Skip to main content

Siap-Siap! Huawei Mate 20 Series Akan Segera Hadir di Indonesia

Setelah diperkenalkan secara internasional di London pada Oktober kemarin, Huawei Mate 20 series akan segera hadir di pasar smartphone tanah air. Acara peluncurannya direncanakan akan diadakan pada 19 Desember besok. Belum diketahui secara pasti seri Mate apa saja yang akan masuk ke Indonesia, namun dari desas-desus yang beredar, Huawei rencananya akan membawa Mate 20 dan Mate 20 Pro.

Chipset dan Kamera Terkini Menjadi Senjata Utama Apple iPhone 8 dan 8 Plus

Apple baru saja meluncurkan generasi terbaru dari jajaran produk iPhone. Perangkat yang diberi nama iPhone 8 dan 8 Plus tersebut hadir sebagai penerus dari seri 7 dan 7 Plus. Memiliki desain yang bisa dibilang tidak berubah dari generasi sebelumnya, apa saja ubahan yang diberikan oleh Apple pada dua perangkat terbaru mereka ini?

Gambar dari apple.com.

1. Penggunaan bahan kaca pada bagian depan dan belakang

Jika sebelumnya body iPhone 7 dan 7 Plus memiliki bahan logam, kini Apple melapisi body tersebut dengan lapisan kaca pada bagian depan dan belakang iPhone 8 dan 8 Plus. Hal ini membuatnya terlihat lebih berkelas dan elegan. Tidak hanya itu, Apple juga menggunakan bahan almunium aerospace-grade di sekeliling body kedua ponsel ini yang membuatnya menjadi lebih kokoh dan kuat.

2. Layar Retina HD dengan True Tone

Meskipun masih menggunakan ukuran dan resolusi layar yang sama dengan generasi sebelumnya, bukan berarti tidak ada peningkatan pada layar iPhone 8 dan 8 Plus. Keduanya kini dilengkapi dengan True Tone yang memungkinkan perangkat mengatur layar berdasarkan cahaya di ruangan agar layar perangkat bisa menampilkan warna lebih akurat. Sama seperti pada iPhone 7 dan 7 Plus, Apple juga membenamkan 8 dan 8 Plus dengan teknologi wide color gamut dan 3D Touch.

3. Kamera dengan sensor yang baru

Baik iPhone 8 maupun 8 Plus masih memiliki kamera beresolusi 12 megapiksel. Namun kamera tersebut menggunakan sensor baru dan lensa kaca serta ISP yang lebih prima. Chipset A11 Bionic memungkinkan kamera tersebut dapat menangkap fokus lebih cepat di kondisi low light, meningkatkan sharpness dan dynamic range, serta noise yang lebih sedikit. Kamera pada iPhone 8 dan 8 Plus juga mampu merekam video dengan resolusi 4K pada 60 fps dan 1080 pada 240 fps.

Satu fitur yang cukup berguna bisa ditemukan pada kamera belakang iPhone 8 Plus, yakni 'Potrait Lightning'. Dengan modus tersebut, kamera ganda pada 8 Plus akan mencoba untuk memindai objek, mengidentifikasi wajah pada objek tersebut, dan menyesuaikan tone curve dari wajah objek untuk membuatnya menjadi lebih prima. Bahkan, pengguna dapat mengatur efek gambar yang ingin digunakan setelah pengguna menjepret foto.

4. Performa lebih bertenaga dengan chipset A11 Bionic

Apple menggunakan chipset terbaru pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. A11 Bionic memiliki prosesor enam inti yang dipasangkan dengan pengolah grafis terbaru racikan Apple sendiri. Chipset ini terdiri atas dua cores dengan performa tinggi yang diklaim memiliki kecepatan 25% lebih cepat dibandingkan dengan yang ada pada A10 Fusion, serta empat cores hemat daya yang memiliki performa 70% lebih baik dibandingkan dengan A10 Fusion. Sedangkan di sektor pengolah grafis, A11 Bionic memiliki pengolah grafis yang terdiri dari tiga cores yang memiliki performa 30% lebih baik dibandingkan dengan pengolah grafis yang ada di chipset generasi sebelumnya.

5. Pengisian daya lebih mudah dan praktis dengan Qi Wireless Charging

Setelah dimiliki oleh kompetitornya di ranah Android, kini Apple telah menghadirkan fitur pengisian daya nirkabel yang didukung oleh Qi untuk iPhone 8 dan 8 Plus. Bahkan fitur tersebut telah dilengkapi dengan pengisian daya cepat yang mampu mengisi daya perangkat dari 0 hingga 50% dalam waktu 30 menit saja.
Gambar dari apple.com.

Itulah lima hal terbaru yang bisa pengguna temukan pada iPhone 8 dan 8 Plus. Kedua perangkat ini bisa dipesan melalui pre-order di tanggal 15 September dan akan dijual langsung ke pasar mulai 22 September. Baik iPhone 8 dan 8 Plus akan memiliki varian termurah di kapasitas 64 GB dan tertinggi di 256 GB, dengan banderol harga mulai dari US$699 untuk iPhone 8 64 GB dan US$799 untuk iPhone 8 Plus 64 GB.

Jika ingin mengetahui spesifikasi lengkap dari iPhone 8 dan 8 Plus, Anda bisa melihatnya di bawah ini.

Apple iPhone 8

Layar
4,7 inci dengan resolusi 750 x 1.334 piksel, LED-backlit IPS LCD, Ion-strengthened glass
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
138,4 x 67,3 x 7,3 mm, 148 gram.
Prosesor
Apple A11 Bionic hexa-core
GPU
-
RAM
2 GB.
Internal Storage
64/256 GB.
External Storage
-
Kamera Belakang
Kamera 12 megapiksel dengan aperture f/1.8, phase detection autofocus, optical image stabilization. Dilengkapi dengan lampu kilat quad-LED.
Kamera Depan
7 megapiksel dengan aperture f/2.2
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS/ GLONASS/BDS/GALILEO, NFC, USB 2.0 lightning connector
Baterai
-
Sistem Operasi
iOS 11

Apple iPhone 8 Plus

Layar
5,5 inci dengan resolusi 1.080 x 1.920 piksel, LED-backlit IPS LCD, Ion-strengthened glass
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
158,4 x 78,1 x 7,5 mm, 202 gram.
Prosesor
Apple A11 Bionic hexa-core
GPU
-
RAM
3 GB.
Internal Storage
64/256 GB.
External Storage
-
Kamera Belakang
Kamera ganda yang terdiri dari kamera utama 12 megapiksel dengan aperture f/1.8 dan optical image stabilization serta kamera sekunder 12 megapiksel dengan aperture f/2.8. Keduanya juga dilengkapi dengan phase detection autofocus, 2x optical zoom, serta lampu kilat quad-LED.
Kamera Depan
7 megapiksel dengan aperture f/2.2
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS/ GLONASS/BDS/GALILEO, NFC, USB 3.0 lightning connector
Baterai
-
Sistem Operasi
iOS 11

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.