Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

HTC U11 EYEs: Mampukah Mengembalikan Pamor HTC?

HTC adalah salah satu produsen ponsel pintar yang paling awal dalam mengadopsi ponsel dengan sistem operasi Android. Terkenal akan antarmuka Sense UI yang fungsional dan build quality yang menawan, perusahaan Taiwan ini banyak fanboy yang tidak kalah militan dengan merek tetangga. Namun semuanya tinggal kenangan. Saat ini, HTC sedang berada di ujung tanduk. Sudah beberapa kali ke belakang mereka menggelontorkan beberapa produk yang bisa dibilang cukup menarik, namun tidak disambut dengan baik oleh pasar. Seraya belum menyerah, mereka kembali meluncurkan sebuah produk di awal 2018 ini yang diberi nama HTC U11 EYEs.

Gambar dari htc.com.

Sebagai pembuka, HTC U11 EYEs bergabung dengan tren ponsel pintar kekinian dengan meneruskan layar panjang 18:9,6" yang sudah hadir terlebih dahulu pada U11+ dan menambahkan fitur 'Face Unlock'. Layar berjenis Super LCD3 tersebut memiliki ukuran 6 inci dengan resolusi full HD+ 1.080 x 2.160 dan dilindungi oleh lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3. Karena memiliki layar yang hampir memenuhi sisi depan, maka sensor pemindai sidik jari pada ponsel ini diletakkan pada sisi belakang, tepatnya di bawah kamera.

Fitur kekinian lainnya yang dibawa oleh HTC U11 EYEs adalah kamera depan ganda. Kamera tersebut terdiri atas dua buah kamera dengan sensor 5 megapiksel dan aperture f/2.2 yang mampu melakukan penangkapan gambar dengan modus potrait yang menghasilkan gambar dengan latar belakang blur. Tidak hanya itu, kedua kamera depan tersebut bertugas untuk menjalankan fitur keamanan 'Face Unlock' yang memungkinkan kamu untuk membuka kunci layar dengan memperlihatkan wajah saja, sama seperti yang ada di iPhone X. Sedangkan pada sektor kamera belakang, ponsel ini dibekali dengan sensor 12 megapiksel yang memiliki teknologi UltraPixel serta OIS dan aperture sebesar f/1.7. Kamera tersebut mampu untuk melakukan perekaman video 1080p dengan modus slow motion dengan frame rate 120 fps.

Baca juga: HTC 10: Akankah Menjadi Game Changer Untuk HTC?

Dari sekian banyak fitur kekinian pada ponsel ini, dapur pacu menjadi 'batu sandungan' yang membuat nilai dari HTC U11 EYEs menjadi agak turun. Ntah apa yang ada dipikirkan oleh para engineer di Taiwan, menggunakan chipset yang sudah berumur dua tahun yakni Qualcomm Snapdragon 652 yang terdiri atas prosesor octa-core berkecepatan 1,8GHz dan pengolah grafis Adreno 510. Memang sih secara performa prosesor ini bisa dibilang masih sangat mumpuni untuk menemani kegiatan kamu sehari-hari, tapi dengan fabrikasi 28nm nampaknya akan sulit untuk mengejar efisiensi daya yang dimiliki oleh anak emas Qualcomm, baik Snapdragon 625, 626, ataupun 630. RAM sebesar 4GB dan internal storage seluas 64GB adalah 'jeroan' lainnya yang bisa kamu temukan pada ponsel ini. Jika dirasa kurang cukup, kamu bisa menambahkan kartu microSD hingga kapasitas 400GB. Namun satu hal yang perlu diingat, slot microSD tersebut berbagi tempat dengan slot kartu SIM kedua (sistem hybrid slot).

HTC U11 EYEs akan diluncurkan ke pasar Taiwan pada 9 Februari 2018 mendatang. Dibanderol seharga NT$14.900 atau sekitar Rp 6,7 juta, nampaknya HTC cukup percaya diri ponsel andalan mereka ini dapat bersaing di pasar menengah ke atas. Di Indonesia sendiri, kamu sudah bisa mendapatkan ponsel pintar flagship dengan harga yang tidak jauh dari banderol HTC U11 EYEs tersebut. Dua diantaranya adalah LG G6 dan Samsung Galaxy Note FE. Bagaimana menurut kamu, apakah ponsel ini bisa bersaing dengan dua flagship yang disebutkan oleh penulis? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.