Skip to main content

Realme 2 Series Akan Meluncur 9 Oktober di Indonesia

Setelah menuai kesuksesan di India, Realme nampaknya akan segera melakukan ekspansi ke Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan beredarnya sebuah teaser di akun Instagram resmi mereka. Rencananya, sub-brand dari Oppo tersebut akan menyelenggarakan sebuah event yang akan digelar pada 9 Oktober mendatang.

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

ponsel garansi distributor

Setiap orang memiliki alokasi dana dan kebutuhan yang berbeda-beda untuk sebuah ponsel. Maka dari itu, calon pengguna ponsel pintar akan cenderung hati-hati dalam pemilihan sebuah perangkat. Tidak hanya memilih produknya, calon pengguna tersebut juga akan memilih tempat dimana ia akan membeli ponsel. Jika dahulu toko-toko gadget tradisional, seperti yang biasa ditemukan di pusat perbelanjaan ITC menjadi pilihan utama, kini konsumen beralih ke retail modern seperti yang biasa ditemukan di mal (karena bisa cicilan 0% he..he..he). Kalaupun ingin beli ke toko tradisional, konsumen cenderung membelinya secara online via marketplace seperti Tokopedia.

Jika kita jalan-jalan di marketplace, Anda akan menemukan berbagai toko yang menjual ponsel dengan beberapa jenis garansi, seperti garansi resmi, garansi distributor, dan garansi toko/personal. Kali ini, penulis akan menitik beratkan kepada ponsel dengan garansi distributor. Semenjak pamor ponsel murah dari negeri Tirai Bambu, seperti Xiaomi dan Asus (yang ini dari negeri tetangganya), smartphone berlabel garansi distributor seperti BLESS, Wii, maupun Q-Tel banyak beredar di pasaran. Berbeda dengan ponsel bergaransi resmi, produk bergaransi distributor ini biasanya mengambil produk dari negara asal ataupun negara tetangga di sekitar, seperti Singapura. Maka dari itu, bisa saja spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone bergaransi distributor sedikit berbeda dengan yang bergaransi resmi.

Ada beberapa hal yang membuat konsumen memiliki niat untuk membeli ponsel dengan garansi distributor. Salah satunya adalah ketersediaan produk. Masih ingatkah kasus dimana Asus meluncurkan produk Zenfone kebanggaan mereka, namun hingga beberapa bulan ke depannya produk tersebut sangat sulit ditemukan di pasar (yang bergaransi resmi)? Banyak pedagang ponsel yang pada akhirnya menawarkan kepada konsumen mereka produk dengan garansi distributor. Contoh lainnya juga terjadi pada ponsel Xiaomi. Merek martphone fenomenal yang di produksi oleh startup dengan nilai valuasi tertinggi dari Tiongkok ini memang sudah resmi masuk ke Indonesia. Namun beberapa produknya ada yang telat masuk atau bahkan tidak masuk sama sekali ke pasar nusantara. Momen ini pun dimanfaatkan beberapa distributor untuk memasukkan produk-produk Xiaomi yang tidak masuk ataupun telat masuk ke pasar tersebut. Seperti Xiaomi Redmi Note 2 yang kini sedang menjadi buah bibir di kalangan pecinta gadget.

ponsel garansi distributor

Sah-sah saja memang untuk membeli ponsel dengan garansi distributor, toh konsumen yang punya uangnya. Namun sebelum membeli produk dengan garansi distributor, ada baiknya Anda memperhatikan 3 hal berikut.

  • Cek reputasi distributor
Salah satu poin penting dalam membeli barang elektronik apapun adalah pelayanan aftersales. Sebelum membeli ponsel pintar dengan garansi distributor, ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu reputasi dari distributor tersebut. Pengecekan dapat dilakukan dengan melihat diskusi mengenai produk yang ingin Anda beli di forum maupun grup Facebook. Kualitas pelayanan aftersales dari sebuah distributor mencerminkan pelayanan mereka nantinya jika Anda menemui masalah pada produk yang dibeli.

