Skip to main content

Review Realme 2 Pro: Paket Lengkap Harga Hemat!

Setelah sukses di India, Realme akhirnya mulai melakukan penetrasi di pasar Indonesia. Hal ini ditandai dengan rilisnya tiga jagoan mereka, yakni Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1. Masing-masing dari tipe tersebut sudah siap berjibaku melawan kompetitor yang cukup agresif di tanah air. Berada di kelas menengah, Realme 2 Pro membawa amunisi yang begitu menarik bagi para pecinta gadget dari Sabang hingga Merauke. Sebut saja: chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE, konfigurasi RAM + internal raksasa 8 + 128 GB, kamera belakang ganda dengan fitur AI, hingga layar full view dengan resolusi full HD+ yang cantik dengan notch berbentuk waterdrop. Seperti apakah pengalaman penulis menggunakan smartphone ini?

Review Asus Vivobook Max X441S: Laptop Mahasiswa dengan Harga Terjangkau

Notebook atau yang masih biasa disebut laptop merupakan salah satu gadget populer yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Sebab, masih banyak aktivitas yang saat ini belum bisa diakomodir oleh ponsel maupun tablet. Pelajar maupun mahasiswa adalah salah satu golongan masyarakat yang membutuhkan gadget ini. Selain digunakan sebagai alat pencari bahan pelajaran maupun untuk mengerjakan tugas, laptop bagi mahasiswa juga befungsi sebagai perangkat multimedia serba bisa.

asus vivobook max x441s

Asus Vivobook Max X441S merupakan salah satu line up notebook terbaru dari Asus. Ditujukan untuk para pelajar dan mahasiswa, laptop ini memiliki desain yang cukup menarik dengan spesifikasi hardware kelas pemula dan tentunya banderol harga yang sangat terjangkau. Mari kita lihat spesifikasi lengkap X441S di bawah ini.

Prosesor
Intel Celeron N3060 Dual Core
Memory RAM
2 GB DDR3L
Storage
500 GB HDD
Layar
14 inci dengan resolusi 1366 x 768
Sistem Operasi
DOS
Optical Drive
DVD-RW
Konektivitas
USB 3.1 Type-C, Wi-Fi

Sekilas, memang spesifikasinya bisa dibilang tidak terlalu menarik. Hal ini lazim mengingat banderol harganya yang bisa dibilang sangat terjangkau. Namun pada laptop terjangkau ini, Anda dapat menemukan sebuah konektivitas USB 3.1 Type-C, sebuah port yang masih cukup langka ditemukan pada laptop terjangkau merk lainnya.

Jika melirik pada bodi fisiknya, X441S memiliki bodi plastik dengan bentuk yang cukup stylish. Keyboard-nya hadir dalam model chiclet dengan tingkat kenyamanan yang cukup pada saat digunakan untuk mengetik. Untuk touchpad-nya sendiri, tidak ada yang spesial. Akurasinya menurut penulis masih agak kurang dan kurang nyaman untuk digunakan. Tentunya hal ini tidak menjadi masalah besar untuk orang yang lebih menyukai menggunakan mouse seperti penulis.

asus vivobook max x441s
Keyboard dengan desain chiclet.


asus vivobook max x441s
Cukup nyaman digunakan untuk mengetik.

asus vivobook max x441s
Touchpad-nya biasa saja.

Kelengkapan konektivitas menjadi salah satu nilai plus yang ada pada X441S. Bisa dilihat pada gambar di bawah, sisi kiri dari laptop ini memiliki beberapa port, yakni (kiri ke kanan): 1x power, 1x RJ-45/LAN, 1x RGB, 1x USB Type-C, 1x HDMI, 2x USB 3.0, dan 1x 3,5 mm jack. Pada sisi kanannya, Anda akan menjumpai sebuah Kensington lock dan DVD-RW.

asus vivobook max x441s
Sisi kiri Asus Vivobook Max X441S.

Sisi kanan Asus Vivobook Max X441S.

