Langsung ke konten utama

Google Sebarkan WiFi Berkecepatan Tinggi Di Stasiun Kereta India

Salah satu perhatian utama dari Google adalah membuat semua orang di dunia dapat go online. Meskipun hal ini terkesan "rakus" karena sebagian besar keuntungan dari Google adalah dari pengguna internet, namun di sisi lain hal ini membantu masyarakat yang belum mendapatkan akses internet. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut sedang berfokus kepada pengadaan akses internet di negara berkembang, sebab di negara-negara tersebutlah para pengguna internet baru akan bermunculan. Menurut data yang dikumpulkan oleh Internet Live Stats, hanya sekitar 40% dari populasi dunia saja yang memiliki koneksi internet.

google wifi india

Beberapa proyek Google seperti Android One, YouTube offline, Google Maps offline, dan Project Loon merupakan segelintir proyek yang ditujukan agar para pengguna internet di negara berkembang dapat merasakan pengalaman terbaik. Perusahaan yang bermarkas di Mountain View tersebut baru saja mengumumkan sebuah langkah besar, yakni bekerja sama dengan Indian Railways dan RailTel untuk menyebarkan WiFi layanan internet Google di 400 stasiun kereta api yang tersebar di seluruh India. Google mengklaim bahwa koneksi internet tersebut bukan koneksi yang biasa, melainkan koneksi broadband dengan kecepatan tinggi yang memiliki kecepatan di atas rata-rata apa yang dinikmati oleh mayoritas masyarakat India saat ini.

google wifi india

Pada awal penerapan, raksasa internet Amerika Serikat itu akan memasang layanan internet Google di 100 stasiun tersibuk di India yang direncakan akan rampung pada akhir 2016. Lokasi lainnya akan menyusul di kemudian hari. Hal ini merupakan pencapaian yang cukup baik, mengingat ada sekitar 10 juta pengguna internet yang akan menikmati layanan ini di 100 stasiun tersibuk tersebut. Dengan pengguna aktif lebih dari 300 juta, India menempatkan diri sebagai negara dengan pengguna internet kedua terbanyak di dunia setelah Tiongkok. Sayangnya masih banyak jutaan masyarakat India yang belum terjangkau oleh internet yang memadai. Inilah yang menjadi sasaran dari Google.

Bagian terbaik dari layanan internet Google ini adalah masyarakat India dapat menikmatinya secara gratis. Meskipun sudah menjadi rahasia umum bahwa Google akan "memerah keuntungan" di masa depannya, dengan layanan iklan ataupun internet berlangganan. Menurut penulis, langkah serupa juga seharusnya hadir di Indonesia. Mengingat negara kepulauan tercinta ini juga masih memiliki masalah "koneksi internet cepat" yang belum merata dan stabil.


via androidauthority.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone  juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran ( email , membuka dan edit  dokumen) ataupun hiburan (bermain games , mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop . Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number  yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget  populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.