  • Periksa produknya
Produk smartphone yang memiliki garansi distributor umumnya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda tiap distributor. Untuk itu Anda perlu mengecek apakah produk yang akan Anda beli memiliki spesifikasi yang sama dengan produk yang Anda inginkan? Jika berbeda, periksa kembali apakah produsen smartphone megeluarkan ponsel dengan varian spesifikasi tersebut? Jika tidak, Anda patut diwaspadai jika produk yang Anda akan beli itu merupakan produk replika.

  • Brand new atau refurbish?
Khusus untuk produk iPhone, banyak distributor yang menjual produk Apple tersebut dengan kondisi refurbish. Kondisi tersebut adalah dimana sebuah iPhone yang rusak dibetulkan di pabrik lalu dijual kembali di pasaran lengkap dengan aksesoris dan dusnya. Biasanya sih, aksesoris seperti headset dan charger yang diberikan sudah bukan original lagi. Agar tidak salah beli, sebaiknya Anda bertanya kepada penjual atau distributor yang bersangkutan apakah barang yang dijual tersbeut merupakan barang baru atau refurbish.


Gambar diambil dari wired.com dan scmp.com.

Comments

  1. Permisi gan,ane mau nanya,saya beli xiaomi redmi 2 dari PT.WISMA INKOPAD INDONESIA yg bergaransi WII,apakah itu original atau palsu gan ?? Mohon dijawab ya gan, terimakasih gan.

    salam
    syawal zulfitri

    ReplyDelete
    Replies
    1. original kok, cuma ya garansinya distributor, bukan resmi dari xiaomi.

      Delete
    2. Saya beli dari temen di beli online ke adaan masih segel dusbook belum di buka.dapet segel WII.redmi note 3 2/16.sidik jari ga jalan.gmna sedangkan garansi online udah ke lewat.

      Delete
    3. Saya beli dari temen di beli online ke adaan masih segel dusbook belum di buka.dapet segel WII.redmi note 3 2/16.sidik jari ga jalan.gmna sedangkan garansi online udah ke lewat.

      Delete
  2. Saya mo Pasang Playstore dan Bahasa Indonesia caranya gmn... Sy jg beli di Distributor PT tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. di flash gan biasannya, low ga aggan root dulu trus agan pasang twrp tar agan download rom yang versi ada bahasa indonesianya tar istal via recovery mode.. jadi dah gt za

      Delete
  3. Gan ane mau tanya kalau wii shop yg di bandung di mana ya ?

    ReplyDelete
  4. mau tanya gan, baru beli xiaomi redmi note 3 Pro dari Pt. Global Mobile Technogie atau garansi B-Cell, apakah itu asli xiaomi? krn waktu saya cek No postel (no SDPPI) pd box belakang cek di situs resmi postel.go.id pemerintah kok terdaftarnya untuk asus zenfone 5. Dan syaa cek spek dr total ROM sharusnya 16GB, tapi hanya ada 11GB, yg tersisa cuma 9GB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kok, itu asli Xiaomi. Perlu diketahui, Xiaomi garansi distributor kebanyakan memang dimasukkan ke Indonesia dengan sertifikat postel dari produk lain.

      Dan untuk total ROM sendiri, setahu saya memang total ada 16 GB (atau 14,72 GB ukuran aslinya). Namun perlu diketahui bahwa 4,72 GB itu digunakan untuk partisi sistem, dan yang bisa Anda gunakan itu sekitar 11 GB (yg terisi bloatware) hingga hanya tersisa 9 GB.

