Skip to main content

Siap-Siap! Huawei Mate 20 Series Akan Segera Hadir di Indonesia

Setelah diperkenalkan secara internasional di London pada Oktober kemarin, Huawei Mate 20 series akan segera hadir di pasar smartphone tanah air. Acara peluncurannya direncanakan akan diadakan pada 19 Desember besok. Belum diketahui secara pasti seri Mate apa saja yang akan masuk ke Indonesia, namun dari desas-desus yang beredar, Huawei rencananya akan membawa Mate 20 dan Mate 20 Pro.

Review Asus GT51 ROG: PC Desktop untuk Para Gamer Sejati!

Meskipun pamornya sudah cukup meredup beberapa tahun terakhir, PC desktop masih menjadi primadona bagi para gamers sebagai mesin bermain mereka. Dibandingkan dengan konsol, PC memiliki berbagai keunggulan. Seperti kualitas grafis dan audio yang biasanya lebih baik, opsi upgrade yang lebih mudah, hingga kemampuannya untuk digunakan berbagai keperluan selain bermain game.

gaming pc

Tidak dipungkiri, keberadaan gaming laptop memang saat ini cukup menggeser keberadaan gaming PC. Apalagi saat ini sepertinya banyak gamers yang lebih mementingkan portabilitas dibandingkan dengan raw performance dari komputer itu sendiri. Namun hal ini tidak menghilangkan niat Asus sebagai sahabat para gamers masa kini. Terbukti dengan hadirnya Asus GT51, sebuah gaming desktop yang melengkapi portofolio seri Republic of Gamers yang sudah lebih dahulu terkenal sebagai line up komputer jinjing favorit gamers Nusantara. Menawarkan power yang lebih buas dan penampilan yang gahar, akankah GT51 mampu untuk merebut hati para gamers Indonesia?

Penampilan yang gagah dan kokoh sudah menjadi ciri khas gaming PC. Hal ini juga dapat kita jumpai pada Asus GT51. Bentuknya yang cukup ganteng dengan lekukan di berbagai sisinya membuat GT51 terlihat begitu keren layaknya supercar, Pada bagian depannya terdapat sebuah logo "Republic of Gamers" yang menjadi identitas dari desktop ini. Di atas logo tersebut terdapat beberapa ports yang membuat pengguna mudah untuk menyambungkan perangkat lain ke komputer ini. Ports tersebut terdiri atas tiga buah USB 3.0 Super Speed, satu buah USB Type-C, satu buah input 3,5 mm untuk headset, dan satu buah output 3,5 mm untuk mikrofon. Tombol reset berada di sebelah kiri bagian depan, sedangkan tombol power dan sebuah blu-ray combo berada di sebelah kanan bagian depan.

gaming pc
Logo Republic of Gamers beserta tombol reset.

gaming pc
Ports yang tersedia pada bagian depan Asus GT51.

gaming pc
Tombol power dan blu-ray combo.

Sisi kiri case komputer ini memiliki sebuah side window yang memungkinkan pengguna untuk melihat 'jeroan' dari Asus GT51. Untuk sisi kanannya sendiri tidak ada sesuatu yang menarik selain dari lekukan-lekukan seksi. Pada bagian belakang, pengguna bisa menjumpai pemandangan yang lazim ditemui pada desktop PC, seperti beragam ports yang tersedia di motherboard, slot GPU, dan tentunya PSU di bagian bawah dari belakang case ini. Sayangnya, sebuah segel menutup sisi samping dari GT51 sehingga penulis tidak bisa membuka dan mengutak-ngatik isi case. Sehingga jika pengguna ingin melakukan upgrade komponen ataupun sekedar membersihkan dalamnya, pengguna harus membawanya ke service center Asus.

gaming pc
Bagian belakang Asus GT51.

gaming pc
Ports yang ada di motherboard.

gaming pc
Ports dari GPU (maaf blur).

gaming pc
PSU pada Asus GT51.

gaming pc
Segel pada sisi kiri.

gaming pc
Sisi kiri dari Asus GT51.

gaming pc
Sisi kanan dari Asus GT51.

Sebelum melanjutkan ke sesi pengujian, ada baiknya kita menyimak spesifikasi lengkap dari Asus GT51 di bawah ini.

