Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG adalah sebuah ponsel kelas menengah dengan ukuran yang sangat ideal. Memiliki garis desain yang sama dengan varian Zenfone 2 lainnya, Laser hadir dengan layar seluas 5 inchi. Ukuran ini membuatnya nyaman untuk digunakan dengan satu tangan dan pas untuk disimpan di dalam saku celana. Penggunaan metallic finish pada bagian back cover membuat Laser terlihat mewah. Back cover tersebut juga menggunakan tekstur matte sehingga nyaman disentuh dan tidak licin ketika digenggam.

Pada bagian depan, terdapat logo Asus, sebuah speaker untuk panggilan suara, serta kamera depan 5 megapiksel di atas layar. Terdapat 3 buah tombol kapasitif yang berfungsi sebagai tombol back, home, dan recent apps pada bagian bawah layar. Di bagian bawah tombol kapasitif tersebut tersisa sedikit ruang yang mungkin membuat Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG terlihat sedikit besar, namun ruang tersebut ternyata berfungsi agar ponsel ini lebih nyaman dan mudah digunakan.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Tampak depan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.
Bagian belakang Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG sekilas terlihat seperti unibody, namun sebenarnya back cover-nya dapat dibuka. Pada bagian atas terdapat sebuah kamera belakang 8 megapiksel ditemani dengan dual-LED flash dan sebuah modul laser auto focus. Di bawah kamera tersebut Asus memberikan tombol volume up-down sama seperti varian Zenfone 2 lainnya. Logo Asus yang cukup besar terdapat di tengah. Pada bagian bawah, terdapat sebuah logo Zenfone serta grill speaker utama.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Tampak belakang Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.
Sisi kanan dan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG bersih tanpa tombol apapun. Hal ini berkat penempatan tombol volume up-down yang berada di belakang. Pada sisi bawah, terlihat sebuah lubang micro USB yang dapat digunakan untuk melakukan pengisian daya menggunakan charger ataupun menghubungkannya ke perangkat seperti komputer atau notebook menggunakan kabel USB. Pada sisi atas terdapat sebuah tombol power yang difungsikan untuk menyalakan dan mematikan daya dari ponsel ini. Lho kok tombol power-nya di atas gitu? Apa nggak susah buat mencet-mencetnya nanti? Apalagi buat buka-tutup kunci layar? Jangan khawatir, Asus sudah menyediakan fitur yang sangat berguna untuk melakukan aktivitas rutin tersebut. Terdapat fitur “double tap to wake” yang sudah disematkan dalam Zenmotion pada ZenUI. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat membuka dan dan menutup kunci layar hanya dengan mengetuk layar dengan jari sebanyak 2x. Canggih bukan seperti layaknya ponsel pintar kelas atas?

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Sisi bawah Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Sisi atas Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.
Secara keseluruhan, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG memiliki build quality yang sama baiknya dengan varian Zenfone 2 lainnya. Meskipun modelnya terkesan monoton, yakni mirip dengan generasi pertama, namun Asus sepertinya berusaha untuk menjadikan desain ini sebagai desain khas dari produk Zenfone. Mungkin bisa dinamakan dengan “Zen design”? Toh beberapa merek ponsel lainnya pun juga banyak yang mempertahankan garis desain mereka meskipun ada sedikit perbedaan di kosmetik. Hal yang paling penting, jika Asus berhasil untuk mempertahankan “Zen design” mereka, bukan tidak mungkin setiap orang melihat desain Zen tersebut yang teringat pertama di kepala mereka adalah “ini pasti smartphone-nya Asus”.

Layar Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG memiliki resolusi 720 x 1280 HD. Menggunakan panel IPS, ponsel ini memiliki karakteristik warna layar yang warm dan nyaman di mata. Asus juga melapisi layar Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG dengan pelindung Gorilla Glass 4, sehingga layarnya lebih tahan terhadap goresan. Sekedar info saja, ponsel ini adalah satu-satunya ponsel di rentang harga 2 juta yang menggunakan pelindung Gorilla Glass 4. Ponsel lainnya yang menggunakan pelindung serupa adalah Samsung Galaxy A5 yang memiliki spesifikasi sama, namun dijual di harga 2x lipat dari Asus Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG. Gorilla Glass 4 ini diklaim memiliki ketahanan terhadap goresan hingga 2,5x lebih baik dan 2x lebih tahan banting dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tentunya ini menjadi poin lebih untuk Laser. Di bawah teriknya sinar matahari, layar smartphone ini masih dapat terlihat cukup jelas asalkan brightness di set pada pengaturan maksimal.