      Perlu diketahui juga, biasanya garansi B-Cell menggunakan ROM distributor yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga banyak bug bisa ditemukan dan performa bisa tidak maksimal. Untuk itu kamu bisa melakukan flashing ke ROM global. Caranya? Silahkan tonton video teman saya ini: https://www.youtube.com/watch?v=fkg5jrCfYV4

      Delete
  5. Gan, mohon info service center WII utk hp xiaomi. Hp redmi note 2 saya di service (ceritanya dibantu kirim via toko Golden BEC - Bandung) dah 2 bulan ga kelar2. Klo telp toko nya selalu bilang "blm selesai, hp bapak blm dikirim lg ke kami, nanti klo sudah ada kami hubungi". Jadi pnasaran mau cek ke WII nya.
    Jd klo agan tau bole kiranya share info no telp service center WII utk xiaomi.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu kalau WII cabang Bandung, namun kalau di Jakarta setahu saya sih di ITC Kuningan - Mal Ambassador. Alamat yang saya dapatkan di Google sih:

      Wii Shop  
      Toko ponsel
      Address: Lantai 4 Blok C10 No 8 9 10 Setiabudi, ITC KUNINGAN, Jl. Prof. DR. Satrio, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
      Phone:+62 21 57937763

      Delete
    2. mo nanya gan,, klo garansi WII itu bisa dibilang terpercaya g ya? makasih infonya

      Delete
  6. Gan sy mau nanya distributor yg brnma NIAGA HP itu yg di jual xiomi redmi 3 nya asli apa barang refurbish gan ?.. mohon bantuannya !

    ReplyDelete
  7. Gan mau nanya distributor yg brnm NIAGA HP itu yg dijual xiaomi redmi 3 nya asli apa refurbish ?.. mohon bantuannya gan !

    ReplyDelete
  8. Gan mau nanya distributor yg brnm NIAGA HP itu yg dijual xiaomi redmi 3 nya asli apa refurbish ?.. mohon bantuannya gan !

    ReplyDelete
  9. Gan mau nanya distributor yg brnm NIAGA HP itu yg dijual xiaomi redmi 3 nya asli apa refurbish ?.. mohon bantuannya gan !

    ReplyDelete
  10. Gan mau nanya distributor yg brnm NIAGA HP itu yg dijual xiaomi redmi 3 nya asli apa refurbish ?.. mohon bantuannya gan !

    ReplyDelete
  11. Gan mau nanya distributor yg brnm NIAGA HP itu yg dijual xiaomi redmi 3 nya asli apa refurbish ?.. mohon bantuannya gan !

    ReplyDelete
  12. Gan mau nanya distributor yg brnm NIAGA HP itu yg dijual xiaomi redmi 3 nya asli apa refurbish ?.. mohon bantuannya gan !

    ReplyDelete
  13. Gan mau nanya distributor yg brnm NIAGA HP itu yg dijual xiaomi redmi 3 nya asli apa refurbish ?.. mohon bantuannya gan !

    ReplyDelete
  14. Gan mau nanya distributor yg brnm NIAGA HP itu yg dijual xiaomi redmi 3 nya asli apa refurbish ?.. mohon bantuannya gan !

    ReplyDelete
  15. Gan mau nanya distributor yg brnm NIAGA HP itu yg dijual xiaomi redmi 3 nya asli apa refurbish ?.. mohon bantuannya gan !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, saya sendiri baru mendengar distributor tersebut. Jadi tidak tahu :)

      Delete
  16. Gan mau tanya. Gatansi distributor yang bagus untuk hp xiaomi garansi apa? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk garansi distributor sendiri, saya belum pernah merasakan pelayanan aftersalesnya. namun jika mendengar dari cerita orang, sampai saat ini sih rata-rata pelayanan distributor pada umumnya tidak terlalu bagus, dan juga tidak jelek-jelek amat.

      Delete
  17. Gan mau tanya. Gatansi distributor yang bagus untuk hp xiaomi garansi apa? Trims

    ReplyDelete
  18. Mau tanya.. Baru beli Xiaomi note 3 pro garansi distributor brand new.. Ternyata untuk sandi layar gak bs dipakai, saya ke service centernya di ITC Cempaka mas kok kantornya kayak gudang dan HP harus ditinggal.. itu xiaomi asli apa TDK yaa..? Dan distributornya gmn yaa..

