Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Huawei P10 dan P10 Plus: Penerus Flagship dengan Dual Camera Leica dan Pilihan Warna Beragam

Huawei berusaha menjadi salah satu pionir di dunia smartphone belakangan ini. Setelah mengeluarkan P9 dan Mate 9 dengan dual camera Leica dan chipset terbaik rancangan mereka sendiri, di awal tahun 2017 ini mereka sudah siap meluncurkan generasi penerus yang datang dengan spesifikasi yang lebih baik. Huawei P10 dan P10 Plus merupakan sebuah ponsel pintar flagship yang baru saja diluncurkan pada pagelaran MWC 2017 di Barcelona belum lama ini. Datang dengan sejumlah pemuktahiran pada sektor kamera dan dapur pacu, kedua ponsel ini siap meramaikan pasar di kelas atas.

huawei p10 plus

Huawei P10 adalah "adik kecil" dari kakaknya seri Plus. Datang degan ukuran layar 5,1 inci, ponsel ini masih masuk ke dalam kategori mudah untuk dimasukkan ke dalam saku. Layar tersebut memiliki resolusi sebesar 1.080 x 1.920 berjenis IPS LCD. Tidak seperti kebanyakan smartphone saat ini yang gemar mempopulerkan curved screen, P10 masih menggunakan flat screen biasa. Tentunya hal ini tidak mempengaruhi peforma dari P10, bahkan beberapa orang akan lebih senang karena mereka bisa menempelkan screen guard lebih mudah.

Dapur pacu yang dimiliki oleh P10 naik kelas dari P9 sebelumnya. Menggunakan chipset Kirin 960 yang juga terdapat pada Mate 9, yang terdiri atas prosesor octa-core (quad-core 2,4 GHz, dan quad-core 1,8 GHz), pengolah grafis Mali G71 MP8 dengan Vulkan API, RAM sebesar 4 GB, internal storage seluas 64 GB, serta dukungan external storage berjenis microSD yang mendukung kapasitas hingga 256 GB. Dengan spesifikasi seperti itu, smartphone ini tidak akan mengalami kendala ketika digunakan untuk keperluan apapun. Baterai berdaya 3.200 mAh siap menemani penggunanya seharian. Jikalau daya baterai menipis, pengguna juga disuguhkan pengisian daya cepat dengan teknologi SuperCharge.

Kamera kembali menjadi nilai jual utama pada Huawei P10. Bekerjasama dengan Leica, smartphone ini membawa dua buah kamera belakang dengan lensa Summarit 28 mm dan aperture f/2.2. Konfigurasi kedua kamera tersebut terdiri atas satu kamera 20 megapiksel untuk menangkap gambar monokrom dan satu kamera 12 megapiksel untuk menangkap gambar berwarna. Dengan konfigurasi tersebut, foto yang dihasil oleh P10 diharapkan akan menjadi lebih baik dengan detail yang lebih tajam dan warna yang lebih akurat. Ponsel ini juga dibekali oleh kamera depan 8 megapiksel yang juga menggunakan optik dan sensor dari Leica.

Spesifikasi lengkap mengenai ponsel ini bisa Anda lihat di bawah ini.

Layar
5,1 inci dengan resolusi 1.080 x 1.920, IPS-NEO LCD, Gorilla Glass 5
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
69,3 x 145,3 x 7 mm, 145 g
Prosesor
HiSilicon Kirin 960 Octa-core (4 x 2,4 GHz Cortex-A73 dan 4 x 1,8 GHz Cortex-A53)
GPU
Mali-G71 MP8
RAM
4 GB
Internal Storage
32/64 GB
External Storage
microSD hingga 256 GB
Kamera Belakang
Dual 20 megapiksel + 12 megapiksel, aperture f/2.2, OIS, optik Leica, phase detection autofocus, dual-LED flash
Kamera Depan
8 megapiksel dengan aperture f/1.9
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi, Bluetooth v4.2, GPS + GLONASS + BDS + GALILEO, USB Type-C 1.0
Baterai
Li-Ion 3.200 mAh
Sistem Operasi
Android 7.0 EMUI 5.1

Beralih ke kakaknya, yakni Huawei P10 Plus. Ponsel ini membawa spesifikasi yang cukup mirip dengan beberapa ubahan yang lebih baik. Misalnya, ukuran layar lebih besar yakni 5,5 inci dengan resolusi 1.440 x 2.560. Selain itu, smartphone ini juga memiliki chipset yang sama dengan P10, namun dengan konfigurasi yang sedikit berbeda. P10 Plus dilengkapi dengan RAM sebesar 6 GB dan internal storage yang sangat lapang, yakni 128 GB. Baterainya pun memiliki daya yang lebih besar, yakni 3.750 mAh dan juga dilengkapi dengan teknologi SuperCharger.

Pada sektor kamera, P10 Plus juga membawa konfigurasi kamera yang sama. Hanya ada satu perbedaan yang terletak pada aperture kamera belakangnya, di mana P10 memiliki aperture f/2.2 sedangkan seri Plus memiliki aperture f/1.8. Satu hal yang cukup menarik, pada ponsel ini (dan juga P10) terdapat modus pengambilan gambar terbaru, yakni modus Potrait. Modus tersebut memungkinkan pengguna mengambil foto dengan efek pseudo-bokeh pada latar belakang.

Spesifikasi lengkap mengenai ponsel ini bisa Anda lihat di bawah ini.


Layar
5,5 inci dengan resolusi 1.440 x 2.560, IPS-NEO LCD, Gorilla Glass 5
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
74,2 x 153,5 x 7 mm, 165 g
Prosesor
HiSilicon Kirin 960 Octa-core (4 x 2,4 GHz Cortex-A73 dan 4 x 1,8 GHz Cortex-A53)
GPU
Mali-G71 MP8
RAM
4/6 GB
Internal Storage
64/128 GB
External Storage
microSD hingga 256 GB
Kamera Belakang
Dual 20 megapiksel + 12 megapiksel, aperture f/1.8, OIS, optik Leica, phase detection autofocusdual-LED flash
Kamera Depan
8 megapiksel dengan aperture f/1.9
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi, Bluetooth v4.2, GPS + GLONASS + BDS + GALILEO, USB Type-C 1.0
Baterai
Li-Ion 3.750 mAh
Sistem Operasi
Android 7.0 EMUI 5.1

Baik Huawei P10 maupun P10 Plus memiliki beragam pilihan warna, antara lain Ceramic White, Dazzling Blue, Dazzling Gold, Graphite Black, Mystic Silver, Rose Gold, dan Greenery. Belum diketahui berapa banderol harga yang ditetapkan oleh Huawei untuk kedua perangkat tersebut.


via pocket-lint.com

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.