Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Melalui Acara We Love Photo, Asus Luncurkan Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro

Produsen ponsel asal Taiwan, Asus, meluncurkan lini ponsel swafoto mereka untuk Zenfone 4 series. Dua ponsel yang bernama Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro tersebut siap untuk meramaikan pasar ponsel tanah air yang saat ini sedang menjamur di Indonesia. Berbekal konfigurasi kamera depan ganda dan dapur pacu yang mumpuni, akankah lini selfie dari Asus ini dapat bersaing dengan para pesaingnya yang sudah terlebih dahulu keluar di pasar yang didominasi oleh kaum hawa ini?

asus zenfone 4 selfie launch
Asus Zenfone 4 Selfie Pro edisi spesial dengan tanda tangan Gong Yoo, Zenfone Brand Ambassador untuk kawasan Asia Pasifik.

Asus Zenfone 4 Selfie

Produk yang satu ini akan menjadi andalan utama Asus dalam pertarungan ponsel spesialis swafoto. Memiliki nama kode ZD553KL, ponsel ini ditujukan bagi para pengguna kasual yang menginginkan sebuah perangkat dengan kemampuan swafoto yang bagus, performa yang baik, namun dengan harga yang cukup terjangkau. Berbekal kamera depan ganda dengan kamera utama beresolusi 20 megapiksel dan kamera sekunder beresolusi 8 megapiksel, Zenfone 4 Selfie siap untuk memenuhi kebutuhan swafoto kamu. Bahkan, kamera sekundernya dilengkapi dengan kemampuan wide-angle yang mampu menangkap gambar dengan lebar 120 derajat. Jadi untuk kamu yang senang melakukan wefie atau swafoto bersama teman-teman, tidak akan menemukan kesulitan dengan ruang foto yang cukup lega.

asus zenfone 4 selfie launch

asus zenfone 4 selfie launch

Tidak hanya kamera depannya saja yang menjadi primadona, kamera belakang dari Zenfone 4 Selfie juga tidak bisa dianggap sebelah mata. Menggunakan kamera beresolusi 16 megapiksel, ponsel ini dapat diandalkan untuk mengabadikan momen istimewa kamu. Apalagi, kameranya dilengkapi dengan fitur phase detection autofocus yang dapat menemukan fokus lebih cepat hanya dalam waktu 0,03 detik. Jika kamu suka melakukan perekaman video, ponsel ini juga dilengkapi dengan electronic image stabilization sehingga rekaman video dapat berjalan lebih stabil meskipun terdapat getaran saat melakukan perekaman.

Di sisi dapur pacu, Zenfone 4 Selfie mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 430 dengan prosesor octa-core Cortex-A53 berkecepatan 1,4 GHz dan pengolah grafis 505. RAM sebesar 4GB dan ROM seluas 64GB juga tertanam pada ponsel ini. Jadi untuk kamu yang gemar melakukan multitasking ataupun menyimpan banyak file, tidak perlu khawatir akan menemukan kendala lag ataupun kekurangan storage. Jika dirasa kurang, Asus juga menyediakan selot kartu microSD yang mendukung microSD berkapasitas hingga 2TB dengan konfigurasi yang terpisah dari dua selot kartu SIM yang terdapat pada ponsel ini.

asus zenfone 4 selfie launch

Untuk spesifikasi lainnya, Zenfone 4 Selfie memiliki layar berjenis IPS LCD seluas 5,5 inci dengan resolusi HD 720 x 1.280, baterai berdaya 3,000 mAh, serta berjalan dengan sistem operasi Android Nougat 7.1.1 dengan antarmuka Asus ZenUI 4.0 terbaru. Ponsel ini tersedia dalam tiga pilihan warna, diantaranya ada deepsea black, rose pink, dan sunlight gold. Kamu cukup menyiapkan mahar senilai Rp3.499.000 saja untuk dapat meminang ponsel ini. Harga yang menurut penulis cukup terjangkau dan sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya.

