Skip to main content

Realme 2 Series Akan Meluncur 9 Oktober di Indonesia

Setelah menuai kesuksesan di India, Realme nampaknya akan segera melakukan ekspansi ke Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan beredarnya sebuah teaser di akun Instagram resmi mereka. Rencananya, sub-brand dari Oppo tersebut akan menyelenggarakan sebuah event yang akan digelar pada 9 Oktober mendatang.

Review Asus Zenfone 4 Max: Solusi Hemat untuk Daya Tahan Brilian

Daya tahan baterai menjadi salah satu problematika para pengguna ponsel pintar masa kini. Tidak heran, sebab perkembangan teknologi prosesor, pengolah grafis, hingga layar yang begitu pesat pada sebuah ponsel pintar tidak diimbangi dengan perkembangan teknologi baterai yang terkesan jalan di tempat. Untuk mengatasi hal tersebut beragam cara dilakukan oleh pabrikan ponsel untuk memaksimalkan daya tahan baterai dari ponsel pintar yang mereka buat. Salah satu pabrikan yang cukup konsisten dalam hal ini adalah Asus, dengan menghadirkan ponsel Zenfone seri Max yang mengedepankan daya tahan baterai.

asus zenfone 4 max

Di penghujung tahun 2017 ini, Asus menghadirkan Asus Zenfone 4 Max. Ponsel pintar ini hadir sebagai "adik kecil" dari Asus Zenfone 4 Max Pro yang pernah penulis ulas di sini. Membawa spesifikasi yang lebih sederhana dan tentunya banderol harga yang lebih hemat, apakah Zenfone 4 Max memiliki kemampuan yang sederhana? Nyatanya tidak juga lho, guys.

Asus Zenfone 4 Max memiliki bahasa desain yang sama dengan Max Pro. Dengan pemindai sidik jari yang terletak di bagian bawah layar di depan dan kamera belakang dengan konfigurasi kamera ganda yang terletak di bagian kiri atas pada sisi belakang ponsel ini. Layarnya memiliki ukuran yang lebih kecil, yakni 5 inci. Ukuran yang sangat pas bagi sebagian orang, namun agak terasa kecil bagi penulis yang biasa menggunakan ponsel dengan luas layar lebih dari 5,5 inci. Layar tersebut memiliki resolusi 720 x 1.280 HD yang cukup nyaman dipandang oleh mata. Selain pemindai sidik jari, terdapat tombol back dan menu yang terletak di bagian bawah layar tersebut. Sayangnya, kedua tombol kapasitif tersebut belum dilengkapi dengan backlight yang tentunya dapat membantu kamu saat menggunakan ponsel ini di tempat yang gelap.

asus zenfone 4 max

Menggunakan chipset kelas pemula Qualcomm Snapdragon 425 tidak berarti kita dapat memandang ponsel ini sebelah mata. Kesan penulis selama menggunakan ponsel ini untuk menunjang kegiatan sehari-hari masih bisa dibilang cukup gegas. Tidak ditemukan adanya hambatan yang berarti. Bahkan untuk bermain game MOBA seperti Arena of Valor masih dapat dimainkan secara lancar, meskipun kualitas gambarnya harus menyesuaikan. Dengan RAM sebesar 3GB, multitasking di ponsel ini juga masih bisa dilakukan dengan prima.

asus zenfone 4 max
Hasil pengujian AnTuTu Benchmark v6.2.7.

asus zenfone 4 max
Hasil pengujian Quadrant Benchmark.

asus zenfone 4 max
Hasil pengujian Geekbench 4.2.0.

asus zenfone 4 max
Hasil pengujian 3DMark dengan modus Sling Shot.

asus zenfone 4 max
Skor detail hasil pengujian 3DMark dengan modus Sling Shot.

Tidak menjadi fitur unggulan, bukan berarti kamera ganda yang ada pada ponsel ini hanyalah sekadar gimmick saja. Kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 13 megapiksel dengan bukaan f/2.0 dan kamera sekunder 5 megapiksel dengan bukaan f/2.2 bekerja cukup baik, tidak istimewa tapi juga tidak mengecewakan. Foto-foto hasil jepretan dari kedua kamera tersebut mampu menghasilkan gambar yang cukup prima ketika kondisi cahaya cukup. Jika kondisi cahaya agak redup maupun gelap, terlihat cukup banyak noise meskipun bisa dibilang wajar untuk ponsel di kelas pemula. Sama seperti Max Pro, kamera sekunder pada ponsel ini membuat penulis senang untuk jepret-jepret. Memiliki lensa wide-angle, cakupan gambar yang bisa ditangkap oleh kamera ini lebih luas. Meskipun detailnya tidak setajam kamera utama karena resolusi hanya 5 megapiksel, namun hasilnya cukup memuaskan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan foto dengan modus potrait untuk menghasilkan gambar bokeh kekinian yang dijadikan fitur unggulan pada kamera ponsel di harga 3 jutaan saat ini.