Main Spec.
ASUS ROG GT51CH
CPU
Intel Core i7-7700K processor overclock up to 4,8 GHz
Operating System
Windows 10
Memory
16GB up to 64GB DDR4 2800MHz
Storage
3.5" 1TB HDD up to 3TB SATA III Hard Drive + 256GB SSD PCIE NVMe
SATA
6x SATA 6Gb/s
Graphics
Nvidia GTX 1080
Expansion Slot
1x PCI-e x 16, 1x mini PCI-e
Front I/O
1x Headphone, 1x Mic, 2x USB 3.0, 1x USB 3.1 Type C, 1x USB 3.1 Type A
Back I/O Port
6x USB 3.0, 2x USB 2.0, 1x PS/2 (Keyboard/Mouse), 1x RJ45 LAN, 1x S/PDIF out (Audio jack), 1x Audio Jack (Line in/Mic in/Speaker out/Headphone out/Mic/ Headphone Combo)
Card Reader
6 -in-1: SD/ SDHC/ MS/ MS Pro/ xD/ MMC
Audio
ESS Hi-Fi Audio, High Definition 7.1 Channel Audio
Weight 
27Kg
Optical Drive
Slimtray Super Multi DVD burner
Slimtray Blu-ray Combo
Dimension
10.31 x 22.99 x 23.11 inch (WxDxH)
14.96 x 27.55 x 26.77 inch (WxDxH)
LAN
10/100/1000/Gigabits Mbps
Software
Aegis II, Audio Wizard, Cloud Storage Space 100G ASUS Webstorage for 1 Year free usage, GameFirst IV, Xsplit Gamecaster
Power Supply
500W
Color
Grey
Certificates
BSMI/CB/CE/FCC/UL/CCC/Energy Star/EPEAT /CECP/RCM
MSRP
Rp38.999.000,00 (without monitor)
Warranty
2 Years Warranty

Sayangnya penulis tidak bisa memastikan merek dari beberapa produk, seperti memory RAM, hard disk, SSD, maupun PSU. Namun untuk motherboard dan GPU bisa dipastikan Asus GT51 menggunakan komponen merek Asus sendiri. Oh ya, dalam paket penjualannya gaming desktop ini juga menyertakan sebuah gaming mouse dan gaming keyboard berjenis mechanical keyboard. Sepertinya papan ketik tersebut menggunakan blue switch, karena suara dari tuts-nya cukup nyaring ketika digunakan untuk mengetik.

gaming pc

gaming pc

gaming pc

gaming pc

gaming pc

gaming periperal

gaming keyboard

gaming mouse


Pertama-tama, penulis mencoba untuk melakukan identifikasi terhadap spesifikasi dari Asus GT51. Identifikasi ini dilakukan dengan menggunakan beberapa software seperi CPU-Z dan GPU-Z. Dan berikut inilah hasilnya.

cpuz
CPU-Z dari Asus GT51.

gpuz
GPU-Z dari Asus GT51.

Setelah melakukan identifikasi, penulis mencoba untuk menjalankan beberapa aplikasi benchmark untuk mengetahui performa dari Asus GT51. Beberapa aplikasi benchmark sintetis yang penulis gunakan untuk menguji kali ini adalah Cinebench R15 dan Unigine Heaven. Sebenarnya penulis juga menguji coba dengan menggunakan 3DMark, namun karena suatu hal (screenshot file-nya hilang) jadi penulis tidak dapat melampirkan hasilnya pada review kali ini.

cinebench
Pengujian CPU benchmark dengan Cinebench R15.

cinebench
Pengujian OpenGL benchmark dengan Cinebench R15.

Konfigurasi Heaven Benchmark.

Hasil pengujian Heaven Benchmark.

Jika melihat pada hasil uji benchmark sintetis tersebut, Asus GT51 dengan prosesor Intel Core-i7 7700K dan GPU Nvidia GeForce GTX 1080 mencetak skor yang cukup fantastis. Tidak ada keraguan lagi mengenai performa dari gaming PC ini. Lalu bagaimana dengan hasil uji gaming dari komputer ini? Tenang saja, penulis sudah mencoba untuk menjalankan beberapa judul game populer. Beberapa game yang penulis diantaranya adalah Grand Theft Auto V, The Witcher 3, Total War: Shogun 2, Company of Heroes 2, dan Resident Evil 6.

