Skip to main content

Huawei Bagikan Power Bank Untuk Calon Pembeli iPhone

Seperti tahun-tahun sebelumnya, antrean calon pembeli iPhone terbaru memanjang di depan Apple Store di seluruh belahan dunia. Tidak terkecuali di Singapura. Tetangga Indonesia tersebut memiliki Apple Store yang terletak di Orchard Road yang selalu penuh antrean dari para Apple fans tiap tahunnya ketika iPhone baru diluncurkan. Namun kali ini, ada pemandangan unik yang belum pernah terlihat sebelumnya. Apakah itu?

4 Hal ini Jadikan Moto G5s Plus Alternatif Terbaik dari Xiaomi Mi A1

Pasar handphone Android kelas menengah dengan fitur berlimpah semakin meriah di Indonesia. Sebelum Xiaomi meluncurkan Mi A1 di Senayan City 20 September 2017 kemarin, Motorola mencuri start dengan meluncurkan tiga jagoan terbaru mereka. Jagoan tersebut yakni Moto C Plus, Moto E4 Plus, dan terakhir yang paling mencuri perhatian adalah Moto G5s Plus.

motorola
Gambar dari moto.com.

Moto G5s Plus adalah produk terbaru dari Motorola tipe G. Sekedar info saja, Motorola pernah meluncurkan Moto G tahun 2014 silam. Ponsel tersebut menjadi salah satu favorit di pasar kelas menengah Indonesia. Sebagai penerus ponsel kelas menengah legendaris, G5s Plus membawa sejumlah fitur unggulan seperti kamera belakang ganda, chipset Qualcomm Snapdragon 625, dan tentunya harga yang sangat terjangkau. Dibanderol Rp 2.999.000 selama masa pre-order, ponsel ini menjadi pesaing ketat dari Xiaomi Mi A1.

Ada 4 hal yang menurut penulis menjadikan Moto G5s Plus alternatif terbaik dari Xiaomi Mi A1. Apa sajakah 4 hal tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Menggunakan chipset kelas menengah favorit

Qualcomm Snapdragon 625 menjadi chipset kelas menengah favorit saat ini. Bagaimana tidak, semenjak kehadirannya pada Asus ZenFone 3 ZE520KL pada tahun lalu, banyak pabrikan ponsel lainnya yang menggunakan chipset ini sebagai dapur pacu ponsel kelas menengah mereka. Dirancang dengan fabrikasi 14 nm membuat chipset ini memiliki penggunaan daya yang sangat hemat. Maka dari itu, Motorola mempercayakan Snapdragon 625 untuk digunakan pada Moto G5s Plus. Hal ini membuat ponsel ini memiliki performa yang mumpuni untuk menunjang kebutuhan sehari-hari penggunanya serta dibarengi dengan daya tahan baterai yang cemerlang.

2. Kamera ganda dengan konfigurasi RGB+monokrom

Moto G5s Plus memiliki kamera belakang ganda 13 megapiksel dengan konfigurasi RGB+monokrom. Konfigurasi ini serupa dengan yang dapat ditemukan pada Huawei P9 dan P10, meskipun tanpa embel-embel Leica. Kamera G5s Plus sanggup menangkap gambar dalam modus potrait, yakni di mana fokus gambar tertuju pada objek yang dikehendaki pengguna dan membuat latar belakang dari objek terlihat blur. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mengatur tingkat blur dan mengubah latar belakang menjadi monokrom setelah foto diambil. Moto G5s Plus juga sudah dilengkapi dengan EIS (electronic image stabilization) yang membuatnya lebih stabil dari guncangan ketika pengguna menggunakan ponsel ini untuk merekam video.

3. Pengisian daya cepat dengan TurboPower

Meskipun masih menggunakan konektor microUSB, Moto G5s Plus sudah dilengkapi dengan fitur TurboPower. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengisi daya ponsel ini lebih cepat dibandingkan dengan pengisian daya biasa. Bahkan Motorola memberikan klaim bahwa hanya mengisi daya 15 menit dapat memberikan daya baterai untuk 6 jam penggunaan. Hal ini membuatnya sedikit lebih unggul dibandingkan dengan Xiaomi Mi A1 yang walaupun sudah menggunakan konektor USB Type-C namun tidak memiliki fitur pengisian daya cepat seperti TurboPower milik G5s Plus.

4. Dilengkapi dengan NFC

Moto G5s Plus merupakan satu dari sedikit ponsel kelas menengah yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC (near field communication). Fitur ini bisa dibilang sangat berguna saat ini dimana pemerintah Indonesia sedang menggalakkan penggunaan uang elektronik (e-money). Dengan adanya NFC, pengguna bisa melakukan cek saldo maupun top-up langsung ke kartu e-money hanya dengan menempelkan kartu tersebut ke ponsel. Bank Mandiri dan BCA adalah dua bank yang saat ini aplikasi mobile-nya sudah mampu untuk melakukan hal tersebut.

motorola
Gambar dari moto.com.

Itulah 4 hal yang menurut penulis menjadikan Moto G5s Plus alternatif terbaik dari Xiaomi Mi A1. Ada beberapa hal yang perlu dijadikan catatan bagi Anda yang berminat membeli ponsel ini. Pertama, G5s Plus tidak dilengkapi dengan sensor magnetik. Artinya, ponsel ini tidak memiliki fitur kompas. Mungkin tidak semua orang sering menggunakan fitur ini, namun bagi teman-teman penulis yang Muslim seringkali memanfaatkan kompas pada ponsel untuk mencari arah kiblat. Kedua, harga Rp 2.999.000 hanya berlaku selama pre-order hingga tanggal 29 September saja. Setelah itu, Motorola akan membanderol Moto G5s Plus dengan harga normal Rp 3.999.000. Harga yang bisa dibilang cukup tinggi tersebut tentunya dapat menurunkan daya saing ponsel ini dengan Mi A1.

Bagaimana para pecinta gawai, apakah Anda akan memilih Moto G5s Plus sebagai penunjang keseharian? Atau malah akan memilih Xiaomi Mi A1? Yuk sampaikan pilihanmu di kolom komentar!

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.