Tidak hanya perlindungan yang memadai, layar Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG memiliki segudang fitur yang tidak kalah canggih lainnya. Sebut saja Glove Hand Mode yang memungkinkan pengguna menyentuh layar ponsel meskipun sedang menggunakan sarung tangan. Fitur ini tentunya sangat membantu untuk orang-orang yang biasa melakukan aktivitas dengan sarung tangan seperti pekerja pabrik ataupun para pengendara motor. Selain fitur tersebut, layar Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG dibekali dengan anti fingerprint coating yang dapat mengurangi bekas sidik jari yang biasanya menempel pada layar hingga 24% dibandingkan dengan smartphone lainnya. Layar ponsel Anda terkena percikan minyak atau air? Tidak masalah. Asus memberikan teknologi accurate touch distinction yang dapat membuat akurasi sentuhan pada layar tetap akurat meskipun layar tersebut basah atau terkena minyak. Fitur ini pastinya berguna banget ya, apalagi buat pengguna yang mukanya sering berminyak kayak penulis hehehe.

Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG menggunakan ZenUI sebagai launcher bawaan. Memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan Android versi vanilla, meskipun ada sedikit sentuhan agar antarmuka terlihat lebih menarik. Dalam pengoperasiannya, launcher ZenUI berjalan mulus tanpa lag sedikitpun. Berpindah-pindah home screen, app drawer, dan membuka control center serta notification bar sangat lancar dan intuitif. Pada ZenUI yang digunakan pada Laser, pengguna bisa mengganti tema melalui menu Themes. Selain menggonta-ganti tampilan, ZenUI juga dilengkapi dengan fitur ZenMotion yang dapat memudahkan pengguna untuk membuka aplikasi. Untuk melakukan hal tersebut, pengguna cukup mengusap jari membentuk sebuah huruf pada layar. Misalkan membentuk huruf “C” untuk membuka aplikasi kamera. Tentunya hal ini bisa Anda kustomisasi sendiri sesuai keinginan Anda.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Tampilan Home ZenUI.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Tampilan App Drawer ZenUI.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Tampilan Function and Notification Center ZenUI,

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Tampilan Task Manger ZenUI.
Berbeda dengan varian Zenfone 2 lainnya yang menggunakan dapur pacu racikan Intel, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG menggunakan chipset pabrikan Qualcomm yang banyak digunakan pada ponsel Android. Ponsel ini ditunjang oleh chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor empat inti Cortex-A53 berkecepatan 1.2 GHz, pengolah grafis Adreno 306, serta memory RAM sebesar 2 GB. Semua aplikasi yang digunakan oleh penulis lancar jaya tanpa hambatan. Perpindahan aplikasi juga cepat hampir tidak ada jeda. Beberapa judul games favorit penulis seperti Clash of Clans, Real Racing 3, CSR Racing, World of Tanks, hingga penggunaan emulator PlayStation dan PSP seperti ePSXe dan PPSSPP berjalan dengan mulus. Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, seperti membuka Whatsapp, LINE, dan BBM sambil menonton film menggunakan MXPlayer pun berjalan lancar pada Zenfone 2 Laser.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Skor benchmark Antutu Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Perbandingan benchmark Antutu Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG dengan ponsel lainnya.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Benchmark Quadrant Standard Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Benchmark 3DMark Ice Storm Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.
Kamera menjadi salah satu daya tarik utama pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG. Kamera belakangnya memiliki sensor 8 megapiksel yang menggunakan 5 lapis lensa Largan, bukaan f/2.0, dan sudut lebat 78 derajat. Belum lagi Blue Glass Filter dan software pengolah gambar khas Asus yakni Pixel Master. Kombinasi tersebut membuat kamera belakang ponsel ini mampu mengambil cahaya lebih banyak dalam gelap, mendapatkan hasil foto yang lebih luas, dan warna yang dihasilkan pada gambar juga menjadi lebih akurat dan nyata. Kamera tersebut juga ditemani oleh dual tone LED-flash, yakni lampu kilat yang dapat menghasilkan cahaya yang lebih alami dan memberikan akurasi warna yang lebih baik sehingga mirip dengan lingkungan yang sebenarnya. Jika Anda menyukai mengambil foto orang pada tempat yang agak gelap, menggunakan flash tidak menjadi masalah karena warna kulit orang tersebut akan terlihat lebih alami dan tidak memutih.

