Galaxy S6 Edge Menjadi Ponsel Termahal Yang Pernah Dibuat Samsung

Sebuah laporan baru saja keluar belum lama ini. Laporan tersebut menganalisa berapa biaya yang dikeluarkan oleh Samsung untuk memproduksi satu unit Galaxy S6 Edge. Secara mengejutkan, ponsel pintar yang mengusung layar melekuk pada dua sisinya itu ternyata memiliki biaya produksi yang paling mahal diantara produk Samsung lainnya.

samsung galaxy s6 edge

Galaxy S6 Edge juga memiliki banderol harga yang cukup tinggi, namun kini ada alasan mengapa Samsung memberikan harga yang tinggi tersebut. Dilansir oleh GSMArena, bill of materials (BOM) atau jumlah daftar komponen dan biaya manufaktur yang dibutuhkan untuk memproduksi ponsel tersebut mencapai USD 290 untuk tipe 64 GB yang dibuat untuk Verizon. Biaya tersebut sudah termasuk suku cadang dan perakitan, namun tidak termasuk pengeluaran riset, pembuatan perangkat lunak, biaya distribusi, dan juga biaya marketing.

Jika dibandingkan dengan perangkat lain, biaya produksi ponsel layar lekuk tersebut juga lebih mahal. Dua buah jagoan Apple, yakni iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, memiliki biaya produksi sebesar USD 247 dan USD 263. Flagship Samsung sebelumnya, Galaxy S5, memiliki biaya produksi sebesar USD 256 sedangkan Galaxy S4 sebesar USD 244.

Komponen paling mahal yang terdapat pada Galaxy S6 Edge adalah layar lekuk. Jika digabungkan bersama komponen touchscreen, layar lekuk tersebut memiliki harga USD 85. Chipset Exynos 7420 yang digunakan memiliki ongkos produksi USD 29.50, sedangkan memory RAM 3 GB DDR4 memiliki ongkos produksi USD 27. Tempat penyimpanan internal sebesar 64 GB memiliki ongkos USD 25. Sedangkan baseband chip dari Qualcomm yang digunakan memiliki ongkos produksi USD 15.


via gsmarena.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?