Review TP-Link AC 750 Archer C2: Wireless Router Dengan Fitur Dual Band

Evolusi manusia memang selalu berkembang. Jika dahulu beredar istilah sandang, pangan, dan papan, kini istilah tersebut bergeser menjadi sandang, pangan, dan "casan". Saat ini banyak orang melihat colokan listrik seperti melihat oasis di tengah padang pasir. Bahkan, ketersediaan colokan listrik dan koneksi internet wifi yang kencang menjadi pertimbangan ketika seseorang ingin nongkrong di kafe ataupun makan di sebuah restoran.

TP-Link AC 750 Archer C2

Tidak hanya di tempat umum seperti mall, kafe, ataupun restoran, koneksi internet melalui jaringan wifi mulai dibutuhkan di rumah. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan yang terus berkembang. Jika dahulu internet hanya bisa diakses melalui komputer yang terhubung dengan modem, kini seluruh perangkat mobile gadget seperti laptop, smartphone, ataupun tablet digunakan untuk mengakses internet. Aktivitasnya pun bermacam-macam, ada yang senang chatting dengan instant messenger, membuka linimasa social media, ataupun bermain game online seperti Clash of Clans. Dari hanya satu perangkat yang mengakses internet, kini berubah menjadi 2 hingga 5 perangkat, tergantung banyaknya orang yang ada di rumah Anda.

Untuk menggunakan koneksi wifi yang stabil dan lancar, dibutuhkan sebuah perangkat wireless router yang bagus pula. Untuk itu, TP-Link menghadirkan solusi dengan meluncurkan TP-Link AC750 Archer C2. Dengan perangkat ini, Anda dapat membagikan koneksi internet dari ADSL, kabel, ataupun fiber optic ke berbagai perangkat di rumah Anda melalui jaringan wifi. Tanpa perlu pengaturan khusus, Anda cukup menyambungkan modem utama dengan Archer C2 menggunakan kabel LAN. Koneksi internet melalui wifi pun langsung dapat Anda nikmati.

TP-Link AC750 Archer C2
Fitur yang dimiliki oleh TP-Link AC750 Archer C2.

TP-Link AC750 Archer C2
Ilustrasi penggunaan TP-Link AC750 Archer C2.

TP-Link AC750 Archer C2
Port yang tersedia di TP-Link AC750 Archer C2.

TP-Link AC750 Archer C2 memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah dukungan wireless dual band. Di mana perangkat ini sudah mendukung jaringan 2.4 GHz dan 5.0 GHz. Anda bisa menyambungkan perangkat ke salah satu dari jaringan tersebut, Dalam teorinya, jaringan wifi 5.0 GHz memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan 2.4 GHz. Keunggulan lainnya dari Archer C2 adalah pengguaan dua buah antena. Dengan adanya kedua antena tersebut, sinyal yang dipancarkan dari perangkat ini memiliki jangkauan yang lebih luas dan koneksi juga akan menjadi lebih stabil.

TP-Link AC750 Archer C2
Perangkat TP-Link AC750 Archer C2.

TP-Link AC750 Archer C2
Kelengkapan TP-Link AC750 Archer C2.

Selain dua keunggulan di atas, TP-Link AC750 Archer C2 juga memiliki sebuah fitur unik yang jarang dimiliki oleh perangkat lain. Fitur tersebut adalah sebuah port USB yang dapat dicolokkan dengan perangkat flashdisk ataupun harddisk eksternal. Ya, wireless router ini bisa Anda konfigurasikan untuk menjadi sebuah media server yang dapat diakses oleh beberapa perangkat sekaligus. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menghubungkan printer melalui kabel USB agar printer Anda dapat terhubung secara nirkabel dengan perangkat lainnya.

TP-Link AC750 Archer C2
Pemasangan TP-Link AC750 Archer C2 dengan modem utama.

Berikut beberapa pengalaman penulis selama menggunakan Archer C2 selama beberapa hari:
  • Jangkauan sinyal wifi sangat luas. Jauh lebih baik dibandingkan dengan modem wireless bawaan Speedy. Biasanya penulis hanya mendapatkan 1-2 bar sinyal di kamar, menggunakan Archer C2 bisa mendapatkan hingga 4-5 bar.
  • Koneksi internet yang lebih lancar dan stabil berkat dukungan jaringan 5.0 GHz. 
  • Tersedianya slot USB sangat membantu penulis untuk membuat sebuah media server atau file sharing dengan hanya bermodalkan flashdisk ataupun harddisk eksternal.
  • Slot USB yang dapat dihubungkan dengan printer tersebut juga sangat membantu jika penulis ingin langsung mencetak foto ataupun dokumen lainnya langsung dari smartphone/tablet melalui jaringan nirkabel.
  • Pemasangan mudah tanpa pengaturan yang ribet. Penulis hanya butuh waktu kurang dari 5 menit untuk memasang dan bisa menggunakan perangkat ini.
Perangkat TP-Link AC750 Archer C2 merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki koneksi wifi yang stabil dan kencang di rumah. Tidak hanya itu, Anda juga dapat dengan mudah melakukan file sharing ataupun mengoperasikan printer dari berbagai perangkat secara nirkabel. Dengan segala kelebihannya, Archer C2 sangat layak untuk Anda miliki. Sayangnya hingga artikel ini diterbitkan, penulis belum mengetahui harga serta ketersediaan perangkat ini di pasaran. Semoga saja TP-Link segera mendistribusikan Archer C2 dengan banderol harga yang ramah di kantong.



Gambar produk diambil dengan menggunakan Meizu M1 Note.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?