Skip to main content

5 Nilai Jual Utama Redmi Note 8 Pro yang Membuatmu Ingin Memilikinya

Setelah penantian yang cukup lama dari para Mi Fans di Indonesia, akhirnya Xiaomi secara resmi meluncurkan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro ke tanah air. Keduanya diperkenalkan melalui sebuah acara yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (17/10) kemarin. Tidak hanya kedua ponsel pintar tersebut, Xiaomi juga meluncurkan sebuah perangkat wearables, yakni Mi Band 4. Peluncuran ini menjadi salah satu pembuktian bahwa perusahaan asal Tiongkok tersebut tidak melupakan para Mi Fans Indonesia, apalagi mereka juga membawa varian Redmi Note 8 Pro yang menjadi varian Pro pertama secara yang diedarkan resmi di Indonesia.

Review Meizu M1 Note: Phablet Tiongkok Dengan Prosesor 64-bit

Akhir-akhir ini, Indonesia mendapatkan serangan dari luar. Serangan tersebut bukan berupa kumpulan misil nuklir ataupun agresi militer, melainkan serbuan produk-produk ponsel luar. Salah satu negara yang giat "menyerang" Indonesia dengan produk ponselnya adalah Tiongkok. Jika diperhatikan, banyak sekali ponsel-ponsel Tiongkok yang masuk ke Indonesia. Mulai dari Lenovo, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan Meizu. Meskipun pada 2 merk terakhir masih banyak yang beredar barang black market ataupun garansi distributor, bukan berarti keduanya kalah populer dibandingkan merek besar lainnya.


Meizu dan Xiaomi menjadi 2 merek Tiongkok yang sedang menjadi sorotan dunia. Keduanya seringkali meluncurkan sebuah produk yang sangat bagus namun dengan banderol harga yang cukup terjangkau. Walaupun saat ini Xiaomi sedikit lebih tenar karena sudah beredar di beberapa negara, tetapi pesona Meizu juga tidak kalah menggoda di kalangan pecinta gadget. Kali ini, penulis kedatangan salah satu produk Meizu yang kabarnya sedang menjadi hype di dataran Tiongkok, yaitu Meizu M1 Note.

Meizu M1 Note merupakan sebuah phablet "murah" terbaru yang diluncurkan oleh Meizu. Phablet ini diposisikan untuk melawan Xiaomi Redmi Note series yang sebelumnya cukup sukses di pasaran. Memiliki ukuran layar 5,5", ponsel ini penulis tebak memiliki ukuran yang sama dengan Redmi Note. Ternyata, M1 Note memiliki ukuran yang lebih ramping dan lebih tipis dengan bobot yang lebih ringan (tebal 8.9 mm dan berat 145 g). Hal ini membuatnya lebih nyaman ketika dipegang dan dikantongi.


Jika dilihat sekilas, model M1 Note sangat mirip dengan salah satu produk Apple, yakni iPhone 5C. Penulis mengamini hal tersebut. Dilihat dari segala sudut, M1 Note memiliki bentuk fisik yang sama persis dengan iPhone 5C. Bahkan material bodi dan penempatan beberapa tombol dan port pun juga disamakan. Sepertinya Meizu tidak mau repot untuk urusan desain. Cukup mengambil desain dari produk yang cukup populer dan cocok untuk target pasar mereka untuk M1 Note, yakni anak muda.



Pada bagian depan, M1 Note terlihat sangat minimalis. Hanya ada sebuah speaker untuk panggilan suara dan kamera sekunder 5 megapiksel di bagian atas layar. Pada bagian bawah layar, terdapat sebuah home button. Salah satu hal yang membuat phablet ini menarik adalah screen-to-body ratio yang cukup tinggi, sekitar 72,9% (Samsung Galaxy S6 70,7%), sehingga bezelnya sangat tipis.

