Inilah Tips Ampuh Memperluas Jangkauan Wi-Fi Di Rumah

Koneksi internet menjadi salah satu kebutuhan primer seseorang saat ini. Para netizen (panggilan untuk masyarakat yang melek internet) tidak dapat hidup dengan tenang jika tikda ada koneksi internet. Jika dahulu koneksi internet didapatkan dengan mencolok kabel LAN ke komputer atau notebook, kini trennya telah bergeser ke koneksi nirkabel atau biasa yang disebut dengan Wi-Fi. Tidak hanya di tempat umum, koneksi Wi-Fi juga dibutuhkan di rumah. Sebab, saat ini seseorang biasanya mengakses internet tidak hanya satu, tapi melalui beberapa perangkat yang mereka miliki.

tips memperluas jangkauan wifi

Sudah bergantung pada intenet, para netizen pasti kesal jika koneksi Wi-Fi di rumah kurang baik. Apalagi jika koneksi sering putus yang disebabkan oleh sinyal Wi-Fi yang lemah. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis memiliki beberapa tips ampuh untuk Anda agar jangkauan Wi-Fi Anda lebih baik.


  • Perhatikan posisi perangkat wireless router


Perangkat wireless router yang Anda miliki sebaiknya diletakkan di ruangan yang cukup terbuka dan jauh dari perangkat elektronik lainnya. Hal ini karena sinyal dari perangkat elektronik lain dapat mengganggu sinyal Wi-Fi sehingga mengurangi jangkauan Wi-Fi nya. Tembok yang tebal ataupun pondasi yang terbuat dari beton juga dapat melemahkan jangkauan Wi-Fi yang Anda miliki.


  • Upgrade perangkat wireless router


Jika jangkauan Wi-Fi di rumah Anda lemah dan tidak dapt mencakup seluruh ruangan, mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk mengganti perangkat wireless router yang Anda miliki dengan yang baru. Teknologi wireless router saat ini sudah masuk ke era AC, dimana telah menggunakan frekuensi 5 GHz dengan antena yang lebih kuat. Salah satu produsen wireless router terkemuka, TP-Link, memiliki lini produk yang telah memiliki teknologi beamforming yang memiliki jangkauan yang lebih luas dan cepat.

tips memperluas jangkauan wifi


  • Gunakanlah frekuensi dual band



Bila Anda memiliki wireless router yang telah mendukung teknologi AC, maka aktifkanlah kedua frekuensinya untuk performa perangkat yang lebih baik. Menjamurnya perangkat yang menggunakan frekuensi 2.4 GHz mengakibatkan jangkauan Wi-Fi yang pendek yang padat. Untuk itu, frekuensi 5 GHz dapat memberikan Anda koneksi Wi-Fi yang lebih cepat dan stabil.


  • Masih kurang kuat? Range extender solusinya!


Terkadang di rumah yang terlalu luas memiliki banyak sekat seperti tembok ataupun furniture lainnya. Jika situasi sudah seperti itu, maka perangkat wireless router terbaik sekalipun akan sulit untuk menembus sekat-sekat yang mengakibatkan melemahnya jangkauan Wi-Fi. Maka dari itu, Anda memerlukan perangkat tambahan yang dinamakan range extender. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk memperluas jangkauan Wi-Fi dengan pemasangan yang sangat mudah. Cukup mencoloknya di stop kontak terdekat. Salah satu produk range extender yang populer adalah TP-Link RE200. Memiliki kemampuan AC 5 GHz, perangkat ini dapat memperjauh sinyal Wi-Fi di rumah Anda dengan pemasangan yang tidak sulit.

tips memperluas jangkauan wifi


Gambar diambil dari photopin.com, tp-link.us, dan tp-link.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?