-polosan-kartu-telkomsel-terbaru.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.