Satu yang menjadi fitur unggulan pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG adalah penggunaan modul laser autofocus. Asus mengklaim bahwa dengan modul tersebut, ponsel ini hanya membutuhkan waktu sekitar 0.2 detik untuk mengambil fokus. Ternyata memang bukan isapan jempol belaka. Ketika penulis mencoba mengambil gambar, baik di tempat terang maupun gelap, kamera ponsel ini sangat cepat mengunci fokus. Tidak tahu berapa tepat waktunya, yang pasti tidak lebih dari 1 detik. Hal ini membuat penulis lebih mudah untuk mengambil momen-momen penting yang biasanya hadir di kala waktu yang tidak terduga. Sekedar info saja, modul laser autofocus ini biasanya hanya ditemui pada smartphone kelas flagship saja. Tentunya modul laser autofocus ini menjadi kelebihan dari Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG yang tidak dimiliki oleh ponsel sekelas.

Penasaran dengan hasil jepretannya? Berikut adalah hasil tangkapan penulis dengan menggunakan mode Auto.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Indoor cahaya normal.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Indoor cahaya normal.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Indoor cahaya normal.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Indoor cahaya normal.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Indoor cahaya normal.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Indoor cahaya normal.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Indoor cahaya normal.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Outdoor kondisi malam hari.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Outdoor kondisi malam hari.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Indoor cahaya basement.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Outdoor kondisi malam hari.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Indoor cahaya gelap.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Indoor cahaya gelap dengan lampu kilat.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Indoor cahaya gelap.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Indoor cahaya gelap dengan lampu kilat.
Selain kamera belakang, saat ini kualitas kamera depan juga menjadi salah satu hal yang diperhitungkan oleh calon pengguna sebelum mereka membeli. Apalagi wabah selfie dan wefie sedang populer, pastinya Anda menginginkan hasil foto selfie bersama pacar atau friendzone terlihat kinclong. Untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG dibekali dengan kamera depan 5 megapiksel. Fiturnya memang tidak selengkap kamera belakangnya, namun cukup baik untuk selfie maupun wefie. Berikut adalah hasil selfie-nya.

NB: HATI-HATI MUNTAH.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Selfie dengan mode Auto.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Selfie dengan mode Beauty.
Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Selfie dengan mode Auto di tempat cahaya minim.
Ponsel ini memiliki sebuah slot microSD yang mendukung penggunaan microSD hingga kapasitas 128 GB. Cocok untuk Anda yang suka menyimpan banyak foto, musik, maupun film. Apalagi jika Anda pengguna transportasi umum, penulis yakin Anda menyimpan drama favorit yang biasa ditonton ketika sedang naik kendaraan umum. Untuk kualitas audionya sendiri, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG patut diacungi jempol. Meskipun tidak memiliki embel-embel ponsel musik, suara yang dihasilkan dari keluaran headset bawaan yang ada di dalam paket penjualan sangat apik. Mendengarkan beberapa tembang top 40 seperti lagu-lagu dari Taylor Swift, OMI, Arianna Grande, Major Lazer, Calvin Harris, dan Zedd sangat menyenangkan. Setidaknya menurut “kuping panci” penulis. Apalagi jika didengarkan menggunakan headset yang lebih bagus seperti Asus ZenEar, mungkin keluarannya akan jauh lebih baik. Untuk keluaran suara dari speaker pun, ponsel ini memiliki suara yang cukup nyaring dan terdengar jelas. Hal ini kemungkinan dikarenakan penggunaan speaker yang terbuat dari 5 lapis magnet dan desain chamber yang lebih besar agar suara bass yang dihasilkan lebih berasa. Ingin keluaran suara lebih menggelegar? Anda dapat mengutak-ngatik aplikasi Audio Wizard 2.0 dari ICEPower yang dapat menyesuaikan mode suara sesuai dengan kondisi lingkungan.

Pengunaan baterai lepas-pasang sangat berguna untuk penulis. Jika baterai yang digunakan sudah harus diisi ulang (dalam penggunaan penulis pada level 20-30%), maka penulis tinggal menukarnya dengan sebuah baterai cadangan yang bisa dibeli secara terpisah. Penulis bukan orang yang menyukai membawa power bank kemana-mana. Namun jika Anda menginginkan sebuah power bank, Asus ZenPower bisa menjadi pilihan terbaik untuk mendampingi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini.