Bagian belakang M1 Note memiliki desain unibody, sehingga tidak dapat dibuka. Pada bagian atas, terdapat sebuah kamera utama 13 megapiksel yang dilengkapi dengan dual-tone LED-flash. Di bagian bawahnya tertulis sebuah logo Meizu dengan tulisan "Designed by Meizu Made in China" ala Apple.  Dibalut dengan bahan plastik glossy, bagian belakang phablet ini terasa licin dan sangat mengundang bekas sidik jari. Namun hal ini tidak mengurangi kekokohan M1 Note. Meskipun plastik, secara keseluruhan build quality dari ponsel ini sangat baik.





Layar M1 Note memiliki resolusi 1080 x 1920 FULL HD. Menggunakan panel IGZO dari Sharp, phablet ini memiliki warna layar yang cukup eye catching, walaupun tidak terlalu "ngejreng" layaknya Super AMOLED yang dimiliki oleh Samsung. Meizu juga melapisi layar ponsel ini dengan pelindung Gorila Glass 3, sehingga layar ponsel lebih tahan terhadap goresan. Di bawah teriknya sinar matahari, layar M1 Note masih dapat terlihat cukup jelas asalkan brightness di set pada pengaturan maksimal.

Tampilan homescreen FlymeOS (widget menggunakan Zooper Widget).



Control panel dan notification bar FlymeOS.

Meizu M1 Note menggunakan launcher FlymeOS yang memiliki antarmuka yang mirip dengan MIUI dari Xiaomi. Antarmuka ini tidak memiliki app drawer, sehingga segala aplikasi yang terpasang akan muncul di halaman depan. Sama seperti MIUI, pada antarmuka ini Anda juga dapat menambahkan homescreen sebanyak yang dikehendaki. Dalam pengoperasiannya, launcher FlymeOS berjalan mulus tanpa lag sedikitpun. Berpindah-pindah home screenapp drawer, dan membuka control center serta notification bar sangat lancar dan intuitif.

Penggunaan dapur pacu generasi terbaru menjadi daya pikat utama M1 Note. Berbekal chipset Mediatek MT6752 dengan prosesor 64-bit delapan inti 1,7 GHz Cortex-A53, pengolah grafis Mali T-760, serta memory RAM sebesar 2 GB. Menjalankan aplikasi apapun lancar jaya tanpa hambatan. Perpindahan aplikasi juga cepat hampir tidak ada jeda. Beberapa judul games favorit penulis seperti Clash of Clans, Real Racing 3, CSR Racing, Dungeon Quest, hingga game online World of Tanks berjalan dengan mulus.



Pada sektor hiburan seperti pemutaran musik dan video, M1 Note juga dapat diandalkan. Penulis mencoba mendengarkan beberapa lagu EDM favorit dari Zedd, Alesso, dan Afrojack, serta beberapa lantunan rock dari Queen dan pop dari Ed Sheeran dengan menggunakan in-ear microphone Xiaomi Mi-Piston 2. Suara terdengar pas dengan padanan bass dan treble yang seimbang, setidaknya menurut pendengaran "kuping panci" penulis.

Jika diputar dengan menggunakan speaker ponsel, suara yang dihasilkan juga masih terbilang jernih untuk ukuran ponsel. Suara juga terdengar cukup nyaring dan kencang. Dengan speaker ini Anda tidak akan melewatkan deringan ringtone panggilan telepon ataupun notifikasi pesan. Sayang sekali Meizu hanya membekali M1 Note dengan satu speaker.

Menonton video menggunakan M1 Note terbilang enak dan nyaman untuk dinikmati dalam jangka waktu yang lama. Penulis mencoba memutar beberapa film dengan format .mkv beresolusi 1080p menggunakan aplikasi MX Player. Film berjalan lancar tanpa tersendat, teks subtitle juga muncul sesuai dengan waktunya.

