Skip to main content

Motorola Razr Terbaru: Ponsel Lipat Mahal dengan Spesifikasi Kelas Menengah?

Setelah hilang dari peredaran lebih dari 10 tahun lamanya, Motorola Razr hadir kembali. Ponsel lipat yang sempat menjadi ikon di tahun 2000an tersebut dihidupkan oleh Motorola dengan mengikuti tren masa kini: menggunakan layar sentuh seluas 6,2 inci yang dapat dilipat. Ketika dilipat, kita juga dapat melihar sebuah layar kecil yang disebut dengan Quick View berukuran 2,7 inci.

Review Asus Fonepad 7 FE375CXG: Tablet Terjangkau Dengan Prosesor 64-bit

Meskipun pasarnya sudah tidak segemilang tahun-tahun sebelumnya, tablet berukuran 7 inchi masih dicari sebagian orang. Semakin tergerus oleh kedatangan phablet 6 inchi dan tablet 8 inchi, tablet 7 inchi masih memiliki pesonanya sendiri. Asus sebagai salah satu produsen gadget ternama melihat peluang tersebut. Baru-baru ini perusahaan asal Taiwan itu meluncurkan 2 produk tablet terbarunya, yakni Asus Fonepad 7 FE375CXG dan Fonepad 8 FE380CG. Keduanya memiliki spesifikasi yang mirip, hanya berbeda di ukuran layar saja. Untuk review kali ini, penulis akan mengulas tablet dengan ukuran 7 inchi, yakni Asus Fonepad 7 FE375CXG.

Asus Fonepad 7 FE375CXG

Asus Fonepad 7 FE375CXG memiliki ukuran yang kompak dengan bezel yang tidak terlalu tebal. Body-nya pun cukup langsing (ketebalan hanya 9.8 mm) dengan bobot yang cukup ringan (299 g). Model tablet 7 inchi ini terbilang stylish. Bagian depannya dibalut dengan bezel berwarna hitam. Logo "ASUS" terlihat cukup mencolok tepat berada di bawah layar. Pada bagian atas depan terdapat sebuah kamera sekunder. Satu hal yang menarik dari Asus Fonepad 7 FE375CXG ini adalah tersedianya sebuah speaker stereo yang terdapat pada bagian atas dan bawah (kiri dan kanan jika landscape) yang jarang ditemukan pada tablet, terutama tablet kelas menengah.

Asus Fonepad 7 FE375CXG

Asus Fonepad 7 FE375CXG

Pada bagian belakang, Asus Fonepad 7 FE375CXG dibalut dengan warna merah metalik yang terlihat seksi. Sekedar info, Asus menyediakan varian warna merah, hitam, putih, dan emas untuk Fonepad 7 FE375CXG. Terdapat sebuah kamera utama yang hadir tanpa lampu kilat. Bagi Anda yang suka mengambil gambar di tempat yang gelap atau kurang cahaya, mungkin harus berpikir kembali untuk meminang tablet kompak ini. Di bawah kamera terdapat logo "ASUS" yang sama mencoloknya dengan yang berada di bagian depan.

Asus Fonepad 7 FE375CXG

Asus Fonepad 7 FE375CXG

Asus Fonepad 7 FE375CXG

Asus Fonepad 7 FE375CXG

Layar tablet Asus Fonepad 7 FE375CXG memiliki resolusi 800 x 1280 piksel dengan kerapatan piksel sebesar 216 ppi. Meskipun kerapatan pikselnya tidak terlalu besar, namun gambar dan tulisan masih terlihat cukup tajam. Walaupun jika dilihat dari jarak yang sangat dekat, tulisan terlihat jaggies. Tapi hal ini tidak mempengaruhi performa maupun kenyamanan dari Asus Fonepad 7 FE375CXG. Tablet ini memiliki karakteristik yang cukup warm namun tetap menampilkan warna yang cemerlang. Pengguna dapat mengutak-ngatik pengaturan layar dengan aplikasi Asus Splendid. Asus juga melapisi layar tablet 7 inchi ini dengan oleophobic coating sehingga tahan terhadap goresanDi bawah teriknya sinar matahari, layar tablet Asus Fonepad 7 FE375CXG masih dapat terlihat cukup jelas asalkan brightness di set pada pengaturan maksimal.