Lalu, bagaimana dengan performa dari Asus Vivobook Max X441S ini? Dengan spesifikasi yang masuk ke dalam entry-level, laptop ini cukup gegas ketika digunakan untuk browsing menggunakan Chrome dengan jumlah tab yang wajar (3-5 tabs), mengoperasikan Microsoft Office, serta menonton film Full HD dengan format mkv berukuran 1 - 2 GB menggunakan PotPlayer. Meskipun terkadang laptop ini sedikit tersendat ketika melakukan multitasking, yang bisa dibilang wajar sebab RAM yang tertanam di unit uji coba penulis hanya 2 GB saja. Jika Anda memiliki budget lebih, penulis menyarankan untuk menambahkan RAM tersebut menjadi 4 GB.

Bagaimana untuk kemampuan gaming-nya? Lagi-lagi karena spesifikasi X441S masuk ke dalam kelas bawah, kita tidak bisa berharap banyak. Penulis mencoba untuk menjalankan Counter Strike: Global Offensive, DOTA 2, Torchlight 2, dan PES 2017, tidak ada yang bisa berjalan mulus pada laptop ini. Namun ketika penulis mencoba game "jadul" seperti Age of Empires II, Age of Mythology, dan Command & Conquer: Generals, semua berjalan dengan lancar.

Berikut adalah beberapa benchmark yang penulis lakukan pada X441S.

benchmark asus vivobook max x441s
Info mengenai prosesor dan chipset yang digunakan oleh X441S.

benchmark asus vivobook max x441s
Info mengenai RAM pada X441S.

benchmark asus vivobook max x441s
Onboard GPU yang digunakan oleh X441S.
benchmark asus vivobook max x441s
Hasil 3DMark Ice Storm.

benchmark asus vivobook max x441s
Hasil 3DMark Cloud Gate.

benchmark asus vivobook max x441s
Hasil 3DMark Sky Diver.

benchmark asus vivobook max x441s
Hasil 3DMark Fire Strike.
benchmark asus vivobook max x441s
Kecepatan baca dan tulis dari harddisk Asus Vivobook Max X441S.

Fitur hiburan untuk mendengarkan musik dan menonton film adalah keunggulan lainnya yang bisa kita temukan pada X441S. Hal ini ditunjang oleh speaker-nya yang mengadopsi Sonic Master. Suara yang dihasilkan oleh speaker tersebut bisa dibilang lebih baik dibandingkan dengan speaker laptop lainnya pada rentang harga yang sama. Penulis mencoba untuk menikmati musik dan film seri favorit via Spotify dan Netflix. Hasilnya, suara yang dihasilkan oleh speaker X441S ini cukup memuaskan. Suara vokal dan instrumen cukup terdengar jelas, bass-nya pun cukup enak didengar. Layarnya pun cukup jernih dan nyaman untuk dilihat, sehingga ketika kita menonton film ataupun film seri dalam jangka waktu yang panjang, mata kita tidak akan cepat lelah.

Suhu dan daya tahan baterai merupakan salah satu pertimbangan ketika ingin membeli laptop. Bagaimana dengan Asus Vivobook Max X441S? Suhu laptop ketika sedang idle atau melakukan pekerjaan ringan seperti mengolah dokumen di Microsoft Office, browsing internet, ataupun melakukan panggilan video dengan Skype, sekitar 40-50 derajat celcius. Sedangkan jika laptop digunakan untuk pekerjaan haus daya seperti bermain games atau menonton film, suhu bisa mencapai 60-70 derajat celcius. Menurut penulis suhu tersebut masih dalam batas normal. Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Laptop ini dapat bertahan hingga 2 jam untuk pemakaian ringan, sedangkan untuk pemakaian berat baterainya dapat bertahan hanya 1,5 jam saja.