    ReplyDelete
  19. Gan mau tanya kalau ponsel Xiaomi yg bergaransi distributor tapi yg msh menggunakan Rom asli Xiaomi garansi apa saja selain bless platinum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sih, garansi Immotech dan BBOneline :)

      Cuma kalau mau beli mohon ditanyakan kembali ke penjualnya ya.

      Untuk penjual yang saya tahu menjual rom asli itu:

      tokopedia.com/bboneline
      tokopedia.com/dokistore

      Delete
  20. #info
    Garansi distributor yang menggunakan Rom asli Xiaomi apa aja gan selain distributor bless platinum.

    ReplyDelete
  21. gan untuk garansi BBOne alamatnya dimana ya?? dan reputasi garansi BBone gimana gan kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. BBOne setau saya berada di daerah Ancol. Reputasi mereka sepengetahuannya saya sih oke oke aja. Untuk alamat lengkap tercantum di kartu garansi mereka.

      Delete
  22. Gan minta pendapat,lebih bagus distributor wii atau b-cell,kemudian lebih baik ambil yang ROM china Atau Global Ya? Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedua distributor tersebut sama saja kualitasnya. Untuk ROM, saya rekomendasikan untuk ROM Global.

      Delete
  23. Gan mau tanya service center immotech dmn ya?beli lewat tokopedia di doki di dalem box ga ada kartu garansinya tp ada stiker immotech. Klo ga ada kartunya gt bisa klaim garansikah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mba Lilis, saya juga kurang tahu. Bisa ditanyakan ke Doki saja. Kirim pesan saja di Tokopedia ke mereka :)

      Delete
  24. Ganau tanya alamat service center immotech dimana ya?beli d tokopedia di doki cuma di dlm box ga ada kartu garansinya cm ada stiker immotech di hp nya. Klo ga ada kartu garansi gt bisa dpt garansi?

    ReplyDelete
  25. Ga mau tanya ane beli xioami redmi note dri importi eraya swasembeda.tbk kira2 itu garansi remsi atau distributor gan

    ReplyDelete
  26. Ga mau tanya ane beli xioami redmi note dri importi eraya swasembeda.tbk kira2 itu garansi remsi atau distributor gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu garansi resmi TAM gan.
      Sangat bagus sekali kualitasnya

      Delete
  27. Gan, saya pernah baca di suatu post. Katanya garansi distributor itu ada kelemahannya yaitu tdk ada bhs indo / playstore. Apa itu benar? Trus jika kita beli hp yg tdk ada playstorenya, gimana cara download app lainnya? Trims.

    ReplyDelete
  28. Gan mau tanya, saya kemarin baca disuatu link. Katanya kalau garansi hp dari distributor, tidak ada bhs indo/ playstore nya. Lalu bagaimana cara mendownload aplikasi lain?
    Arigatou.

    ReplyDelete
  29. Gan mau tanya klo xiaomi garansi distributor Brand New itu apa betul ada...

    ReplyDelete
  30. gan di distributor tempat ane beLi tertera dia mencantumkan di Spesifikasi HP Ready Fingerprint ready bahasa indonesia dan Playstore. apakah berarti si distributor sudah meng`update Rom`nya ke gLobaL?? dan bagai mana kita mengetauhui/mengecek Rom GLOBAL atau bukan

    ReplyDelete
  31. pagi gan . mau tau nih saya urgent banget . saya mau beli xiaomi redmi note 3 . garansinya atau yg saya liat di dalam box tersebut garansi BLESS . gimana menurut agan ? diambil jangan handphone nya ? dan ada masalah ga sama distributor tersebut dengan barangnya

    ReplyDelete
  32. Xiaomi itc kuningan yg di lt.4 ternyata uda sebulan tutup euy.

    ReplyDelete
  33. Gan.. Mau tanya kalau distributor nya bless itu xiaomi asli atau tdk?.. Soalnya kalau tdk salah ada pengguna yang beli dari distributor tsb dan tnya realita.. Thx b4

    ReplyDelete
  34. Min kapan buka nya WIISHOP di ITC kucingan mau garansi nih :D

    ReplyDelete
  35. Min kapan buka nya WIISHOP di ITC kucingan mau garansi nih :D

    ReplyDelete
  36. Min reputasi distributor the one bagus ga?

