Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Nokia 3310: Siap Bernostalgia dengan Ponsel Tahan Banting?

Pagelaran Mobile World Congress 2017 di Barcelona kemarin tidak hanya menghadirkan produk-produk ponsel pintar yang canggih. Ada juga beberapa perangkat yang memang ditujukan untuk mengenang kejayaan dari merk tersebut di masa lampau. Selain merilis smartphone Android seri 3, 5, dan 6, HMD Global juga menghidupkan kembali sebuah ponsel feature legendaris yang namanya seringkali muncul dalam meme di 9GAG ataupun situs lainnya. Nokia 3310 kini hadir dengan layar berwarna, desain yang lebih trendi, dan juga kemampuan untuk mengambil foto.

Gambar dari nokia.com.

Nokia 3310 adalah sebuah ponsel feature yang ditujukan untuk Anda yang hanya ingin menggunakan ponsel untuk melakukan panggilan suara dan sms. Ponsel ini tidak menggunakan sistem operasi populer seperti Android maupun iOS, hanya menggunakan sistem operasi proprietary buatan Nokia. Dengan ukuran yang cukup ringkas, yakni 115,6 x 51 x 12,8 mm serta bodi yang terbuat dari plastik, 3310 adalah ponsel yang ramah dengan kantong celana maupun kantong kemeja. Tidak diketahui konfigurasi chipset apa yang tertanam pada telepon genggam ini, namun dari informasi yang beredar, 3310 memiliki internal storage hanya seluas 16 MB. Untungnya Nokia menyediakan ruang tambahan external storage yang mendukung kartu microSD dengan kapasitas hingga 32 GB untuk menyimpan gambar maupun lagu.

Ada 4 pilihan warna yang dapat Anda pilih, yakni Warm Red, Dark Blue, Yellow, dan Grey. Meskipun sekilas bodinya tidak terlihat sekokoh 3310 versi lama, namun untuk daya tahan baterainya mungkin boleh disejajarkan. Memiliki baterai berdaya 1.200 mAh yang dapat dilepas pasang, Nokia 3310 dikatakan mampu bertahan hidup dalam kondisi stand by hingga 31 hari. Jika digunakan untuk panggilan suara, mendengarkan radio, hingga memutar lagu, ponsel ini dapat bertahan hinga 22 sampai 51 jam. Anda juga dapat melakukan browsing di internet menggunakan browser buatan Opera. Hanya saja kecepatannya dibatasi di jaringan 2G dengan dukungan GSM 900/1800 MHz dan ponsel ini tidak memiliki Wi-Fi. Hal ini patut dicatat mengingat jaringan 2G direncanakan akan dimatikan dalam kurun waktu 2-3 tahun mendatang di Indonesia.

Gambar dari nokia.com,

Pada sektor hiburan, selain dilengkapi dengan pemutar lagu dan radio FM, ponsel ini juga dilengkapi oleh game legendaris Nokia yakni Snake. Game ini masih memiliki gameplay yang sama dengan Snake versi klasik, hanya saja sekarang memiliki tampilan berwarna yang lebih modern. Tidak lupa, di ponsel ini juga terdapat sebuah kamera belakang 2 megapiksel. Hasil jepretannya mungkin tidak perlu diharapkan, namun dirasa cukup mengingat ponsel feature ini memiliki banderol harga yang cukup murah. Ya, Nokia 3310 dijual hanya 49 EUR atau sekitar Rp 700.000. Dengan harga yang terjangkau itu, apakah Anda masih ingin memiliki ponsel ini?

Spesifikasi lengkap Nokia 3310 bisa Anda lihat di bawah ini.
Layar
2,4 inci dengan resolusi 240 x 320 piksel.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
115,6 x 51 x 12,8 mm, bobot tidak diketahui.
Prosesor
Tidak diketahui.
GPU
Tidak diketahui.
RAM
Tidak diketahui,
Internal Storage
16 MB
External Storage
microSD hingga 32 GB
Kamera Belakang
2 megapiksel dengan LED flash.
Kamera Depan
Tidak ada.
Konektivitas
2G GSM 900/1800, Bluetooth v3.0, microUSB v2.0.
Baterai
Li-Ion 1.200 mAh
Sistem Operasi
Nokia OS 30+


Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.