Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Review Asus ZenFone Live: Cocok Untuk Para Live Broadcaster

Selain memperkenalkan Asus ZenFone Zoom S yang bisa kalian baca ulasannya di sini, Asus juga meluncurkan sebuah ponsel kelas pemula dengan banderol harga yang cukup terjangkau (kalian bisa cek daftar harga smartphone Asus terbaru melalui Pricebook). Ponsel pintar yang bernama Asus ZenFone Live ini ditujukan untuk para live broadcaster, khususnya para perempuan yang ingin tampil lebih menarik saat melakukan live broadcast.

asus zenfone live

Membawa spesifikasi yang bisa dibilang cukup untuk kebutuhan sehari-hari, Asus ZenFone Live menjagokan fitur live beautification, yakni fitur yang memungkinkan Anda para live broadcaster memilih filter beauty yang cocok untuk digunakan ketika sedang melakukan live broadcast. Selain itu, tersedianya pilihan warna pink mempekuat kesan ponsel Android ini adalah ponsel yang memang dipersiapkan untuk para perempuan yang gemar melakukan live broadcast di berbagai aplikasi jejaring sosial.

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari Asus ZenFone Live:

Layar
5 inci dengan resolusi 720 x 1.280 piksel, IPS LCD
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
141,2 x 71,7 x 8 mm, 120 gram
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 410 Quad-core (4 x 1,2 GHz Cortex-A53)
GPU
Adreno 306
RAM
2 GB
Internal Storage
16 GB
External Storage
microSD hingga 256 GB (menggunakan slot SIM 2)
Kamera Belakang
13 megapiksel dengan aperture f/2.0, autofocus, LED flash
Kamera Depan
5 megapiksel dengan aperture f/2.2, ukuran piksel 1.4 µm
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.0, GPS/ GLONASS, microUSB 2.0
Baterai
Li-Ion 2.650 mAh
Sistem Operasi
Android 6.0

Meskipun menggunakan bahan plastik, bodi dari Asus ZenFone Live bisa dibilang cukup kokoh dan ringkas walaupun tidak jauh berbeda dengan handphone Asus lainnya. Dengan bobot 120 gram dan ketebalan 8 mm, ponsel ini nyaman untuk digenggam dan tidak licin. Memiliki warna putih pada bagian dengan dan pink pada bagian belakang. Desain yang serupa juga dapat ditemui pada ponsel ZenFone 3 varian lainnya, seperti pada ZenFone 3 Max dan ZenFone 3 Laser.

asus zenfone live
Tampak depan Asus ZenFone Live.

asus zenfone live
Tampak belakang Asus ZenFone Live.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa sepertinya unit yang dimiliki penulis ini bodinya sudah tidak mulus lagi? Selama penggunaan yang cukup lama (sekitar 1 bulan penggunaan sebelum ulasan ini ditulis), ponsel yang sehari-harinya digunakan oleh penulis bergantian dengan istri ini mengalami berbagai musibah yang rutin ditemukan. Seperti jatuh dari genggaman ataupun kepentok meja. Karena belum sempat membelikan "sarung" untuk ponsel ini, maka jadilah bodinya agak sedikit lecet-lecet. Namun penulis perlu acungi jempol untuk ZenFone Live, karena setelah beberapa kali mengalami musibah, ponsel ini hanya mengalami cacat fisik minor saja. Hal ini menandakan ketangguhan dari bodi ponsel ini.

Layar Asus ZenFone Live memiliki luas 5 inci dengan resolusi 720 x 1.280 HD. Menggunakan panel IPS LCD, layar tersebut memiliki karakteristik warna yang kalem dan cenderung ramah di mata. Pengguna dapat mengutak-ngatik pengaturan layar melalui menu pengaturan perangkat. Tidak diketahui apakah layar ponsel ini dilindungi oleh lapisan pelindung khusus seperti Gorilla Glass atau Asahi Glass. Maka dari itu ada baiknya Anda langsung memasangkan pelindung layar plastik model plastik biasa ataupun tempered glass agar terhindar dari goresan yang tidak diinginkan.

asus zenfone live
Sisi bawah dengan sebuah speaker, microUSB 2.0, dan sebuah microphone.

asus zenfone live
Sisi kanan dengan tombol power dan volume.

asus zenfone live
Sisi atas dengan sebuah microphone dan jack  3,5 mm.

asus zenfone live
Sisi kiiri dengan slot kartu SIM dan slot microSD (hybrid).

