Teknologi Browsing Lebih Cepat Dari Google Untuk Indonesia

Pengguna perangkat Android di Indonesia saat ini memiliki satu masalah, yakni koneksi internet yang cepat dan dapat diandalkan. Dibandingkan dengan negara tetangga, Indonesia memiliki kecepatan rata-rata yang lebih rendah dan penyebaran koneksi internet yang tidak merata. Google sebagai salah satu perusahaan internet terbesar di dunia ingin memberikan solusi internet lambat bagi para netizen di Indonesia.

solusi internet lambat

Dilansir oleh Android Authority, solusi tersebut dijalankan dengan memberikan laman situs versi lebih ringan untuk diakses oleh pengguna. Ketika pengguna menggunakan perangkat dengan koneksi setara 2G, secara otomatis Google akan melakukan "transcoding" sehingga pengguna akan disuguhkan dengan laman situs yang lebih ringan untuk diakses. Proses transcoding tersebut terjadi secara on the fly tanpa harus ada modifikasi dari situs yang dituju.

Namun ternyata tidak semua situs dapat di transcode. Situs-situs besar seperti situs video streaming, situs yang membutuhkan cookies, dan situs yang termasuk ke dalam technically challenging tidak akan melalui proses transcode. Pemilik situs dapat memilih untuk tidak mengikuti program ini, dan pengguna yang ingin mengunjungi situs favoritnya secara penuh dapat mengakses via tautan yang disediakan pada laman paling atas.

Google mengklaim bahwa solusi internet lambat ini dapat membuat pengguna mengakses laman 4x lebih cepat dengan menggunakan 80% data lebih hemat. Page views pengguna pun dapat meningkat hingga 50%, sebab semakin cepat dan nyaman netizen dapat mengakses sebuah laman, maka akan semakin banyak pula laman situs yang akan dibuka. Apalagi, netizen Indonesia gemar berselancar di situs-situs internet seperti situs belanja online, situs referensi info gadget, ataupun situs berita.

Program transcoding ini akan dimulai oleh Google dalam waktu dekat pada bulan ini di Indonesia. Hanya pengguna yang menggunakan browser Chrome dengan perangkat Android minimal 2.3 dan koneksi setara 2G yang akan menikmati solusi internet lambat ini. Belum diketahui apakah program ini akan dijalankan di negara lain atau tidak.


via androidauthority.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?