Review Toto Link N302R Plus: Sinyal Kuat Dengan 3 Antena

Koneksi jaringan internet dengan menggunakan Wi-Fi menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Tidak hanya di tempat umum seperti mall, kafe, ataupun restoran, koneksi internet menggunakan Wi-Fi juga dibutuhkan di rumah maupun kantor. Hal ini disebabkan oleh penggunaan perangkat nirkabel seperti smartphone, tablet, ataupun laptop yang digunakan untuk mengakses internet. Penggunaan Wi-Fi juga dianggap praktis, sehingga pengguna tidak perlu lagi menggunakan kabel yang panjang dan merepotkan.

review toto link n302r plus


Untuk mendapatkan koneksi Wi-Fi yang stabil dan lancar di rumah maupun kantor, dibutuhkan sebuah perangkat wireless router yang bagus pula. Tidak mau kalah dengan produsen perangkat jaringan lainnya, Toto Link meluncurkan sebuah produk bernama Toto Link N302R Plus. Dengan perangkat ini, Anda dapat membagikan koneksi internet dari ADSL, kabel, ataupun fiber optic ke berbagai perangkat di rumah Anda melalui jaringan Wi-Fi. Tanpa perlu pengaturan khusus yang merepotkan, Anda cukup menyambungkan koneksi internet dari modem utama dengan Toto Link N302R Plus menggunakan kabel LAN. Koneksi internet melalui Wi-Fi pun langsung dapat Anda nikmati.

review toto link n302r plus
Kelengkapan Toto Link N302R Plus
review toto link n302r plus

Toto Link N302R Plus memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah penggunaan 3 buah antena high gain yang menjanjikan sinyal Wi-Fi stabil dan kuat dengan jangkauan yang lebih jauh. Dengan penggunaan antena yang banyak tersebut, Anda bisa mendapatkan sinyal Wi-Fi lebih baik pada ponsel pintar, tablet, maupun laptop meskipun jarak Anda dengan router agak jauh. Hal ini pun ditentukan dengan konfigurasi antena yang Anda gunakan. Dari beberapa artikel yang pernah saya baca, untuk pemancaran sinyal yang lebih baik, ujung antena sebaiknya diletakkan berjauhan seperti ini.

review toto link n302r plus

Keunggulan lain yang bisa Anda temukan pada Toto Link N302R Plus ini adalah cukup banyaknya port RJ-45 yang tersedia. Selain 1 port yang digunakan untuk menyambungkan perangkat ini dengan modem utama, disediakan 4 port lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menyambungkan ke berbagai perangkat seperti pc desktop, printer, ataupun smart tv. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan 2 SSID yang berbeda pada N302R Plus. Sehingga jika dibutuhkan, Anda bisa membuat 2 SSID dengan akses prioritas ataupun keamanan yang berbeda.

review toto link n302r plus
Beberapa ports yang terdapat pada Toto Link N302R Plus.
review toto link n302r plus

review toto link n302r plus

Berikut beberapa pengalaman penulis selama menggunakan Toto Link N302R Plus selama beberapa hari:
  • Jangkauan sinyal Wi-Fi sangat luas, menandingi perangkat Wi-Fi dengan harga lebih mahal yang terpasang di kantor penulis. Ketika penulis berada lebih kurang 50 meter dari perangkat, ponsel LG G4 penulis mampu menangkap sinyal hingga 3 bar.
  • Koneksi internet yang dipancarkan dari perangkat ini sangat stabil dan lancar. Tidak ditemukan adanya putus koneksi ataupun gangguan koneksi.
  • Adanya 4 port RJ-45 membuat penulis dapat menyambungkan 3 pc desktop dan 1 printer yang terhubung dalam satu jaringan.
  • Pemasangan yang mudah tanpa pengaturan yang repot. Penulis hanya butuh waktu kurang dari 5 menit untuk memasang dan menggunakan perangkat ini dengan lancar.
Perangkat Toto Link N302R Plus merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki koneksi wifi yang stabil dan kencang di rumah ataupun di kantor. Tidak hanya itu, Anda juga dapat dengan mudah melakukan file sharing ataupun mengoperasikan printer dari berbagai perangkat secara nirkabel ataupun yang terhubung dalam satu jaringan. Dengan segala kelebihannya, N302R Plus sangat layak untuk Anda miliki. Sewaktu artikel ini ditulis, perangkat N302R Plus memiliki banderol harga di kisaran Rp 350.000. Harga tersebut bisa berbeda tergantung toko maupun kurs USD (tahu sendiri kan sekarang USD sedang dangdutan nilainya).


Gambar produk diambil dengan menggunakan LG G4.


Comments

  1. Bagaimana caranya makek bos?
    Biar bisa saling conect..
    Saya dwrung makek indihome,tpi sinyalnya nyampe drmh dikit,jarak dri wrung kermh sekitar 50mter...
    Bagaimana caranya biar jadi satu dia...
    Maaf saya gk tw apa2

    ReplyDelete

Post a Comment