Berikut adalah beberapa hasil tangkapan dari kamera utama, kamera sekunder, dan kamera depan Asus Zenfone 4 Max. Semuanya menggunakan modus otomatis. Olah digital yang dilakukan hanyalah untuk mengubah ukuran dan kompresi ukuran file agar lebih nyaman untuk dilihat oleh pembaca.

Modus otomatis - outdoor siang - (atas normal, bawah wide).

review asus zenfone 4 max

hasil foto asus zenfone 4 max


review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

Berikut adalah contoh hasil foto outdoor siang menggunakan modus potrait (atas off, bawah on).

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

Modus otomatis - indoor cahaya lampu - (atas normal, bawah wide).

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

Modus otomatis - outdoor petang menjelang malam - (atas normal, bawah wide).

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max


Untuk kamera depannya, penulis tidak menemukan hal yang istimewa. Namun sangat cukup untuk mengakomodir kebutuhan swafoto bagi penggunanya.

Modus otomatis - outdoor siang (atas normal, bawah potrait).

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

Modus otomatis - indoor cahaya lampu (atas normal, bawah potrait).

review asus zenfone 4 max

review asus zenfone 4 max

Baterai tanam berkapasitas 4.100 mAh menjadi nilai jual utama pada Asus Zenfone 4 Max. Dengan pola pemakaian ala penulis, baterai tersebut sanggup tahan seharian penuh dari waktu penulis bangun (06.00, daya 100%) hingga waktu penulis tidur (23.00, daya 20%). Bahkan jika digunakan untuk kebutuhan yang lebih ringan (tanpa bermain game), ponsel ini bisa tembus 1,5 hari. Sayangnya, Asus tidak melengkapi ponsel ini dengan fitur pengisian daya cepat. Sehingga waktu pengisian daya untuk ponsel ini menjadi agak lama, sekitar lebih kurang dua jam setengah untuk mengisi daya dari 20% hingga penuh 100%. Walaupun hal ini cukup dimaklumi mengingat banderol harganya yang terbilang cukup terjangkau.

asus zenfone 4 max
Sensor yang ada pada Asus Zenfone 4 Max.

Itulah ulasan lengkap mengenai Asus Zenfone 4 Max. Jika kamu mencari sebuah ponsel yang memiliki fitur kamera ganda, daya tahan baterai yang lama, serta performa yang cukup gegas, Zenfone 4 Max layak menjadi pilihan. Apalagi dengan banderol harga resmi hanya Rp 2.299.000 saja, rasanya rasanya sulit menemukan alternatif dengan kemampuan yang sama dengan ponsel ini. Di dalam paket penjualannya, Asus juga sudah menyertakan sebuat soft case bening sehingga kamu tidak perlu membeli case lagi.

Ada satu hal yang menurut penulis menjadi keunggulan lainnya dari Asus Zenfone 4 Max yakni konfigurasi triple slots. Dengan konfigurasi ini, penulis bisa menggunakan dua nomor ponsel sekaligus dan sebuah kartu microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan pada ponsel ini. Slot microSD tersebut mendukung hingga kapasitas 256GB. Jadi, jika 32GB dirasa kurang, tinggal pasang aja kartu microSD yang kamu miliki. Cukup berguna untuk menjadi tempat penyimpanan file seperti foto, musik, dan video.

Jika ingin melihat spesifikasi lengkap dari Asus Zenfone 4 Max, kamu bisa melihatnya pada tabel di bawah ini.

Layar
5,2 inci dengan resolusi 720 x 1.280 piksel, LED-backlit IPS LCD.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
150,5 x 73,3 x 8,8 mm, 156 g.
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 425 dengan prosesor quad-core Cortex A-53 berkecepatan 1,4GHz.
GPU
Adreno 308.
RAM
3GB.
Internal Storage
32GB.
External Storage
microSD hingga kapasitas 256GB (slot terpisah dari kartu SIM).
Kamera Belakang
Kamera utama 13 megapiksel dengan bukaan f/2.0 dan kamera sekunder 5 megapiksel dengan bukaan f/2.2 dan lensa wide, lampu kilat LED.
Kamera Depan
Resolusi 8 megapiksel dengan bukaan f/2.2.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, GPS, GLONASS, BDS, microUSB 2.0.
Baterai
4.100 mAH.
Sistem Operasi
Android 7.1.1 Nougat dengan antarmuka ZenUI 4.0.

Comments

  1. Wahh produktif banget mas, padahal lagi sakit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya, nggak bisa diem di kasur terus saya orangnya :)

      Delete
  2. Fotonya keren-keren 😍😍😍😍

    ReplyDelete
  3. memang produk asus fiturnya bagus bagus.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk harga segini sih, sudah sangat memadai ya untuk sebagian pengguna :)

      Delete
  4. Bagus nih hpnya saya juga pakai

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.