Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Nokia 3 dan 5 Diluncurkan, Siap Meramaikan Pasar Ponsel Android

Nokia is back! Pabrikan ponsel melegenda tersebut kembali menunjukkan taringnya setelah sebelumnya meluncurkan Nokia 6 di Tiongkok. Tidak lama setelah itu, mereka meluncurkan dua produk lainnya yang siap menggebrak pasar ponsel Android global. Nokia 3 dan 5 ditujukan untuk para pengguna perangkat Android kelas pemula hingga menengah. Hadir dengan spesifikasi yang cukup menarik serta keinginan untuk mengisi rasa kangen masyarakat terhadap merk asal Finlandia ini, bisakah Nokia membawa kejayaan mereka di masa lampau untuk bersaing di dunia ponsel pintar saat ini?

nokia 3

Nokia 3 merupakan sebuah ponsel kelas pemula yang memiliki desain mirip dengan seri Lumia. Bodinya memiliki rangka aluminium yang dibalut dengan polikarbonat. Layarnya berukuran 5 inci dengan resolusi 720 x 1280 yang dilapisi oleh polarizing filter dan lapisan pelindung Gorilla Glass. Selain itu, layar tersebut juga mampu menampilkan kemampuan brightness hingga 450 nits. Untuk jeroannya sendiri, smartphone ini akan ditunjang oleh chipset buatan MediaTek dengan prosesor quad-core. RAM sebesar 2 GB dan internal storage seluas 16 GB bisa ditemukan di ponsel pintar ini.

Pada sektor kamera, Nokia 3 diperkuat oleh kamera belakang 8 megapiksel dengan aperture f/2.0 dan piksel berukuran 1.12µm. Kamera tersebut dilengkapi oleh sebuah LED flash dan pengguna juga bisa mengunggah langsung foto yang diambil ke Google Drive. Untuk kamera depan, pengguna dimanjakan dengan sebuah kamera beresolusi 8 megapiksel.

Jika Anda penggemar sistem operasi Android versi vanila, maka Anda patut berbahagia. Sebab, Nokia 3 akan menggunakan sistem operasi Android 7.1 Nougat tanpa ada ubahan berarti dalam antarmukanya. Sehingga, Anda dapat menikmati smartphone ini layaknya ponsel Android seri Nexus ataupun Pixel.

Spesifikasi lengkap mengenai ponsel ini bisa Anda lihat di bawah ini.

Layar
5 inci dengan resolusi 720 x 1280, Gorilla Glass
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
71,4 x 143,4 x 8,5 mm, bobot tidak diketahui
Prosesor
MediaTek MT6737 Quad-core 1,4 Ghz Cortex-A53
GPU
Mali-T720MP2
RAM
2 GB
Internal Storage
16 GB
External Storage
microSD hingga 256 GB
Kamera Belakang
8 megapiksel dengan LED flash, autofocusaperture f/2.0.
Kamera Depan
8 megapiksel dengan autofocus dan aperture f/2.0.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi, Bluetooth, GPS, FM Radio, microUSB v2.0, USB On-The-Go.
Baterai
Li-Ion 2.650 mAh
Sistem Operasi
Android 7.1

nokia 5


Nokia 5 sendiri ditujukan sebagai ponsel kelas menengah dan memiliki sepsifikasi lebih baik dibandingkan dengan seri 3. Menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 430 yang ditemani oleh RAM sebesar 2 GB dan internal storage seluas 16 GB. Sama seperti seri 3, ponsel ini juga menggunakan sistem operasi Android 7.1 Nougat tanpa ada ubahan berarti dalam antarmukanya.

Untuk sektor kamera, Nokia 5 diperkuat oleh kamera utama 13 megapiksel dengan aperture f/2.0, ukuran piksel 1.12µm, phase detection autofocus, dan dual-tone flash. Sedangkan untuk kamera depannya dilengkapi oleh kamera 8 megapiksel yang mampu menangkap gambar seluas 84 derajat, sama seperti yang terdapat pada seri 6.

Spesifikasi lengkap mengenai ponsel ini bisa Anda lihat di bawah ini.

Layar
5,2 inci dengan resolusi 720 x 1280, Gorilla Glass
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
72,5 x 149,7 x 8 mm, bobot tidak diketahui
Prosesor
Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 Octa-core 1,4 GHz Cortex-A53
GPU
Adreno 505
RAM
2 GB
Internal Storage
16 GB
External Storage
microSD hingga 256 GB
Kamera Belakang
13 megapiksel dengan aperture f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED flash.
Kamera Depan
8 megapiksel dengan aperture f/2.0.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi, Bluetooth v4.1, GPS, FM Radio, microUSB v2.0, USB On-The-Go.
Baterai
Li-Ion 3.000 mAh
Sistem Operasi
Android 7.1

Kedua smartphone ini akan mulai tersedia di pasaran pada kuartal kedua tahun 2017 ini. Nokia 3 dan 5 masing-masing akan dibanderol seharga €140 dan €190.


via gsmarena.com.

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.