    ReplyDelete
  37. Min reputasi distributor the one bagus ga?

    ReplyDelete
  38. Ka, hp saya Xiaomi Redmi Note 3 Pro.
    Tiba-tiba device nya terkunci gitu.
    Untuk meng-activate kannya, mesti memasukkan password nya. Dan saya nggatau password nya.
    "The device may be associated with exisiting Mi Account (161****143)"
    Itu knp, ya?

    Hp itu br 2 hari kmrn saya beli dan dengan garansi dari B-Cell.

    ReplyDelete
  39. Ka, hp saya Xiaomi Redmi Note 3 Pro.
    Tiba-tiba device nya terkunci gitu.
    Untuk meng-activate kannya, mesti memasukkan password nya. Dan saya nggatau password nya.
    "The device may be associated with exisiting Mi Account (161****143)"
    Itu knp, ya?

    Hp itu br 2 hari kmrn saya beli dan dengan garansi dari B-Cell.

    ReplyDelete
  40. Gan mau nanya ni,saya bli hp xiaomi redmi not 3 pro dri via online(lazada).
    Garansi ny bless asli gk gan????

    Sma kartu panduan ny beda sma hp,kotak ny jugq.

    ReplyDelete
  41. Kalau garansi bless itu gmn ya??

    ReplyDelete
  42. Min di tokped atau bukalapa seller yg munjual produk xiaomi garansi wii nma tokonta apa aja yah?

    ReplyDelete
  43. kak mau tanya, saya pengen beli Xiaomi Mi5. Sepertinya masuk indo masih lama sekali ya? tapi distributor udah bnyk. Rugi gak ya ambil Garansi Distributor? Saya ditawari Garansi dari Bless & BCell. Mending mana kak?

    ReplyDelete
  44. Di bali ada gak phone shop yang bisa ganto rom xiomi redmi note 3 pro? Info dong..

    ReplyDelete
  45. Service center pt.wii shop jakarta pada tutup semua ,yg buka dimana nih

    ReplyDelete
  46. Sevice center pt wii shop jakarta pada tutup semua alamat fiktip ,yang buka daerah mana

    ReplyDelete
  47. gan kalo garansi B-Cell gimana? soalnya cari redmi 3 pro yg garansi resmi/tam susah banget

    ReplyDelete
  48. gan gimana nih hp xiaomi redmi note 2 gue sudah sebulan mau proses garansi tapi kemana ? wii itc ambassador ITC kuningan dah tutup ?
    Kemana lagi nih gan ?

    ReplyDelete
  49. gan garansi xiaomi redmi note 2 dimana yah?
    yang di itc kuningan udah tutup...

    ReplyDelete
  50. Gan saya mau tanya kalo garansi immotech di bandung di jalan mana ya?

    ReplyDelete
  51. Gan saya mau nanya immotech di bandung di daerah mana ya?

    ReplyDelete
  52. mas aku pengen beli xiaaomi redmi 3 pro, kan harga disb nya msh 2.200.00 tuh, nah klo harga resmi nya lebih mahal atau lebih murah mas, kira" berapa perbedaan harganya antara yg disb sama resmi ?

    ReplyDelete
  53. Gan redmi 3 pro yang bagus garansi distributor apa ya? Soalnya garansi resmi/tam belum ada.

    ReplyDelete
  54. Gan mau nanya reputasi distributor win bagus ga ya,?

    ReplyDelete
  55. saya baru beli xiaomi redmi 3 baru 3 minggu udah mati total �� kecewa banget sm xiaomi.. nyesel beralih dari Samsung ke xiaomi.. n ribet jg,, kata conternya claim.y di kirim ke jakarta n gk ada kepastian kapan slseinya tuh hape yg lg di service ��

    ReplyDelete
  56. Gan hp xiaomi redmi 3 pro saya ngga bsa bca sms keluar sendiri..musik jga ngga bsa dibuka nelpon jga ngga bsa itu knp y gan

    ReplyDelete
  57. Gan.. mau tanya. Pernah mengalami masalah pada layar xiaomi redmi note 3 pro ga ? Tepatnya touchscreennya gak berfungsi sama sekali,namun tetap menyala.

