Inilah Cara Mudah Konfigurasi Wireless Router

Seringkali kata wireless router terdengar ditelinga orang. Namun, belum tentu orang tersebut mengetahui fungsi dari alat yang umum ditemui di ruang publik itu. Secara umum, wireless router adalah sebuah perangkat dalam jaringan komputer yang merupakan penghubung antara jaringan dengan komputer pribadi serta dapat membagi kuota bandwith.

wireless router tp link
Tidak hanya di ruang publik, wireless router juga lazim digunakan di dalam rumah. Hal ini berkaitan dengan perangkat yang digunakan. Saat ini, sepertinya masyarakat menggunakan lebih dari 1 perangkat yang dapat mengakses internet di rumah. Maka dari itu penggunaan wireless sangat berguna. Meskipun banyak digunakan, namun tidak banyak orang yang dapat melakukan konfigurasi pada wireless router yang mereka miliki. Seringnya, teknisi dari provider internet yang melakukan konfigurasi. Lalu bagaimana jika Anda ingin melakukan konfigurasi sendiri?

Anda tidak perlu khawatir lagi. Berikut adalah konfigurasi wireless router yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Pada konfigurasi ini dilakukan dengan menggunakan perangkat TP-Link.

  • Hubungkan wireless router dengan modem Anda dan komputer. Atau jika modem Anda sudah menjadi satu dengan router, maka Anda cukup menghubungkan perangkat tersebut dengan komputer.
wireless router tp link

  • Masuk ke halaman web management melalui peramban (browser) seperti Chrome, Firefox, dan yang lainnya. Ketikan alamat IP 192.168.0.1 pada address bar atau http://tplinklogin.net. Masukkan username dan password yang tertera pada bagian bawah perangkat yang Anda miliki.
wireless router tp link

  • Pilih menu Quick Setup dan klik tombol Next.
wireless router tp link

  • Pada halaman WAN Connection Type pilih PPPoE lalu klik tombol Next.
wireless router tp link

  • Selanjutnya isilah username dan password sesuai dengan yang diberikan oleh pihak provider internet, lalu klik tombol Next.
wireless router tp link

  • Selanjutnya pada menu Wireless, Anda dapat mengganti Wireless Network Name sesuai dengan yang Anda inginkan, misalnya "mainhape network". Jangan lupa pilih opsi WPA-PSL/WPA2-PSK untuk mode Wireless Security dan isikan password sesuai keinginan Anda. Lanjutkan dengan klik tombol Next.

wireless router tp link

  • Klik pada tombol Finish, maka proses Quick Setup ini selesai dan Anda sudah bisa terhubung ke internet.
wireless router tp link

  • Untuk memastikan semua fitur telah diaktifkan, silahkan lakukan reboot pada wireless router Anda melalui menu System Tools, lalu klik Reboot.
wireless router tp link


Dengan konfigurasi mudah di atas, wireless router yang Anda miliki sudah dapat bekerja dengan baik. Bila belum bekerja dengan semestinya atau bingung saat melakukan konfigurasi, Anda dapat menghubungi produsen wireless router untuk mendapatkan solusi yang terbaik.


Artikel ini dipersembahkan oleh TP-Link Indonesia.













Komentar

  1. Awesome article! I want people to know just how good this information is in your article. It’s interesting, compelling content. Your views are much like my own concerning this subject. Best wi-fi router

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?