Asus Zenfone 4 Selfie Pro

Jika kamu membutuhkan ponsel spesialis swafoto dengan spesifikasi yang lebih mantap, Asus juga menyediakan sebuah ponsel yang memiliki nama kode ZD552KL. Memiliki harga yang lebih tinggi satu jutaan dibandingkan dengan saudaranya, ponsel ini memiliki komponen yang lebih berkualitas dan dapat mendukung segala kegiatan kamu, khususnya untuk berswafoto. Masih menggunakan konfigurasi kamera depan ganda, namun hadir dengan sensor yang lebih baik.

asus zenfone 4 selfie launch

asus zenfone 4 selfie launch

Ya, kamera utama pada kamera depan Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan sensor Sony Exmor RS IMX362 yang cukup fenomenal. Memiliki bukaan f/1.8 dan ukuran piksel sebesar 1,4μm, kamera depan ponsel ini tentunya dapat diandalkan untuk mengambil swafoto dalam kondisi low-light. Ditemani dengan kamera sekunder beresolusi 5 megapiksel, ponsel ini mampu melakukan swafoto dalam modus potrait yang saat ini sedang kekinian. Sama seperti Zenfone 4 Selfie, kamera sekundernya juga memiliki kemampuan wide-angle yang mampu menangkap gambar dengan lebar 120 derajat.

Kamera belakangnya pun memiliki upgrade yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan Zenfone 4 Selfie. Menggunakan sensor Sony Exmor IMX351 dengan resolusi 16 megapiksel, kamera ponsel ini dapat diandalkan untuk mengambil gambar dalam segala kondisi. Ada satu fitur yang cukup menggoda, yakni intellegent HDR. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengambil gambar di malam hari dengan latar belakang papan nama ataupun neon box namun isi dari tulisan ataupun gambar yang ada di papan tersebut masih terlihat jelas. Biasanya, jika kita mencoba untuk menangkap foto dalam kondisi tersebut akan terjadi over exposure, sehingga isi gambar dari papan ataupun neon box tidak akan terlihat dengan jelas.

Pada sisi dapur pacu, Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan chipset unggulan dan tentunya favorit para ponsel kelas menengah Qualcomm Snapdragon 625. Chipset yang terkenal dengan performa dan daya yang efisien ini tentunya dapat mengisi tenaga Selfie Pro untuk menjalankan aplikasi apapun tanpa kendala yang berarti. Sama seperti saudaranya, ponsel ini juga dilengkapi dengan RAM 4GB dan ROM 64GB. Satu hal yang disayangkan, ponsel ini tidak memiliki selot microSD terpisah alias hybrid. Jadi kamu harus memilih apakah akan menggunakan dua kartu SIM atau satu kartu SIM yang dipadukan dengan sebuah kartu microSD di selot kedua. Selot tersebut dapat membaca kartu microSD hingga kapasitas 2TB.

asus zenfone 4 selfie launch

Untuk fitur lainnya, ponsel ini memiliki spesifikasi yang sama dengan saudara "lebih murah"-nya. Sebut saja baterai berdaya 3.000 mAh dan layar seluas 5,5 inci. Namun, khusus untuk layarnya ponsel ini sudah menggunakan panel AMOLED dengan resolusi full HD 1.080 x 1.920. Ponsel ini juga tersedia dalam tiga pilihan warna, antara lain rogue red, sunlight gold, dan deepsea black. Dibanderol seharga Rp4.999.000, sepertinya ponsel ini diposisikan untuk melawan produk kompetitor yang menggunakan embel-embel "Plus".

Baca juga: Review Asus Zenfone 4 Max Pro: Jepret-Jepret Seru dengan Baterai Maksimal

Asus Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro sudah dapat ditemukan di toko-toko ponsel di pusat perbelanjaan. Namun, kamu juga bisa membelinya melalui Asus Official Store yang ada di salah satu toko online ternama di sini. Untuk spesifikasi lengkap dari keduanya, dapat kamu melihatnya di bawah ini.

