Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Review Asus X555BP: Laptop 5 Juta Bisa Ngapain Aja?

Seorang mahasiswa masa kini membutuhkan sebuah laptop untuk dapat menunjang aktivitasnya sehari-hari. Bagaimana tidak, segala kegiatan seperti mengerjakan tugas kampus, mencari hiburan dengan berselancar di dunia maya, streaming film maupun video, mendengarkan musik, hingga bermain game semua dapat dikerjakan dengan menggunakan laptop. Selain wajib tahan banting, mahasiswa sepertinya juga memerlukan sebuah laptop yang dapat diandalkan untuk menjalankan berbagai aktivitas tersebut dengan lancar tanpa lemot. Namun apa daya, kantong mahasiswa yang isinya pas-pasan terkadang membatasi pilihan laptop yang dapat dibeli.

asus vivobook x555bp

Namun tenang saja, AMD, salah satu produsen prosesor asal Amerika Serikat memiliki solusi dengan meluncurkan sebuah platform prosesor APU (accelerated processing unit) yang menawarkan performa gegas namun tetap memiliki banderol harga yang terjangkau. Salah satu laptop yang baru saja meluncur di pasaran dengan platform tersebut adalah Asus X555BP. Produsen laptop ternama asal Taiwan ini datang dengan prosesor  dual-core yang memiliki kecepatan di rentang 3 - 3,6GHz, pengolah grafis AMD Radeon R4 yang dikombinasikan dengan Radeon R5 M420, media penyimpanan berupa hard disk seluas 500GB, serta RAM sebesar 4GB.

asus vivobook x555bp

asus vivobook x555bp

Laptop yang masih masuk ke dalam seri Vivobook ini memiliki garis desain yang sama dengan lini Vivobook lainnya, termasuk Asus X555QG yang sudah pernah diulas oleh penulis. Dengan paduan warna perak dan abu-abu, laptop ini terlihat stylish dan modern. Mengadopsi teknologi "Ice Cool", bagian sekitar keyboard yang biasanya terjamah oleh tangan penggunanya akan tetap dingin meskipun laptop sedang digunakan dalam status kinerja penuh. Tidak hanya itu, keyboard pada X555BP juga dirancang secara ergonomis sehingga kamu dapat mengetik dengan nyaman meskipun digunakan pada waktu yang cukup lama.

Untuk kelengkapan konektivitas, Asus X555BP memiliki sejumlah fitur yang cukup lengkap. Di sisi kiri, kamu bisa menemukan sebuah charging port, LAN port, RGB, HDMI, dua USB 3.0, dan sebuah kensington lock. Sedangkan pada sisi kanan laptop ini, kamu akan melihat sebuah memory card reader, jack audio, dan sebuah USB 2.0. Optical drive berjenis DVD-RW juga masih tersedia pada laptop ini. Sehingga jika kamu masih memanfaatkan media kepingan yang sudah mulai uzur tersebut, kamu bisa mengandalkan laptop ini untuk melakukan baca dan tulis ke media CD maupun DVD.

asus vivobook x555bp
Chiclet keyboard yang cukup nyaman digunakan.

asus vivobook x555bp
Tersedia numpad untuk memudahkan pengetikan angka.


asus vivobook x555bp
Touchpad yang cukup luas.

asus vivobook x555bp
Kelengkapan konektivitas di sisi kiri Asus X555BP.

asus vivobook x555bp
Kelengkapan konektivitas serta optical drive di sisi kanan Asus X555BP.

Berbicara mengenai performa, Asus X555BP menggunakan platform prosesor APU dari AMD yang ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan keseimbangan antara performa maupun efisiensi daya. Namun bukan berarti laptop ini tidak gegas, prosesor AMD A9-9420 dual-core yang memiliki kecepatan maksimum hingga 3.600MHz ini memiliki performa yang diandalkan untuk mengejakan pekerjaan sehari-hari. Membuka dokumen menggunakan Microsoft Office, melakukan editing foto dengan Adobe Photoshop, atau memutar video menggunakan PotPlayer dapat dijalankan dengan gegas. Perpindahan antar aplikasi pun cukup lancar dengan RAM sebesar 4GB yang menurut CPU-Z terpasang dengan konfigurasi dual channel. Meskipun memang lama-lama akan terasa sedikit melambat ketika kamu terlalu banyak membuka tab pada peramban Google Chrome (ya, browser populer ini boros memory).

asus vivobook x555bp
Prosesor pada Asus X555BP.

asus vivobook x555bp

asus vivobook x555bp
RAM pada Asus X555BP.

asus vivobook x555bp
Kartu grafis integrated pada Asus X555BP.

asus vivobook x555bp
Kartu grafis dedicated pada Asus X555BP.