Jika Anda pengguna setia Asus, maka Anda tidak akan asing lagi dengan antarmuka yang ada pada Asus ZenFone Live. Berbekal antarmuka ZenUI versi 3 terbaru, tampilan antarmuka ponsel ini masih cukup mirip dengan ZenUI versi sebelumnya. Dalam pengoperasiannya, antarmuka ZenUI berjalan cukup mulus. Berpindah-pindah home screen, app drawer, dan membuka control center serta notification bar bisa dibilang lancar tanpa kendala. Anda juga dapat mengganti tema melalui menu Themes. Tersedia beragam pilihan tema menarik, baik gratis maupun berbayar.

asus zenfone live
Tampilan home screen.

asus zenfone live
Tampilan multitasking.

asus zenfone live
Tampilan app drawer.

asus zenfone live
Tampilan menu drop down pada app drawer.

asus zenfone live
Tampilan control center.

asus zenfone live
Tampilan menu widgets.

asus zenfone live
Tampilan pengaturan home screen.

Jika melihat pada "jeroan" yang dibawa oleh Asus ZenFone Live, memang terasa tidak istimewa. Ponsel ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor empat inti 1,2 GHz, pengolah grafis Adreno 306, serta memory RAM sebesar 2 GB. Chipset yang ramai digunakan pada tahun 2014-2015 tersebut memang tidak membawa performa yang super, namun bisa dibilang cukup untuk menunjang kebutuhan sehari-hari penulis. Semua aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, LINE, serta Facebook Messenger dan aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, serta Path berjalan lancar tanpa hambatan. Penulis juga gemar untuk mendengarkan musik melalui Apple Music dan menonton film via Netflix. Aplikasi-aplikasi hiburan tersebut dapat dijalankan dengan baik. Untuk game sendiri, ponsel ini mampu menjalankan game kasual dan ringan seperti Angry Birds series, Subway Surfer, dan Fruit Ninja. Namun jika menjalankan games 3D yang cukup berat, seperti Real Racing 3 atau Marvel: Future Fight, mungkin Anda tidak akan terasa nyaman. Hal ini patut dimaklumi karena penggunaan pengolah grafis Adreno 306 yang sudah cukup berumur.

Berikut beberapa aplikasi benchmark beserta hasilnya yang penulis jalankan pada ZenFone Live.

asus zenfone live
AnTuTu Benchmark v6.2.7.

asus zenfone live
GeekBench 4.

asus zenfone live
PCMark dengan modus Work 2.0.


asus zenfone live
GFXBench GL.

asus zenfone live
Lanjutan GFXBench GL.

asus zenfone live
Lanjutan GFXBench GL.

Pada sektor hiburan seperti pemutaran musik dan video, Asus ZenFone Live juga dapat cukup diandalkan. Penulis mencoba mendengarkan beberapa lagu favorit dengan menggunakan in-ear monitor Asus Zen Ear. Suara terdengar pas dengan padanan bass dan treble yang seimbang, setidaknya menurut pendengaran "kuping panci" penulis.

Jika diputar dengan menggunakan speaker ponsel, suara yang dihasilkan cukup nyaring dan kencang. Dengan speaker ini Anda tidak akan melewatkan deringan ringtone panggilan telepon ataupun notifikasi pesan.

Menonton video menggunakan ZenFone Live terbilang cukup nyaman untuk dinikmati dalam jangka waktu yang lama. Penulis mencoba memutar beberapa film di Netflix dan pemutar video MX Player, semua film yang diputar berjalan lancar tanpa hambatan. Khusus untuk Netflix, layanan tersebut merupakan layanan online streaming, maka lancar atau tidaknya juga tergantung pada kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang Anda miliki.

