Google Tambahkan Fitur OCR Di Google Drive, Permudah Konversi Tulisan pada Gambar

Dari banyak sumber informasi yang ada, belum semuanya berbentuk digital. Buku, koran, majalah, pamflet, serta dokumen bersejarah masih dalam bentuk fisik. Tidak seperti dokumen digital, dokumen fisik yang masih menggunakan media kertas memiliki banyak kendala. Contohnya, untuk mencari sebuah kata, kita tidak bisa menggunakan fitur search yang biasanya ada di Microsoft Word ataupun PDF reader. Kita juga tidak bisa melakukan edit pada dokumen fisik layaknya dokumen digital.

google drive

Untuk mengatasi hal tersebut, Google meluncurkan sebuah fitur baru yang disebut Optical Character Recognition (OCR). Fitur ini memungkinkan kita untuk mengubah teks yang ada di dalam file gambar ataupun PDF menjadi teks di dalam sebuah file dokumen. Dengan fitur ini, Anda dapat menyimpan berbagai koleksi buku fisik yang Anda miliki menjadi sebuah file digital. Tidak hanya itu, fitur OCR yang canggih ini juga dapat mengenali lebih dari 200 bahasa dan 25 sistem tulisan yang berbeda.

Untuk menggunakan fitur OCR, Anda hanya perlu mengunggah file gambar (hasil scan atau foto) atau PDF yang ingin dirubah ke dalam Google Drive. Setelah itu, buka file tersebut dengan Google Docs (klik kanan - open with Google Docs). Secara otomatis, laman Google Docs yang Anda buka akan menampilkan lampiran file original di halaman depan dan hasil ubahan ke dalam bentuk teks di bawahnya. Cukup mudah bukan?

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan file gambar atau PDF yang Anda miliki terlihat jelas dan rendah akan noise. Jika file yang Anda ingin rubah terlihat tidak jelas ataupun memiliki banyak noise, ada kemungkinan file tersebut tidak akan bisa dirubah menggunakan fitur OCR ini.


Gambar diambil dari v3.co.uk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?