Asus Fonepad 7 FE375CXG
Kiri: Asus Fonepad 7 FE375CXG | Kanan: Tablet Dock Asus Padfone S

Asus Fonepad 7 FE375CXG menggunakan ZenUI sebagai launcher bawaan. Memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan Android versi vanilla, meskipun ada sedikit sentuhan agar antarmuka terlihat lebih menarik. Dalam pengoperasiannya, launcher ZenUI berjalan mulus tanpa lag sedikitpun. Berpindah-pindah home screenapp drawer, dan membuka control center serta notification bar sangat lancar dan intuitif.


Asus Fonepad 7 FE375CXG
Tampilan homescreen ZenUI

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Tampilan app drawer ZenUI

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Control center ZenUI

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Notification bar ZenUI

Penggunaan dapur pacu generasi terbaru dari Intel menjadi daya pikat utama Asus Fonepad 7 FE375CXG. Berbekal chipset Intel Z3530 Moorfield dengan prosesor 64-bit empat inti 1.33 GHz, pengolah grafis PowerVR Rogue Hood, serta memory RAM sebesar 1 GB. Semua aplikasi yang penulis gunakan tidak mengalami lag. Perpindahan aplikasi juga cepat hampir tidak ada jeda. Untuk beberapa judul game populer dengan grafis berat seperti Real Racing 3 dan Modern Combat 5, penulis tidak menemukan hambatan sedikitpun. Namun terdapat keanehan pada game SimCity BuildIt. Pada game besutan EA tersebut seringkali penulis mengalami patah-patah yang cukup mengganggu. Selain itu, ketika penulis memainkan game Airplane! dari Quantum Design Group, gambar langit menjadi aneh seperti berantakan. Hal ini kemungkinan kedua game tersebut belum sepenuhnya compatible dengan chipset x86 dari Intel.

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Skor Antutu Benchmark Asus Fonepad 7 FE375CXG

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Skor Quadrant Standard Edition Asus Fonepad 7 FE375CXG
Pada sektor hiburan seperti pemutaran musik dan video, Asus Fonepad 7 FE375CXG cukup memuaskan. Penulis mencoba mendengarkan beberapa lagu EDM favorit dari Alesso, Avicii, dan Afrojack, serta beberapa lantunan akustik dari Depapepe dengan menggunakan in-ear microphone Xiaomi Mi-Piston 2. Suara terdengar pas dengan padanan bass dan treble yang seimbang, setidaknya menurut pendengaran "kuping panci" penulis.

Jika diputar dengan menggunakan speaker stereo yang terdapat pada Asus Fonepad 7 FE375CXG, suara yang dihasilkan termasuk kencang dan jernih. Bahkan volumenya melebihi dari volume tablet dock Asus Padfone S milik penulis yang sudah di ulas sebelumnya. Di sektor audio ini, Asus layak diacungi jempol.

Untuk pemutaran video, Asus Fonepad 7 FE375CXG terlihat nyaman untuk ditonton dalam jangka waktu yang lama. Penulis mencoba memutar beberapa film dengan format .mkv beresolusi 1080p menggunakan aplikasi MX Player. Film berjalan lancar tanpa tersendat, teks subtitle juga muncul sesuai dengan waktunya.

