Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Android 7.0 Nougat Sudah Diluncurkan, Apa Saja Fitur Barunya?

Google baru saja meluncurkan official update sistem operasi Android terbaru, yakni Android 7.0 Nougat. Pemuktahiran tersebut telah tersedia untuk beberapa perangkat Nexus, seperti Huawei Nexus 6P, LG Nexus 5X, Motorola Nexus 6, HTC Nexus 9, Asus Nexus Player, Google Pixel C, dan General Mobile 4G. Ponsel pintar terbaru dari LG, yakni LG V20, akan menjadi ponsel yang menggunakan Nougat secara out of the box.

nougat
android.googleblog.com

Dilansir dari laman blog Android, ada sekitar 250 fitur baru yang ditanamkan pada Android 7.0 Nougat. Dari banyak fitur tersebut, ada beberapa fitur menarik yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengguna smartphone Android.


Pilihan personalitas yang lebih banyak


Android 7.0 memberikan pilihan lebih banyak kepada perangkat pengguna yang dapat diatur sesuai dengan keinginan. Pada awal Android meluncur, fitur homescreen widgets menjadi primadona. Pada Nougat, pengguna memiliki fitur personalitas yang lebih kaya, seperti:
  • Penambahan 72 emoji baru, setelah sebelumnya sudah ada lebih dari 1500 emoji tersedia di Android.
  • Kontrol pengaturan cepat yang dapat diatur sesuai selera.
  • Dukungan multi-locale pada tiap aplikasi yang lebih baik, sehingga aplikasi dapat memberikan konten sesuai dengan pengaturan lokal pengguna.


Penunjang produktivitas yang lebih baik


Untuk pengguna Android yang menggunakan perangkatnya untuk bekerja, ada banyak fitur baru yang mungkin dapat membantu Anda lebih mudah mengerjakan pekerjaaan. Beberapa fitur tersebut antara lain:
  • Hadirnya fitur multi-window yang memungkinkan pengguna menjalankan dua aplikasi sekaligus secara berdampingan. Laman aplikasipun dapat diubah ukurannya sesuai dengan keinginan. Sebelumnya fitur ini hanya hadir di ponsel dari produsen tertentu saja.
  • Lebih mudah menjawab notifikasi dengan direct reply, pengguna tidak perlu membuka aplikasi untuk menjawab pesan.
  • Fitur quick switch yang membantu pengguna untuk berpindah aplikasi ke sebelumnya hanya dengan double tap pada tombol Overview.


Manajemen daya yang lebih pintar


Dimulai dari perilisan Marshmallow, tim developer Android telah membuat manajemen daya untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Android menjadi lebih baik. Fitur Doze yang telah hadir sebelumnya mendapatkan pemuktahiran. Ketika pengguna sedang berada di dalam perjalanan dan perangkat sedang disimpan di dalam saku ataupun tas dalam mode Doze, perangkat tersebut akan memakan daya baterai lebih sedikit.


Hiburan yang lebih menyenangkan


Pada Android 7.0 Nougat kali ini, Google menghadirkan dukungan VulkanTM, yakni sebuah API 3D rendering yang lebih canggih. Dengan hadirnya VulkanTM, pada developer games dapat menghadirkan permainan dengan grafik yang lebih muktahir dengan memanfaatkan performa tinggi dari prosesor dan GPU multi-core yang tertanam pada ponsel pintar masa kini.

Selain VulkanTM, fitur Daydream juga melengkapi hiburan berupa virtual reality pada smartphone Android saat ini. Jika ponsel Anda sudah bertitel "Daydream ready", maka bersiap-siaplah menikmati pengalaman virtual reality yang lebih memukau lengkap dengan headset dan controllers-nya.


Keamanan perangkat yang lebih baik


Android dibuat dengan lapisan keamanan dan enkripsi yang kuat untuk bisa mengamankan data pengguna. Untuk perangkat baru yang akan diluncurkan pada musim gugur nanti, akan ada beberapa fitur keamanan tambahan, seperti:
  • Perangkat Android baru yang hadir dengan Nougat dapat melakukan update perangkat lunak yang bejalan di background. Fitur yang dinamakan seamless updates ini membuat pengguna tidak perlu menunggu ketika perangkat yang digunakan sedang melakukan update dan optimasi semua aplikasi pada saat update dipasang. Untuk pengguna perangkat Nexus, update perangkat lunak akan terpasang lebih cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu pada saat perangkat melakukan reboot.
  • Android Nougat juga membawa fitur enkripsi file-based yang memungkinkan perangkat dapat mengamankan file dan data pengguna lebih baik.
  • Fitur direct boot dapat membuat perangkat Android Anda menyala lebih cepat dan aplikasi dapat berjalan aman sebelum Anda membuka perangkat pada saat perangkat reboot.

Selain fitur-fitur yang disebutkan di atas, beberapa fitur keamanan baru di Android 7.0 Nougat juga ditambahkan pada para pengguna yang menggunakan Android for Work.


Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.