gaming benchmark

gaming benchmark

gaming benchmark

gaming benchmark

Dengan konfigurasi di atas, penulis mendapatkan hasil pengujian Grand Theft Auto V sebagai berikut:

Max FPS: 271
Min FPS: 0
Average FPS: 122

gaming benchmark

gaming benchmark

gaming benchmark

gaming benchmark

Dengan konfigurasi di atas, penulis mendapatkan hasil pengujian The Witcher 3 sebagai berikut:

Max FPS: 62
Min FPS: 43
Average FPS: 59

gaming pc

Dengan konfigurasi di atas, penulis mendapatkan hasil pengujian Total War: Shogun 2 sebagai berikut:

Max FPS: 243
Min FPS: 56
Average FPS: 126

gaming benchmark

gaming benchmark

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, penulis mendapatkan hasil pengujian Company of Heroes 2 sebagai berikut:

Max FPS: 123
Min FPS: 53
Average FPS: 79

gaming pc

gaming pc

Terakhir, itulah hasil pengujian game Resident Evil 6. Maaf penulis tidak menyertakan game terbaru dari seri ini dikarenakan keterbatasan budget sehingga tidak bisa membeli game-nya. Sekedar informasi, penulis hanya menggunakan game dan software asli untuk pengujian Asus GT51 ini. Melihat dari seluruh hasil uji gaming dari gaming desktop ini, penulis sangat puas dengan performanya. Semua game yang penulis uji sanggup dimainkan tanpa lag sedikitpun dengan konfigurasi grafis tertinggi. Bahkan menurut penulis, GTX 1080 yang terpasang pada GT51 ini masih sanggup untuk memainkan game dalam resolusi QHD (2.560 x 1.440). Sayangnya penulis tidak memiliki layar monitor yang mampu menjalankan resolusi tersebut.

Sebagai tambahan, penulis juga memiliki satu hobi iseng, yakni menambang bitcoin. Bagi pembaca yang belum mengenal bitcoin, silahkan cari di Google ya untuk mengetahui informasinya. Dengan menggunakan software NiceHash Miner versi 1.7.5.10, berikut performa dari i7 7700K dan GTX 1080 yang terdapat pada Asus GT51 untuk menambang bitcoin.

bitcoin mining

Selain performa, suhu merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan ketika pengguna ingin membeli sebuah gaming desktop. Bagaimana dengan suhu dari Asus GT51 ini? Penulis telah melakukan pengajian untuk mengukur suhu secara idle maupun full load. Pengujian berikut diukur menggunakan software HWMonitor.
suhu komputer
Suhu idle Asus GT51,

suhu komputer
Suhu idle Asus GT51.

Suhu full load Asus GT51.

Suhu full load Asus GT51.

Pasti muncul pertanyaan di benak para pembaca, kenapa penulis menjalankan software NiceHash Miner ketika mengukur suhu full load? Alasannya adalah karena ketika menjalankan NiceHash, prosesor maupun GPU bekerja dengan load 100% tanpa henti secara simultan. Sehingga skenario ini penulis anggap paling cocok untuk digunakan sebagai pengukuran suhu. Jika melihat pada hasil pengukuran, Asus GT51 memiliki suhu yang tergolong baik ketika dalam status idle maupun full load. Hal ini kemungkinan dikarenakan airflow yang terdapat pada gaming desktop ini sangat bagus. Dan jika melirik pada suhu prosesornya, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa bisa 'se-adem' itu saat full load? Perlu diketahui GT51 menggunakan all in one watercooling untuk pendinginan prosesornya. Sehingga wajar jika mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan heat sink fan biasa.

Asus GT51 adalah sebuah PC desktop yang sangat cocok untuk Anda para gamer sejati. Dengan tampilan yang gahar, performa buas, serta menggunakan komponen berkualitas membuat GT51 siap menemani Anda untuk bermain games terkini dengan kualitas grafis memukau. Siapkan kocek senilai Rp 38.999.000 jika Anda berminat untuk membawa pulang GT51. Terasa mahal? Menurut penulis, harga mahal tersebut terbayarkan dengan performa buas yang diberikan oleh gaming desktop racikan Asus ini. Apalagi Anda juga akan mendapatkan garansi resmi selama dua tahun untuk pembelian GT51. Sehingga tidak perlu diragukan lagi aftersales-nya ketika sewaktu-waktu menemukan masalah pada mesin gaming Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.