    ReplyDelete
  58. Gan mau nanya . Kalo layar hp xiaomi redmi 3 note pro gak berfungsi . Ada cara untk memperbaikinya sendiri ga ?

    ReplyDelete
  59. bang kalo saya mau beli xiaomi redmi 3 second yg garansinya b cell gmna tuh bang? rikan kgk ya??

    ReplyDelete
  60. gan mau tanya kalau saya mau beli xiaomi redmi 3 second yang garansinya b cell gmna ya bang ? riskan kgk ya??
    trus kalau saya mau beli xiaomi mi4i itu resmi di indonesia gk ya? riskan gk ya?? mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  61. gan mau nanya nih... mohon yang tau di kasih info nya.

    aku beli mi4c distributor..udah miui8. pingin yg versi global indo gmn ya. biar semua aplikasi dll nya enak

    ReplyDelete
  62. Sekedar saran untuk xiaomi, cari garansi Wii atau Win...

    ReplyDelete
  63. Platinum, the one dan wii. Mana urutan distributor yg paling bagus reputasinya ?

    ReplyDelete
  64. klo garansi BBM utk xiaomi bagaimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pake xiaomi redmi 4x prime, garansi BBM. Lancar jaya. ROM global. Tenang² aja pake nya juga.

      Delete
  65. maaf gan, untuk garansi ACS produk xiaomi alamatnya dimana ya? Terimakasih

    ReplyDelete
  66. Gan mau tanya servis center xiomi garansi bless di banfung di mana ya?
    Saya bli hp xiomi batu 10 hari langsung mati total padahal ga pernah kebanting..
    Infonya ya gan

    ReplyDelete
  67. Maaf gan mau tanya servis center xiomi garansi bless di mana ya?
    Saya beli hp xiomi redmi 3 gold baru 10 hari langsung mati total, padah ga pernah kebanting..
    Infonya ya gan

    ReplyDelete
  68. Mau nnya gan kalau xiomi ada yang replika nya

    ReplyDelete
  69. cara cek handpone xiaomi mudah....*#06#...keluar imei...cocok kan dengan imei kardus dan diblakang handpone...kalo sama ya ori kalo beda ya buang ke laut aja....gurau ja ya..skamat mencoba

    ReplyDelete
  70. gan kalau lokasi service center distributor win dimana? untuk hp asus, ane ke asus service center gk diterima karena gk resmi

    ReplyDelete
  71. gan mau nanya kalau garansi distributor bagus gak ya ?
    kalau iphone itu biar ktauan itu asli bukan replika cara pengecekannya di liat dari mananya yah .

    mohon di jawab.
    terima kasih

    ReplyDelete
  72. gan, kalau xiaomi garansi distributor BBM bagus ga?

    ReplyDelete
  73. Gan,cari alamat service center garansi distributor BBM selain ITC Roxy Dimana lagi ya gn.soalnya hp saya selalu kembali terus saat di hidupkan balik ke mi recovery.saya pakai hp redmi note 5a....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau garansi distributor biasanya memang hanya punya satu tempat servis saja...

      Delete
  74. permisi gan,beberapa bulan yang lalu saya beli xiaomi redmi 4x.....garansi b-cell...itu rom nya stable..itu romnya mungkin distributor modifikasi atau gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau garansi b-cell biasannya sudah rom modifikasi distributor

      Delete
  75. Saya membeli xiaomi redmi note 5 pro, di Kedai Hp via Tokopedia dengan Garansi Distributor Bless. Apakah aman mas? Mohon infonya. Terima kasih☺

    ReplyDelete
  76. wah....ngerri juga ya kalau beli hp ga taunya bekas servisan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.