Bagaimana dengan ketahanan baterai dari Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG? Dengan pola penggunaan penulis (single SIM, 40% aktif di media sosial dan chatting, 20% mendengarkan musik, 10% bermain game, 10% membaca berita dengan browser Chrome, dan 10% standby) ponsel ini rata-rata dapat bertahan hingga 14 jam (jam 6 pagi lepas charger, jam 7 malam sisa 20%). Menurut penulis daya tahan tersebut cukup baik, mengingat ponsel ini hanya ditunjang dengan baterai Lithium-Polymer sebesar 2070 mAh. Jika saja Asus memberikan baterai dengan kapasitas lebih besar, maka daya tahan baterainya pun bisa lebih jempolan.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Sisa internal storage Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG pada saat pertama kali dinyalakan.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
Sisa memory RAM Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG pada saat pertama kali dinyalakan.
Dengan mahar tidak lebih dari 2 juta rupiah, penulis puas dengan kinerja yang diberikan oleh Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG. Secara keseluruhan, ponsel dengan laser autofocus ini memberikan performa yang dapat diandalkan sehari-hari. Namun tak ada gading yang tak retak, termasuk ponsel ini. Jaringan 4G yang saat ini sedang digembar-gemborkan oleh para operator seluler tidak dapat dinikmati pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG karena belum mendukung jaringan 4G LTE. Sehingga Anda harus puas dengan jaringan 3G HSPA+. Meskipun saat ini sebenarnya hal ini bukan sebuah masalah yang besar, sebab jaringan 4G-nya pun belum merata. Baru pengguna di kota-kota besar saja yang dapat menikmati kecepatan LTE, itupun tidak di semua daerah. Meski demikian, dukungan 3G HSPA+ yang ada pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG menawarkan kecepatan download/upload hingga 42 Mbps /5,76 Mbps juga sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan online Anda. Jika Anda tidak mempermasalahkan hal tersebut, Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG dapat menjadi salah satu incaran terbaik Anda. Dukungan dual-SIM dengan jaringan 3G HSPA+, layar 5 inchi dengan resolusi HD, prosesor quad-core dengan RAM 2 GB, serta kamera belakang dengan laser autofocus membuat ponsel ini penulis rekomendasikan untuk Anda yang mencari ponsel dengan budget di kisaran 1,9 juta rupiah.


Komentar

  1. keren nih gan, walau belum 4G LTE yang kagak ngaruh banged kalau kita traveling ke daerah2....thanks review nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau yg 4G bisa tunggu ZE500KL atau ZE601KL gan :D

      Hapus
  2. Salam gan,,mau tanya nih
    Kamera belakang hp ini kalau malam emang banyak semutnya kah?
    saya malam-malam lagi jalan sama keluarga ke alun2,,,trus foto2 gitu,,,anehnya kamera belakang kalau malam banyak noise nya,,,dan hasil foto kalau di zoom pecah,,emang begitukah karakteristiknya


    beda sama kamera depannya, bagus banget walau malam hari, mohon tanggapannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karakter digital camera kan emang gitu, om
      Cahaya yg mengenai sensor akan diubah menjadi sinyal RGB (Red-Green-Blue). Kombinasi nilai RGB ini selanjutnya jadi bermacam2 warna, sebagai contoh: kuning berasal dari kombinasi merah dan hijau, ungu berasal dari kombinasi merah dan biru

      Nah, jika cahaya yg mengenai sensor ini nilainya kurang (dg kata lain gelap), maka akan terlihat bintik2 Red-Green-Blue. Gejala ini kemudian dikenal sebagai "noise"

      ---teorinya sih gitu--

      Hasil foto ga mau keliatan "noise"?
      1. Beli kamera digital seharga 30jt, meskipun ga 100% bebas "noise"
      2. Pake kamera seluloid :D

      Hapus
    2. Terima kasih Mazter Irwan atas jawabannya :)

      untuk Wildan Apache, mungkin bisa dicoba dengan mematikan fitur Auto Optimalizationnya. Biasanya Asus Camera memang ngebug di bagian itu.

      Hapus
  3. Misi om ,, untuk masalah Daya nya gimana? Tergolong Hemat/Boros kah Hp ini untuk di pemakaian Normal..
    Oia kalo gak salah untuk yang type ze500KG Dayanya di 2070, Bener segitu om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemakaian dayanya menurut saya tergolong standar sih, dibilang hemat nggak, boros juga nggak.

