Amankan Jaringan Wireless Anda Dengan Langkah Mudah Ini!

Jaringan wireless atau yang lebih populer dengan sebutan Wi-Fi telah membuat kehidupan masyarakan menjadi lebih mudah untuk mengakses internet. Tanpa harus memasang kabel yang panjang dan tidak rapi, Anda sudah bisa terhubung ke internet di mana saja dengan berbagai perangkat yang Anda miliki. Kemudahan tersebut tentunya menjadikan jaringan Wi-Fi sebagai konfigurasi utama yang digunakan pada perumahan ataupun perkantoran.

tips mengamankan jaringan wireless

Namun, jaringan wireless memiliki sebuah kelemahan yang tidak dapat ditemukan pada jaringan kabel. Dengan beberapa trik mudah, seseorang dapat mencuri jaringan internet Anda ketika mereka berada dalam jangkauan Wi-Fi yang Anda miliki. Praktek ini juga dikenal sebagai membonceng yang dapat merugikan Anda sebagai pemiliki jaringan. Kenapa? 
  1. Pencuri koneksi tersebut dapat menghabiskan kuota bulanan Anda jika Anda menggunakan koneksi internet berbasis kuota.
  2. Dapat menurunkan kecepatan internet yang Anda miliki, karena pencurian tersebut menyebabkan Anda berbagi koneksi internet dengan si pencuri.
  3. Si pencuri juga dapat mengakses file pribadi yang Anda miliki di komputer.
Kabar baiknya, untuk dapat mencegah terjadinya hal tersebut tidak diperlukan pengaturan yang rumit. Berbekal dengan sedikit pengetahuan tentang komputer, Anda bisa membuat jaringan wireless yang ada pada rumah/kantor Anda menjadi lebih aman. Beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan antara lain: 

  • Buka halaman pengaturan router Anda
Pertama, Anda perlu tahu bagaimana untuk mengakses pengaturan router wireless Anda. Biasanya Anda dapat melakukan ini dengan mengetikkan "192.168.1.1" atau “tplinkwifi.net” ke browser web Anda, dan kemudian masukkan nama pengguna dan password yang benar untuk router. Hal ini berbeda untuk setiap router, jadi sebaiknya periksa dulu buku manual router milik Anda.

tips mengamankan jaringan wireless

  • Buatlah password yang unik pada router Anda
Setelah Anda login ke router, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengubah password bawaan router. Hal ini akan mencegah orang lain mengakses router dan Anda dapat dengan mudah mempertahankan pengaturan keamanan yang Anda inginkan. Mengubah password router sangatlah mudah, cukup dari pengaturan Administrasi pada halaman pengaturan router Anda. Password yang baik biasanya mengandung gabungan dari angka, huruf kapital, dan huruf kecil. Contohnya: 123SayaGanteng789.

  • Ubah nama SSID jaringan Anda
SSID (atau nama jaringan Wi-Fi) dari wireless router Anda biasanya menggunakan nama perangkat. Meskipun tidak akan membuat jaringan Anda rentan tetapi mengubah nama SSID jaringan Anda adalah ide yang baik karena akan membuatnya lebih jelas bagi orang lain untuk mengetahui jaringan mereka terhubung.

  • Aktifkan enskripsi jaringan
Untuk mencegah komputer lain di sekitar menggunakan koneksi internet Anda, Anda perlu untuk mengenkripsi sinyal jaringan wireless Anda. Ada beberapa metode enkripsi untuk pengaturan nirkabel : WEP, WPA, dan WPA2. Enskripsi paling aman adalah WPA2.

tips mengamankan jaringan wireless

  • Filter MAC address Anda
Setiap perangkat elektronik khususnya komputer dan gadget memiliki MAC address yang unik. MAC address inilah yang dapat didaftarkan pada perangkat router agar perangkat yang tidak didaftarkan, tidak dapat tersambung dengan router.


Tips ini dipersembahkan oleh TP-Link Indonesia.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?