Bagaimana dengan performa gaming dari laptop ini? Kartu grafis AMD Radeon R5 M420DX yang tertanam pada komputer jinjing ini sanggup untuk diajak bermain beberapa game populer lawas seperti Age of Empire II dan Rome: Total War. Namun ketika diajak bermain game populer kekinian seperti Pro Evolution Soccer 2018, laptop ini tidak dapat menjalankannya secara lancar alias patah-patah. Memang sih, di rentang harganya yang hanya 5 jutaan bisa dibilang wajar mengingat kartu grafis yang ditanamkan adalah kartu grafis kelas entry-level.

asus vivobook x555bp
Nilai dari hasil pengujian 3DMark dengan modus Sky Diver.

asus vivobook x555bp
Nilai detail dari hasil pengujian 3DMark dengan modus Sky Diver.

asus vivobook x555bp
Nilai pengujian Cinebench R15.

asus vivobook x555bp
Pengaturan yang digunakan untuk pengujian Heaven Benchmark.

asus vivobook x555bp
Hasil pengujian Heaven Benchmark.

asus vivobook x555bp
Pengaturan yang digunakan untuk pengujian Resident Evil 6.

asus vivobook x555bp
Hasil pengujian dari Resident Evil 6.

asus vivobook x555bp
Pengaturan yang digunakan untuk pengujian Pro Evolution Soccer 2018.

asus vivobook x555bp
Hasil pengujian Pro Evolution Soccer 2018.

Fitur hiburan untuk mendengarkan musik dan menonton film adalah salah satu aktivitas yang dapat dinikmati dengan cukup nyaman menggunakan Asus X555BP. Hal ini ditunjang oleh speaker-nya yang mengadopsi teknologi Sonic Master. Suara yang dihasilkan oleh speaker tersebut bisa dibilang lebih baik dibandingkan dengan speaker laptop lainnya pada rentang harga yang sama. Penulis mencoba untuk menikmati musik dan film seri favorit via Spotify dan Netflix. Hasilnya, suara yang dihasilkan oleh speaker notebook ini cukup memuaskan. Suara vokal dan instrumen cukup terdengar jelas, bass-nya pun cukup enak didengar. Layarnya pun cukup jernih dan nyaman untuk dilihat, sehingga ketika kita menonton film ataupun film seri dan bermain game dalam jangka waktu yang panjang, mata kita tidak akan cepat lelah.

Suhu dan daya tahan baterai merupakan salah satu pertimbangan ketika ingin membeli laptop. Bagaimana dengan Asus X555BP? Suhu perangkat ketika sedang idle atau melakukan pekerjaan ringan seperti mengolah dokumen, browsing internet, ataupun mendengarkan musik menggunakan Spotify, sekitar 42-54 derajat celcius. Sedangkan jika laptop ini digunakan untuk pekerjaan haus daya seperti bermain game, mengolah video, ataupun menambang cryptocurrency, suhu bisa mencapai 68-78 derajat celcius. Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Asus X555QG dapat bertahan hingga 2,5 jam untuk pemakaian ringan pada saat modus high performance, sedangkan untuk pemakaian berat laptop ini dapat bertahan hingga 1,5 jam pada modus yang sama.

asus vivobook x555bp
Suhu idle Asus X555BP.

asus vivobook x555bp
Suhu full load Asus X555BP.

Asus X555BP merupakan salah satu laptop kelas pemula yang direkomendasikan untuk kamu di penghujung tahun 2017 ini. Datang dengan spesifikasi yang dapat diandalkan dengan model yang cukup stylish, laptop ini cocok untuk digunakan untuk pengguna yang membutuhkan performa yang prima untuk mengerjakan pekerjaan kantoran, tugas kuliah, ataupun menikmati hiburan multimedia seperti karyawan kantor ataupun mahasiswa. Laptop ini dapat kamu beli hanya seharga 5 - 5,4 juta rupiah. Harga tersebut bisa berbeda-beda pada tiap toko. Biasanya, kamu dapat membeli secara online dengan harga lebih murah dibandingkan kamu membeli secara langsung di toko biasa. Namun di manapun kamu membelinya, pastikan produk yang kamu beli bergaransi resmi Asus yang di cover selama 2 tahun secara global.

Baca juga: Review Asus X555QG: Solusi Cermat untuk Performa Gegas

Untuk spesifikasi teknis dari Asus X555BP bisa kamu lihat di bawah ini.

Prosesor
AMD Stoney Ridge A9-9420 Dual-core 3.6 GHz
GPU
AMD Radeon R5 + Radeon R5 M420 Dual Graphics 2GB DDR3 VRAM
Memory RAM
4 GB DDR3 2133MHz SDRAM
Storage
1 TB 5400 RPM SATA HDD
Layar
15,6 inci dengan resolusi 1.360 x 768
Sistem Operasi
Windows 10 Home
Optical Drive
DVD-RW
Konektivitas
1 x COMBO audio jack 
1 x VGA port
2 x USB 3.0 port(s)  (USB 3.1 GEN1)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN
1 x HDMI

Integrated 802.11 b/g/n
Bluetooth 4.0
10/100/1000/Gigabits Base T
2-in-1 card reader (SD/SDHC)
Dimensi (Panjang x Lebar x Tebal)
38,2 x 25,6 x 2,58 cm
Bobot
2,2 kg dengan baterai

Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com.

Comments

  1. Replies
    1. 2kg untuk laptop ukuran 15,6 inci sih standar koh hehehe

      ROG saya kayaknya lebih berat lagi hiks

      Delete
  2. Terima kasih sudah ikutan Blog Competition ASUS AMD - Laptop for Everyone. Good luck ya.

    ReplyDelete
  3. Penjelasannya sangat detail namun mudah untuk dipahami,, terima kasih. Sangat membantu. 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah membaca, alhamdulillah jika membantu :)

      Delete
  4. Replies
    1. sayang sekali saya gak nyoba dota 2 pas nguji laptop ini, tapi kalau pes 2018 gak terlalu lancar sih, dota 2 juga mungkin demikian

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.