Asus Zenfone 4 Selfie


Model
ZenFone 4 Selfie (ZD553KL)
Display, Resolution
5.5-inch IPS display, 400nits brightness, Front 2.5D curved glass display, 1.65mm slim bezel, Bluelight filter for eye care, capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports glove touch)
SoC Processor
CPU
Qualcomm Snapdragon 430 Mobile Platform with 64-bit Octa-core 1,4GHz Processor
GPU
Qualcomm Adreno 505
Memory
RAM / Storage
LPDDR3 4GB / eMCP 64GB, microSD card up to 2TB, 100GB Google Drive free for 1 year
Camera System
Front
Camera 1 (main)
Resolution: 20MP
Sensor: Omnivision 20880 / 1.0μm pixel
Aperture: f/2.0
Focal length / field of view: 31mm/69°
Front
Camera 2 (wide-angle)
Resolution: 8MP
Sensor: Omnivision 8856 / 1.12μm pixel size
Aperture: f/2.4
Focal length / field of view: 12mm/120°
Rear camera
Resolution: 16MP
Sensor: Omnivision 16880 / 1.0μm pixel size
Aperture: f/2.2
Focal length / field of view: 12mm/80°
Camera feature
PixelMaster 4.0 camera mode:
Auto mode with HDR Pro features / Pro mode / Beauty mode /
Portrait / Super Resolution / Panorama / GIF Animation / Time Lapse / Slow Motion
SelfieMaster: Photo beautification / Video beautification / BeautyLive / Collage / Slideshow
Wireless
WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, Wi-Fi direct
Sensor
Front fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
SIM card and SD slot
Triple Slots: Dual SIM + MicroSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 3G WCDMA / 4G LTE service at a time.
Slot 3: Supports up to 2TB MicroSD card
Network
GSM Band 2, 3, 5, 8, WCDMA Bands 1, 5, 8, FDD-LTE Band 1, 3, 5, 7, 8, 20, TD-LTE Band 40. LTE Cat4: UL/DL 50/150Mbps, DC-HSPA+: UL/DL 5.76/42Mbps
GPS
GPS, AGPS, GLO, BDS
OS
Android Nougat 7.1.1 with new ASUS ZenUI 4.0
Battery
Non-removable 3.000mAh capacity
Audio / Microphone
5-magnet speaker for louder sound and less distortion, Audio CODEC integrated into PMIC, Dual internal mic with ASUS Noise Reduction Technology, FM radio
Size / Weight
155.66 x 75.9 x 7.85mm / 144 gram
Color
Deepsea Black, Rose Pink, Sunlight Gold
Price
Rp3.499.000

Asus Zenfone 4 Selfie Pro


Model
ZenFone 4 Selfie Pro (ZD552KL)
Display, Resolution
5.5-inch Full HD (1920 by 1080) AMOLED display, 76.7% screen-to-body ratio, 500nits brightness, Over 100% NTSC high color gamut display, 2.5D Corning® Gorilla® Glass for best screen protection, 1.7mm slim bezel, Bluelight filter for eye care, Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports glove touch)
SoC Processor
CPU
Qualcomm Snapdragon 625 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core Processor FinFET LPP (Low Power Plus), Powersaving Technology
GPU
Qualcomm Adreno 506
Memory
RAM / Storage
LPDDR3 4GB RAM / eMCP 4GB
Camera System
Front
Camera 1 (main)
Resolution: 24MP DuoPixel
Sensor: Sony Exmor RS IMX362 / 1.4μm pixel
Aperture: f/1.8
Focal length / field of view: 25mm/83°
Front
Camera 2 (wide-angle)
Resolution: 5MP
Sensor: Omnivision 5670 / 1.12μm pixel size
Aperture: f/2.2
Focal length / field of view: 12mm/120°
Rear camera
Resolution: 16MP
Sensor: Sony Exmor IMX 351 / 1.0μm pixel
Aperture: f/2.2
Focal length / field of view: 26mm/80°
Camera feature
PixelMaster 4.0 camera mode:
Auto mode with HDR Pro features / Pro mode / Beauty mode /
Portrait / Super Resolution / Panorama / GIF Animation / Time Lapse / Slow Motion
SelfieMaster: Photo beautification / Video beautification / BeautyLive / Collage / Slideshow
Wireless
Integrated 802.11b/g/n 2.4Ghz; WiFi-direct CAT 7 LTE – up to 300Mbps download (carrier dependent)
Connectivity
Bluetooth 4.2, Micro USB 2.0 (support OTG), 0.3s ultrafast fingerprint unlock, support 5 fingers 360 degree recognition
SIM card and SD slot
Dual slots, dual SIM dual standby (4G+3G)
Slot1: nano SIM (2G / 3G / 4G)
Slot2: nano SIM (2G / 3G / 4G) or microSD card (supports up to
2TB)
GPS
GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS
Android 7.0 (Nougat) with ZenUI 4.0 new skin and features:
smart gallery, wallpaper slideshow, page maker, ZenUI safeguardBeautyLive
Battery
3000mAh non removable battery with fast charging capability
Audio / Microphone
Hi-Res Audio 192kHz/24-bit support (4x CD quality), New 5 Magnet Structure Speaker for louder sound and less distortion, DTS HeadPhoneX: 7.1 Virtual surround, Microphone x 2 (one for noise reduction)
Size / Weight
154.02x74.83x6.85 mm / 147g
Color
Rogue Red, Sunlight Gold, Deepsea Black
Price
Rp4.999.000

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.