Asus Vivobook Max X441S merupakan salah satu laptop entry-level yang direkomendasikan untuk Anda di awal tahun 2017 ini. Datang dengan spesifikasi yang bisa dibilang lumayan dengan model yang cukup stylish, laptop ini cocok untuk digunakan untuk pengguna pemula seperti pelajar, mahasiswa, maupun ibu rumah tangga. Asus memberikan banderol harga resmi Rp 3.499.000 untuk versi RAM 2 GB dan tanpa sistem operasi. Jika Anda memiliki budget lebih, sebaiknya Anda mengambil lebih tinggi, yakni versi RAM 4 GB dan sudah dilengkapi Windows 10 dengan banderol harga resmi Rp 3.899.000  Harga tersebut bisa berbeda-beda pada tiap toko. Biasanya, Anda dapat membeli secara online dengan harga lebih murah dibandingkan Anda membeli secara langsung di toko biasa. Namun ketika Anda beli dimanapun itu, pastikan produk yang Anda beli bergaransi resmi Asus yang di cover selama 2 tahun secara global.

Comments

  1. Benar² cocok untuk pelajar/mahasiswa nih.. Muyah!! Under 4 jutaan.. Beratnya gimana?? Bikin pegel nggak kalo dibawa ke mana-mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi banget. oia beratnya lupa dibahas, bisa dibilang cukup ringan sih laptop ini. nggak berasa lah kalau dibawa menggunakan tas laptop yang berkualitas :)

      Delete
    2. Mau nanya bang, laptop ini bisa gak dipake buat program? Kayak vb, php, netbeans, c++, dll?

      Delete
    3. Bisa aja sih, tapi jangan berharap performa mulus ya. You get what you paid :)

      Delete
    4. Kalau menurut sy sih berat, kisaran <2kg, di 1,7-1,9kg, kalau bwt dbawa mobilitas ky ny gk pas deh, kcuali mahasiswa/pelajar yg tujuan ny satu-dua arah, msh oke. Tp buat tipe jalan2, berat. Ringan ini soalnya relatif, kalau ud biasa bawa berat, psti blg ringan, yg ud biasa bawa gadget ringan psti blg ni berat.

      Delete
  2. bang kalo dipake adobe premiere, photoshop dan semacamnya gimana bang performanya ya? ada lagging atau tidak? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aplikasi seperti itu sepertinya sih kurang memadai ya :)

      Delete
  3. Perbedaan nya sama X441SA apa ya gan?

    ReplyDelete
  4. perbedaan laptop acer es1-432 dengan asus x441sa dalam segi performance nya,atau dalam segi ketahanannya mas?? soalnya ane bandingkan asus x 441sa dengan acer es1-432 dalam proses menshutdown asus x441sa proses mesinnya mati total lama banget,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau dibandingkan dengan acer tipe tersebut saya kurang tahu karena belum coba pakai. namun jika melihat hanya dari tabel spesifikasinya, acer es1-432 memang lebih unggul ya :)

      Delete
  5. gue baru instalin laptop ini punya saudara, laptop ini harus hemat2 reasourcenya, kaya microsoft office mending jangan instal semua instal 2 atau 3 aplikasinya aja, karena resource laptop ini minim :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, langkah paling mudah adalah menambahkan RAM nya menjadi 4GB untuk dapat merasakan peningkatan performa.

      Delete
  6. Gimana sih memperbaiki batery saver nya karena kadang bisa dan kadang gak bisa,itu emang karena laptopnya atau emang batery nya yg mesti diganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah yang dimaksud di sini battery saver bawaan Windows?

      Delete
  7. Mas tanya,kmrn aq br beli laptop ini(nyari yg sesuai bugdet soalnga. :-D ). Dipake kok kyk agak lambat gt ya.br nyala,agak lama nunggunya,terus pas pas mengoperasikan word sama ppt,agak lelet beberapa detik juga pas mau nambah2 simbol atau gbr. Apa memang bgt ya mas kalo sesuai spesifikasiya? Makasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sesuai dengan saran saya pada ulasan di atas, laptop ini hanya dilengkapi dengan RAM sebesar 2GB yang bisa dibilang kurang mumpuni untuk penggunaan software masa kini. Kamu bisa menambahkan RAM hingga 4GB agar performanya bertambah lebih gegas :)

      Delete
  8. Cara untuk menambah ram jadi 4gb gmna ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sudah dijawab di media lainnya ya :)

      Delete
  9. apakah bisa di instal ulang dengan windows 8.1?

    ReplyDelete
  10. kalau sudah Windows 10, kenapa harus mundur ke 8.1?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.