Meizu M1 Note memiliki kamera utama 13 megapiksel dilengkapi dual-tone LED-flash. Aplikasi kamera bawaan Meizu memiliki antarmuka yang cukup sederhana. Ada beberapa mode yang bisa dipilih, seperti auto, manual, beauty, panorama, dan light field. Untuk perekaman video, M1 Note sudah mendukung perekaman video hingga 1080p dengan satu fitur unik, yakni perekaman slow motion Inilah beberapa sampel kamera utama dari M1 Note.

Kamera utama 13 MP - outdoor cahaya siang.

Kamera utama 13 MP - outdoor cahaya siang.

Kamera utama 13 MP - indoor cahaya mall.
Kamera utama 13 MP - indoor cahaya lampu kamar.

Kamera utama 13 MP - indoor cahaya lampu kamar.

Kamera utama 13 MP - indoor cahaya ala kadarnya.

Kamera utama 13 MP - indoor cahaya ala kadarnya dengan lampu kilat.

Untuk kamera depan, M1 Note menggunakan kamera 5 megapiksel. Sama seperti kamera utama, kamera depan juga dibekali dengan beberapa fitur unggulan yang mirip. Inilah beberapa sampel kamera depan dari M1 Note

Kamera depan 5 MP - cahaya outdoor.

Kamera depan 5 MP - cahaya lampu kafe.

Peringatan: melihat hasil foto kamera depan dapat membuat Anda sakit mata, mual-mual, dan mungkin sedikit pusing. Efek samping lainnya bisa membuat Anda naksir penulis.

Hasil kedua kamera penulis mempersilahkan Anda untuk menyimpulkan sendiri. Pendapat penulis, kedua kamera M1 Note memiliki kinerja yang terbilang baik dan lebih dari cukup untuk jepretan kasual. Terutama untuk kamera depan, di mana hasilnya sangat baik. Cocok untuk Anda yang senang selfie.

Pada sektor baterai, Meizu menyematkan baterai sebesar 3140 mAh pada M1 Note. Setelah menggunakan M1 Note selama 2 minggu, penulis berpendapat bahwa baterai phablet ini cukup awet. Dengan pemakaian kasual ala penulis (60% jejaring sosial dan chatting, 20% bermain games, 20% mendengarkan musik) ponsel ini dapat bertahan hingga 12 jam. Itupun baterai masih bersisa sektiar 15%. Bagaimana, cukup awet bukan?

Sensor yang ada di Meizu M1 Note.

Meizu M1 Note menjadi salah satu gadget rekomendasi di awal tahun 2015. Meskipun belum beredar secara resmi di Indonesia, Anda dapat membeli produk ini dengan garansi distributor di beberapa toko online lokal. Penulis sendiri mendapatkan harga sekitar Rp 3.500.000 untuk M1 Note versi 32 GB. Harga tersebut masih masuk akal mengingat jika impor langsung dari toko online Tiongkok, Anda akan terkena biaya yang tidak jauh berbeda (sekitar Rp 3.200.000 termasuk ongkos kirim dan belum termasuk pajak cukai jika sedang apes).

Terima kasih kepada KEDAI HP dari Tokopedia yang sudah menyediakan unit untuk saya beli.

Gambar produk diambil dengan Asus Padfone S.

Gambar kamera diambil dengan Meizu M1 Note.

Gambar screenshot diambil dengan Meizu M1 Note.

Comments

  1. Apakah slot SIM 2 bisa dipakai untuk microSD?
    Saya baca di GSMArena Slot sim 2 bisa dijadikan Slot Micro SD
    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Salam kenal agan, semoga sehat selalu.
    mau nanya gan, bisa ksi perbandingan antara kelebihan dan kekurangan dari m1 note sama zenpong 2 gag?
    kan agan pernah pakai tuh hp.
    oiya untuk lampu notif dari m1 note nyala gag kalau misalkan ada bbm msuk atau pesan dari aplikasi socmed lainnya?
    terima kasih atas sharing infonya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.