      Cabut charger jam 6 pagi, saya charge kembali jam 3 sore (posisi baterai 40%)

      Hapus
  4. Oia untuk masalah Display nya ane review di beberapa site masih simpang siur ada yang bilang sudah IPS ada yang bilang masih TFT ...yang bener yang mana om ?
    Untuk selisih harga dari type ZE500KG ke ZE500KL berapaan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah IPS kok, sudah saya tanyakan ke Asusnya langsung :)

      selisih harga belum tahu, karena ZE500KL baru launching pertengahan bulan ini. namun tebakan saya kemungkinan berbeda lebih kurang 500 ribu.

      Hapus
  5. Om dapet ni Hp di harga berapa waktu beli,, yg Internal berapa?

    BalasHapus
  6. Apakah Baterai bisa dilepas tanpa buka baut? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterainya bersifat removable, bisa dicopot-pasang tanpa harus membuka baut :)

      Hapus
  7. Apakah bisa videocall tanpa perlu pakai aplikasi (line, skype, dll) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang tahu karena belum pernah mencobanya, namun selama ini saya memegang beberapa merek sih jarang ada yang bisa videocall tanpa aplikasi.

      Hapus
  8. Asus ini sebenarnya ada headset bawaan tidak ya?kok aku beli gak ada ?��

    BalasHapus
  9. keren front camera nya jernih

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. mas kalau pengambilan video dari front camera gimana hasilnya ?? pecah gag ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa saja, namun memang tidak sebagus kamera belakangnya.

      Hapus
  12. Maaf gan, seri ZE500KG, ada fitur super resolution gag gan di kamera ny?,
    Tks

    BalasHapus
  13. Gan, di fitur kamera asus ini, apa ada super resolution gag ya? Tks

    BalasHapus
  14. Maaf gan, seri ZE500KG, ada fitur super resolution gag gan di kamera ny?,
    Tks

    BalasHapus
  15. Om seri ZE500KL dijual di mana ya,di kota saya saya cari kok gak ada,adanya yg ZE500KG .... atau memang tidak dijual di Indonesia yg seri KL ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat saya Asus meluncurkan juga ZE500KL pada pagelaran Zenfestival November kemarin...Namun saya kurang tahu peredaran barangnya sudah ada di pasar atau belum untuk garansi resmi.

      Untuk garansi distributornya, di Tokopedia saya cek sudah banyak yang jual: https://www.tokopedia.com/catalog/50380/asus-zenfone-2-laser-ze500kl-13mp

      Hapus
    2. oo bgitu ya ...HPnya gampang panas gak Om ?

      Hapus
  16. Mas, di zenfone seri ini apakah ada fitur super resolution di kameranya mas.
    Tks

    Replay

    BalasHapus
  17. mas, zenfone seri ini bisa tdk main game hd sprt gangstar rio, modern combat 5, dan NOVA 3.....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas sy mau tanya untuk tempat microSDnx disblh mana yaa...

      Hapus
  18. mas,saya baru beli tipe ini.. kok susah banget sih lepas baterainya ? apa punya nya juga kayak gini ?

    BalasHapus
  19. Cara nyalain led notif nya gmna??

    BalasHapus
  20. Cara nyalain led notif nya gmna??

    BalasHapus
  21. Zenfone 2 laser ini ada sensor tangan gak saat foto selfie ?

    BalasHapus
  22. Zenfone 2 laser ini ada sensor tangan gak saat foto selfie ?

    BalasHapus
  23. Ane pake ze500kg g bisa install coc ya

    BalasHapus
  24. Kenapa ga bisa main game cocok zenfone2 ze 500kl

    BalasHapus
  25. Gan, asus ini ga bisa pasanag app clone ya ?

    BalasHapus
  26. Mas saya mau tanya,tempat slot microSDnya di sblh mana yaa..

    BalasHapus
  27. mas sy mau tnya slot microSDnya sblh mana...

    BalasHapus
  28. mas sy mau tanya utk tempat microSDnx disblh mana..

    BalasHapus
  29. Apakah cepat panas seperti zenfone 4,5 dan 6?

    BalasHapus
  30. Apakah cepet panas kayak zenfone 4,5,6?