Kamera utama 5 megapiksel sepertinya hanya menjadi pelengkap pada Asus Fonepad 7 FE375CXG. Tidak dilengkapi dengan lampu kilat, tablet ini tidak dapat berbicara banyak jika Anda ingin mengambil gambar di tempat yang kurang cahaya, meskipun Asus sudah menanamkan teknologi Asus PixelMaster. Namun aplikasi kamera bawaan Asus memiliki fitur yang sama lengkap seperti dengan Asus Padfone S. Tersedia mode Time Rewind, yakni menangkap gambar beberapa detik sebelum dan sesudah gambar yang asli. Ada juga mode selfie yang secara otomatis mengambil gambar dengan timer jika kamera mendeteksi wajah pengguna. Mode lainnya seperti low light, HDR, panorama, serta depth of field juga tersedia. Inilah beberapa sampel kamera utama dari Asus Fonepad 7 FE375CXG.


Asus Fonepad 7 FE375CXG
Kamera utama 5 MP - outdoor cahaya siang

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Kamera utama 5 MP - outdoor cahaya siang

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Kamera utama 5 MP - outdoor cahaya malam

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Kamera utama 5 MP - outdoor cahaya malam

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Kamera utama 5 MP - indoor cahaya ruangan

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Kamera utama 5 MP - indoor cahaya ruangan

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Kamera utama 5 MP - indoor cahaya ala kadarnya

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Kamera utama 5 MP - indoor cahaya ala kadarnya

Untuk kamera depan, Asus Fonepad 7 FE375CXG menggunakan kamera 2 megapiksel. Sama seperti kamera utama, kamera depan juga dibekali dengan beberapa fitur unggulan yang mirip. Inilah beberapa sampel kamera depan dari Asus Fonepad 7 FE375CXG


Asus Fonepad 7 FE375CXG
Kamera depan 2 MP - outdoor cahaya siang

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Kamera depan 2 MP - indoor cahaya ruangan

Peringatan: melihat hasil foto kamera depan dapat membuat Anda sakit mata, mual-mual, dan mungkin sedikit pusing. Efek samping lainnya bisa membuat Anda naksir penulis.

Hasil kedua kamera penulis mempersilahkan Anda untuk menyimpulkan sendiri. Sejujurnya, penulis berharap kamera pada Asus Fonepad 7 FE375CXG memiliki performa lebih baik lagi (dan dilengkapi dengan lampu kilat tentunya).

Sama seperti Asus Padfone S, baterai menjadi momok yang mengganjal performa tinggi dari Asus Fonepad 7 FE375CXG. Penulis tidak menemukan informasi yang tepat untuk daya baterai tablet ini. Namun menurut keterangan di aplikasi CPU-Z, Asus Fonepad 7 FE375CXG hanya dibekali baterai sebesar 1750 mAh. Semoga saja ini hanya kesalahan deteksi dari CPU-Z ya. Namun memang penulis merasakan performa baterai dari tablet keren ini masih jauh dari mumpuni. Dengan pemakaian kasual (40% jejaring sosial dan chatting, 20% membaca manga, 30% bermain games, dan 10% mendengarkan musik, Asus Fonepad 7 FE375CXG hanya bertahan selama 6 jam.

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Sensor yang ada di Asus Fonepad 7 FE375CXG

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Sisa tempat penyimpanan internal Asus Fonepad 7 FE375CXG ketika kondisi kosong

Asus Fonepad 7 FE375CXG
Sisa RAM Asus Fonepad 7 FE375CXG ketika kondisi kosong

Asus Fonepad 7 FE375CXG menjadi salah satu gadget rekomendasi di awal tahun 2015. Hanya cukup merogoh kocek Rp 2.099.000 saja untuk meminang perangkat Taiwan ini. Dengan uang segitu, Anda mendapatkan tablet 7 inchi dengan layar yang nyaman dipandang, prosesor generasi terbaru yang cepat, serta antarmuka yang bersih. Jika Anda berminat, segera kunjungi toko gadget langganan Anda!

Gambar produk diambil dengan Asus Padfone S.

Gambar kamera diambil dengan Asus Fonepad 7 FE375CXG.

Gambar screenshot diambil dengan Asus Fonepad 7 FE375CXG.

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.