Skip to main content

Huawei Bagikan Power Bank Untuk Calon Pembeli iPhone

Seperti tahun-tahun sebelumnya, antrean calon pembeli iPhone terbaru memanjang di depan Apple Store di seluruh belahan dunia. Tidak terkecuali di Singapura. Tetangga Indonesia tersebut memiliki Apple Store yang terletak di Orchard Road yang selalu penuh antrean dari para Apple fans tiap tahunnya ketika iPhone baru diluncurkan. Namun kali ini, ada pemandangan unik yang belum pernah terlihat sebelumnya. Apakah itu?

Review Xiaomi Redmi Note 4: Performa Terbaik di Kelasnya

Xiaomi Redmi Note 4 memang bukanlah ponsel pintar keluaran terbaru dari Xiaomi. Perangkat ini sudah dijual secara resmi mulai bulan April 2017 yang lalu. Namun tetap saja hingga saat ini, Redmi Note 4 merupakan sebuah ponsel dengan performa terbaik di kelasnya. Yang dimaksud oleh penulis di sini adalah kelas harganya, yakni Rp 2.399.000. Lalu jika sudah keluar dari beberapa bulan silam, mengapa penulis baru sempat untuk mengulasnya sekarang?

redmi note 4

Sekilas info saja, jadi sebenarnya penulis membeli Xiaomi Redmi Note 4 karena terpaksa. Saat Idulfitri akhir Juni 2017 kemarin, secara tiba-tiba ponsel andalan penulis yakni Asus ZenFone 3 ZE520KL mengalami kerusakan. Aplikasi kameranya tidak mau dibuka. Segala cara sudah dicoba untuk memperbaiki ponsel tersebut, akan tetapi tidak membuahkan hasil. Pada akhirnya penulis membawa ponsel kesayangan itu ke pusat perbaikan Asus di Senayan Trade Center, Jakarta Selatan. Dari hasil pemeriksaan, modul kamera ponsel milik penulis rusak dan telah ditemukan watermark pada mainboard ponsel, sehingga otomatis garansi tidak berlaku karena dianggap kesalahan pengguna. Alih-alih harus melakukan reparasi dan menebus biaya perbaikan sekitar hampir dua juta rupiah, penulis mencari jalan keluar lain. Yakni merelakan ponsel ZenFone 3 tersebut dan membeli ponsel pintar lainnya. Dengan dana yang cukup terbatas, akhirnya penulis memutuskan untuk membeli Redmi Note 4.

redmi note 4

Keputusan tersebut ternyata tidak salah, Xiaomi Redmi Note 4 terbukti mampu mengobati rasa kehilangan penulis dengan ponsel sebelumnya. Tidak heran sih sebenarnya, sebab kedua ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup sama. Redmi Note 4 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625 dengan prosesor quad-core berkecepatan 2.0 GHz Cortex-A53 dan pengolah grafis Adreno 506. Paduan keduanya menghasilkan performa yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan penulis sehari-hari. Berselancar di linimasa media sosial, ngobrol dengan teman dan kolega di aplikasi berbalas pesan, mendengarkan musik melalui Apple Music, menonton film menggunakan Netflix, hingga bermain beberapa aplikasi permainan mampu dilakukan oleh Redmi Note 4 tanpa ada hambatan. Transisi saat bergonta-ganti aplikasi pun lancar berkat pengunaan RAM sebesar 3 GB. Soal performa, ponsel ini layak diacungi jempol.

redmi note 4
Pengujian AnTuTu Benchmark v6.2.7.

redmi note 4
Pengujian Geekbench 4.

redmi note 4
Pengujian 3DMark.

Jika melihat pada desainnya, Xiaomi Redmi Note 4 memang tidak istimewa. Saat ini banyak sekali ponsel lain yang memiliki desain serupa dengan ponsel ini. Namun di luar hal tersebut, ponsel ini memiliki build quality yang cukup baik. Penggunaan bahan logam pada body ponsel ini membuatnya tidak terlihat murahan. Dengan dimensi 151 x 76 x 8,5 mm dan bobot 165 gram, ponsel ini terasa mantap digenggaman tangan. Penggunaan bahan plastik pada bagian atas dan bawah di belakang ponsel ini tidak mengurangi kecantikannya. Sebuah sensor pemindai sidik jari berbaris di bawah kamera utama yang dilengkapi dengan lampu kilat dual-LED. Performa sidik jari tersebut tidak mengecewakan. Dari sepuluh kali percobaan penulis membuka layar menggunakan pemindai sidik jari, hanya dua kali percobaan tersebut gagal. Kecepatan pemindaiannya pun cukup cepat, tidak sampai dua detik.

