Langsung ke konten utama

Teknisi Sony Mengungkapkan Rahasia Baterai Xperia Z3

Meskipun Sony mungkin bukanlah salah satu produsen smartphone tersukses, teknisi Jepang dikenal memegang prinsip yang kuat. Baru-baru ini, beberapa orang teknisi yang membantu kelahiran Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact berkunjung ke Delhi. Adapun teknisi Sony yang mengunjungi Delhi antara lain adalah Yoshikazu Sakamoto yang merupakan Senior Project Manager dan Product Program Office, Hiroshi Takano yang merupakan Deputy Head of Research Tokyo, Shimpei Yamaguchi yang merupakan Mechanical Engineer dan Concept and Technology Advanced Design Departement, dan Yasutaka Kashiwagi yang merupakan Base Band Engineer dan menangani hardware serta PD5 Product Design. Para teknisi Sony ini membeberkan sedikit rahasia mengenai baterai yang digunakan pada produk smartphone keluaran produsen ini.

sony xperia z3

Baterai yang digunakan pada smartphone seri Z yang diproduksi oleh Sony dianggap sebagai salah satu kekuatan dari produk smartphone tersebut. Hal ini merupakan salah satu hal yang menjadi kebanggaan bagi Kashiwagi. Kashiwagi memberikan penjelasan singkat mengenai manajemen tenaga yang digunakan pada produk smartphone yang diproduksi oleh Sony. Secara umum, Kashiwagi memberikan penjelasan mengenai peningkatan yang berkala pada daya baterai produk smartphone yang diproduksi oleh Sony, termasuk Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact. Meski demikian, ada beberapa detail yang tidak dijelaskan oleh Kashiwagi. Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh Kashiwagi, salah satu cara yang dilakukan teknisi Sony untuk meningkatkan daya tahan baterai adalah dengan cara mengatur penggunaan memori pada tampilan layar untuk menurunkan penggunaan CPU.
Menurut Kashiwagi, ada modul memori yang dipasangkan pada unit tampilan layar. Ditambahkannya, bila unit tersebut mendeteksi gambar statis, unit tersebut akan membuat cache dan menampilkan gambar tersebut. CPU tidak akan digunakan hingga gambar tersebut diganti. Dalam beberapa kasus, prinsip kerja seperti ini sangat berguna. Ketika pengguna Sony Xperia Z3 dan Sony Xperia Z3 Compact membaca artikel di suatu situs dan berhenti menggerakkan halaman situs, layar smartphone tidak perlu mengubah tampilan gambar yang muncul di layar. Karena CPU berada dalam kondisi idle, maka otomatis penggunaan daya baterai juga akan berkurang. Mekanisme ini memungkinkan penggunaan baterai turun menjadi 40% sehingga smartphone dapat digunakan lebih lama.

Gambar diambil dari sonymobile.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.