Kamera pada handphone ini memiliki sensor 13 megapiksel dengan fitur lampu kilat LED, aperture f/2.0, dan fokus otomatis. Bisa dibilang performa kameranya biasa-biasa saja. Pada saat mengambil gambar di tempat dengan pencahayaan yang baik, gambar terlihat cukup jernih dan tajam. Namun jika digunakan untuk memotret di tempat dengan pencahayaan yang kurang, maka akan terlihat noise yang cukup banyak. Inilah beberapa sampel kamera utama dari ZenFone Live. Untuk kenyamanan pembaca, semua foto sudah diubah resolusinya menjadi lebih kecil dari yang sebenarnya.

Outdoor - Pagi/Siang
Modus Auto

asus zenfone live

asus zenfone live

asus zenfone live

asus zenfone live

asus zenfone live

Outdoor - Malam
Modus Auto

asus zenfone live

asus zenfone live

asus zenfone live

asus zenfone live

asus zenfone live

Untuk kamera depan, Asus ZenFone Live menggunakan kamera 5 megapiksel dengan aperture f/2.2, dan ukuran piksel 1.4 µm. Secara umum hasilnya cukup prima. Namun kekuatan yang sebenarnya dari kamera tersebut adalah untuk melakukan live broadcast dengan menggunakan fitur BeautyLive. Cara kerjanya, BeautyLive mengombinasikan algoritma perangkat lunak yang pintar dan akselerasi perangkat keras untuk secara otomatis memuluskan kulit dan menghapus noda pada wajah pengguna. Lalu hasilnya akan diintegrasikan  dengan Facebook, Instagram, dan YouTube. Selain itu, ada hampir 30 layanan live streaming populer lainnya yang akan terus bertambah ke depannya yang dapat menggunakan fitur ini.

Sayangnya, penulis tidak sempat untuk mencoba fitur BeautyLive ini. Namun jika ingin melihat hasil foto dari kamera depan ZenFone Live, bisa Anda lihat di bawah ini.

asus zenfone live

asus zenfone live

Baterai berdaya 2.650 mAh yang dimiliki oleh Asus ZenFone Live dirasa cukup untuk menemani aktivitas penggunanya seharian penuh. Dengan pola penggunaan penulis (single SIM, lebih banyak menggunakan koneksi Wi-Fi dibandingkan dengan mobile data, aktif di media sosial, membuka/mengirim surel, mendengarkan musik dengan Apple Music, dan menonton film dengan Netflix) ponsel ini rata-rata dapat bertahan sekitar 12 jam hingga sisa baterai 20%.

Dengan harga ritel resmi Rp 1.799.000, ZenFone Live merupakan ponsel Android kelas pemula yang pantas dijadikan pilihan. Desain yang kompak dan ringkas, performa yang cukup, serta fitur BeautyLive, membuat smartphone ini cocok untuk dijadikan rekan sehari-hari bagi para live broadcaster. Tersedianya pilihan warna pink pun turut menambah daya tarik dari ponsel ini, mengingat di rentang harga serupa cukup jarang ponsel yang menawarkan pilihan warna selain hitam, putih, emas, maupun abu-abu.

asus zenfone live
Sensor yang terdapat pada Asus ZenFone Live.

Namun tidak ada gading yang tidak retak, ponsel ini pun menurut penulis tidak luput dari kekurangan. Ada dua kekurangan menurut pribadi penulis. Pertama, konfigurasi slot SIM 2 yang harus berbagi peran dengan slot microSD. Alangkah lebih fungsional jika slot tersebut terpisah. Sehingga pengguna dapat memiliki opsi untuk menggunakan dua nomor sekaligus menambah kapasitas penyimpanan dengan microSD. Kekurangan kedua, mungkin Asus dapat memberikan chipset yang lebih modern untuk ponsel ini. Meskipun perfoma Snapdragon 410 masih cukup mumpuni, namun chipset tersebut bisa dibilang sudah cukup uzur. Akan lebih layak jika ZenFone Live diberikan chipset yang lebih baru seperti Snapdragon 425.

Terlepas dari dua kekurangannya tersebut, penulis merekomendasikan Asus ZenFone Live sebagai ponsel yang layak dibeli jika Anda memiliki budget di bawah Rp 2 juta.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.