    BalasHapus
  31. Gan kog asus zenfone 2 laser saya kalau dalam keadaan menyala tidak bisa di cas malah sebaliknya dlm keadaan mati atau dayanya saya matikan baru bisa di cas

    BalasHapus
  32. Gan kog zenfone 2 laser saya tidak mau di cas saat dalam keadaan menyala malah sebaliknya jika daya di matikan baru bisa dicas

    BalasHapus
  33. Saya beli ze500kl ada headsetnya,terus baterainya juga jauh lebih awet dari ze500kg,tapi qo cargernya colokannya gepeng yah om ? Jadi harus beli sambungannya,buat maen game hd memang panas, tapi ngga ngehang walaupun sampai baterai habis,pokoknya ze500kl mantap lah.
    O iyah saya sudah pakai 6 bulan
    Dan Masi mantap:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Hendra,

      Sepertinya ZE500KL milik agan adalah produk garansi distributor (barang luar), sehingga agan menemui charger tipe gepeng.

      Hapus
  34. Sensor belakang buat apa

    BalasHapus
  35. om sya mau nanya ko punya saya asus ze500kg ko pnyimpanan internal nyah hyang 8gb . yg bnr 16 gb apa 8gb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dua varian untuk ZE500KG, unit yang saya review ini yang 16 GB. Sepertinya Anda membeli varian 8 GB.

      Hapus
  36. om saya mau nanya sya pnya hp asus ze500kg ko internalnya cuma 8gb . yng bnr yng mna om yg 8gb apah 16gb

    BalasHapus
  37. Mas mw nanya . . . cara menjalankan aplikasi bbm,line, w.a bagaimana saat ngegame berlangsung ...?

    BalasHapus
  38. Mas mw nanya . . . cara menjalankan aplikasi bbm,line, w.a bagaimana saat ngegame berlangsung ...?

    BalasHapus
  39. Saya sekali2nya pernah lupa carger sampe bnr2 mati sendiri. Dan pas mau carger (saya selalu mencarger dlm keadaan hp mati) kok malah ga keisi ya? Malah bunyi getaran yg trs menerus
    Jd sampai skrg saya klo nyarger dlm keadaan hp hidup. Solusinya gmn ya biar bs carger lg dlm keadaan mati? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa negchargenya harus dalam keadaan mati? Saya kira tidak menjadi masalah kalau ngecharge dalam keadaan hidup saja.

      Perlu diketahui, haram hukumnya membiarkan baterai Li-Ion/Li-Poly yang saat ini digunakan pada smartphone hingga habis.

      Hapus
  40. Siang agan AskarJuara. , saya mau tanya gan. Kenapa ya hp Zenfone 2 laser ane tidak dapat ngecas disaat posisi sedang menyala. , sedangkan disaat posisi mati hp ane baru bisa mengisi baterai. . Mohon gan pencerahan'a. .

    BalasHapus
  41. Gan ane mau tanya kok zenfone 2 laser saya tidak mau di cas saat posisi menyala. , tapi disaat posisi Off atau tidak menyala hp baru mengisi baterai. . Mohon pencerahan'a gan. .

    BalasHapus
  42. Asus zenfhone laser 2 saya nga bisa masuk mode recovery juga mode bootlop and hp saya mentok di logo asus, tolong ada solusinya ngga, trimksh

    BalasHapus
  43. Baterai asus saya cepet panas dan boros baterainya

    BalasHapus
  44. numpang tanya gan,, punya ane zenfone 2 laser ze550kg ketika sdh update firmware lalu dipake wifi restart terus,kalau pke sim internetnya enak...
    mnta solusinya master..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba main-main ke forumnya aja di Kaskus ya gan :)

      Hapus
  45. Saya beli ZE500KL kok ga ada Headset nya ya. Apakah mmg tidak ada dr pabriknya? Tp diatas td kok bisa dapat headset ya waktu beli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang ada yg dapat dan ada yg tidak, tergantung ambil dari garansi resmi/distributor.

      Hapus
  46. Kak saya punya Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL 5 inch. Baru beli kok batrenya cepet banget abis. sehari harus nyampe 2 kali charging. padahal aplikasi yang aktif cuman bbm. ada saran gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya sih tidak ada masalah ya, kecuali ada kesalahan hardware maupun software. sudah coba di factory reset dulu mba?

      jika masih terjadi, bisa komplain ke service center Asus :)

      Hapus
  47. Kenapa ya saya engga bisa unlock sinyal 4G nya gan? Tolong info nya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, untuk tipe ini memang belum mendukung jaringan 4G kan :)

      Hapus
  48. punya saya asus zenfone 2 laser 500kg dapar batre bawan li-ion 2000mah, apakah bisa di ganti dengan yang li-po ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentunya hal ini tidak memungkinkan :)

      Hapus
  49. HP asus memang bagus kameranya jernih...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Review Google Pixel XL: Masih Oke Buat 2019?