Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Huawei Mate 10 Hadir Dengan Chipset Kirin Terbaru

Huawei baru saja meluncurkan ponsel pintar terbaru mereka, yakni Huawei Mate 10. Generasi terbaru dari lini Mate tersebut hadir dengan beragam keunggulan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Masih mempertahankan rasio layar 16:9 dengan bentangan 5,9 inci, Mate 10 hadir dengan resolusi yang lebih besar, yakni QHD 1.440 x 2.560 piksel. Hal ini membuat layarnya terlihat lebih tajam dengan tingkat kerapatan piksel 499ppi. Ditambah, Huawei juga membenamkan dukungan HDR10 untuk pengalaman melihat layar lebih istimewa.

Gambar dari gsmarena.com.

Chipset terbaru racikan Huawei hadir pada ponsel ini. Kirin 970 yang dibuat dengan proses manufaktur 10nm diklaim memiliki performa yang lebih kencang dengan konsumsi daya yang lebih hemat. Tidak hanya itu, chipset ini juga dilengkapi dengan sebuah NPU yang dapat membantu proses machine learning menjadi lebih cepat. Proses yang dapat diolah oleh NPU tersebut seperti menerjemahkan bahasa hingga pengenalan scene untuk kamera. Pengolah grafis terbaru Mali-G72 MP12 menambah performa dari ponsel ini terutama untuk para mobile gamers. GPU tersebut mampu untuk menjalankan game terkini di resolusi QHD tanpa kendala.

Baca juga: Huawei P10 dan P10 Plus: Penerus Flagship dengan Dual Camera Leica dan Pilihan Warna Beragam

Sektor kamera lagi-lagi menjadi primadona dari ponsel Huawei. Berbekal kamera ganda hasil kerjasama dengan Leica, Mate 10 memiliki kamera utama 12 megapiksel dengan sensor warna dan kamera sekunder 20 megapiksel dengan sensor hitam putih. Kedua kamera tersebut dilengkapi dengan bukaan f/1.6 yang membuatnya sangat prima untuk mengambil foto dalam kondisi low light. Tidak hanya itu fitur OIS, laser, dan phase detection juga diketahui tertanam pada ponsel ini. Dengan kamera ganda tersebut, pengguna  dapat tmenggunakan digital zoom sebanyak ribuan kali dan juga kamera ini mampu melakukan perekaman video resolusi 4K.

Gambar dari gsmarena.com.

Untuk spesifikasi lainnya, Huawei Mate 10 dilengkapi dengan RAM 4BG dan internal storage 64GB. Ponsel inipun dibekali dengan selot kartu external memory, yang sayangnya berbagi peran dengan selot kedua dari kartu SIM. Baterai berdaya 4.000 mAh menopang ponsel ini. Pengguna bisa mengisi dayanya lebih cepat dengan TÜV Safety Certified Huawei SuperCharge, sebuah fitur pengisian daya cepat milik Huawei yang mampu mengisi selama 20 menit untuk pemakaian ponsel selama satu hari penuh. Mate 10 dibanderol senilai €700 atau sekitar 11 juta rupiah. Sementara ini belum ada informasi apakah ponsel ini akan dibawa oleh Huawei ke Indonesia atau tidak.

Spesifikasi lengkap Huawei Mate 10 bisa Anda lihat di bawah ini.

Layar
5,9 inci dengan resolusi 1.440 x 2.560 piksel, LED-backlit IPS LCD, Corning Gorilla Glass, HDR10 compliant.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
150,5 x 77,8 x 8,2 mm, 186 gram.
Prosesor
Hisilicon Kirin 970 dengan prosesor octa-core 4x2,4 GHz Cortex-A73 dan 4x1,8 GHz Cortex A-53.
GPU
Mali-G72 MP12.
RAM
4GB.
Internal Storage
64GB.
External Storage
microSD hingga kapasitas 256GB (selot hybrid).
Kamera Belakang
Kamera ganda dengan kamera utama 12 megapiksel dengan sensor warna dan kamera sekunder 20 megapiksel dengan sensor hitam putih, OIS, 2x lossless zoom, Leica optics, fokus otomatis phase detection dan laser, lampu kilat dual-LED, perekaman video 2160p.
Kamera Depan
8 megapiksel.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, GPS, GLONASS, BDS, USB Type-C 1.0.
Baterai
4.000 mAH dengan TÜV Safety Certified Huawei SuperCharge.
Sistem Operasi
EMUI 8.0 berbasis Android 8.0 Oreo.



Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.