Layar seluas 5,5 inci mengisi sebagian besar bagian depan dari Xiaomi Redmi Note 4. Berjenis IPS LCD dan memiliki resolusi 1.080 x 1.920 piksel, layar tersebut terlihat cukup tajam dan memiliki tingkat kecerahan yang baik. Ketika penulis sedang berada di bawah sinar matahari langsung, layar Redmi Note 4 masih bisa terlihat cukup jelas. Perlu diketahui, layar ponsel ini tidak dilindungi lapisan pelindung seperti Gorilla Glass ataupun Dragontail Glass. Ada baiknya pembaca langsung melapisi layarnya dengan lapisan pelindung layar plastik lentur ataupun temperred glass sehingga aman dari goresan yang tidak diinginkan. Di bawah layar tersebut, terdapat tiga buah tombol kapasitif yang dilengkapi dengan backlight LED. Hal ini menjadi nilai plus karena lampu tersebut dapat membantu penulis mengoperasikan ponsel ini di dalam keadaan gelap.

Kamera menjadi satu-satunya hal yang mengecewakan dari Xiaomi Redmi Note 4. Performa dari kamera utama 13 megapiksel yang dimiliki oleh ponsel ini bisa dibilang biasa saja. Memang sih, pada saat kondisi terang kamera ini mampu menghasilkan gambar yang cukup prima. Hanya saja ketika hari sudah mulai gelap, performa dari kamera Redmi Note 4 menurun drastis. Sama halnya dengan kamera depannya. Cukup memuaskan jika digunakan untuk swafoto di tempat yang terang, namun cukup mengecewakan jika digunakan di tempat yang kurang cahaya. Secara keseluruhan, performa dari ponsel ini masih cukup jika penulis ingin berbagi foto di media sosial, asalkan foto yang diambil berada dalam kondisi cahaya yang cukup.

Berikut adalah beberapa hasil tangkapan dari kamera utama dan kamera depan Xiaomi Redmi Note 4. Semuanya menggunakan modus otomatis. Olah digital yang dilakukan hanyalah untuk mengubah ukuran dan kompresi ukuran file agar lebih nyaman untuk dilihat oleh pembaca.

Foto outdoor - siang.

redmi note 4

redmi note 4

redmi note 4

Foto outdoor - malam.

redmi note 4

redmi note 4

redmi note 4

Foto indoor - suasana di dalam mal.

redmi note 4

redmi note 4

redmi note 4

Foto indoor - objek makanan.

redmi note 4

redmi note 4

Swafoto - siang dan malam.

redmi note 4

redmi note 4

Meskipun penulis tidak puas dengan kinerja kamera dari Xiaomi Redmi Note 4, namun ada dua keunggulan lainnya yang cukup mengobati rasa kecewa tersebut. Pertama, ponsel dengan kemampuan dual SIM ini mampu berjalan di jaringan 4G-3G secara simultan. Artinya, penulis dapat menggunakan SIM 1 berjalan di jaringan 4G LTE, SIM 2 akan berjalan di jaringan 3G dan berlaku juga sebaliknya. Hal ini merupakan keunggulan sebab performa jaringan 3G saat ini bisa dibilang lebih baik dibandingkan jaringan 2G, terutama di kota-kota besar. Bahkan di beberapa tempat, jaringan 2G membuat penulis sulit untuk melakukan ataupun menerima panggilan telepon.

Keunggulan kedua dari Xiaomi Redmi Note 4 adalah baterai tanam berkapasitas 4.100 mAh yang dimilikinya memiliki daya tahan yang sangat baik. Dengan pola pemakaian ala penulis, baterai tersebut sanggup tahan seharian penuh dari waktu penulis bangun (06.00, daya 100%) hingga waktu penulis tidur (23.00, daya 20%). Bahkan tidak jarang, ketika penulis lupa untuk mengisi ulang baterai saat menjelang tidur malam, Redmi Note 4 masih memiliki daya 15-17% saat penulis bangun di pagi harinya. Namun sayangnya daya tahan baterai yang sangat prima tersebut tidak disandingkan dengan fitur pengisian daya cepat. Alhasil ketika penulis harus menunggu lebih kurang dua jam untuk mengisi daya dari 20% hingga penuh 100%. Meskipun hal ini tidak terlalu berpengaruh karena penulis selalu mengisi daya di malam hari ketika tidur.

redmi note 4
Sensor yang ada di Xiaomi Redmi Note 4,

Itulah ulasan lengkap mengenai Xiaomi Redmi Note 4. Jika ingin mengetahui spesifikasi lengkap dari ponsel ini, pembaca bisa melihat pada tabel di bawah ini.

Layar
5,5 inci dengan resolusi 1.080 x 1.920 piksel, IPS LCD
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
151 x 76 x 8,5 mm, 165 gram
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 625 Quad-core (4 x 2,0 GHz Cortex-A53)
GPU
Adreno 306
RAM
3 GB
Internal Storage
32 GB
External Storage
microSD hingga 256 GB (menggunakan slot SIM 2)
Kamera Belakang
13 megapiksel dengan aperture f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED flash
Kamera Depan
5 megapiksel dengan aperture f/2.0
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.1, GPS/ GLONASS/BDS, microUSB 2.0
Baterai
Li-Ion 4.100 mAh
Sistem Operasi
Android 6.0 berbalut MIUI 8

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.