Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Review Infinix Zero 5: Harga 3 Jutaan dengan RAM 6GB

Apa yang ada di dalam benak kalian jika kita membiacarakan smartphone di harga 3 jutaan? Layar 5,5 inci full HD, kamera ganda, ataupun prosesor kencang? Itu sih memang sudah lumrah. Bagaimana jika kamu menemukan sebuah smartphone dengan layar 5,98 inci full HD, kamera ganda 12 + 13 megapiksel dengan lensa telephoto, prosesor octa-core dengan kecepatan 2,6GHz, serta RAM sebesar 6GB dengan banderol harga di bawah 4 juta rupiah? Terlihat luar biasa kan! Ya, sambutlah flagship terbaru dari Infinix lini Zero, yakni Infinix Zero 5.


Melihat desain pada Infinix Zero 5, terlihat cukup generik dan tidak ada perbedaan yang berarti pada sisi depannya. Namun jika kita berpindah ke sisi belakang, sekilas bagian atasnya terlihat seperti Nexus 6P. Sebuah layar seluas 5,98 inci berjenis IPS LCD dengan resolusi full HD 1.080 x 1.920 tampak memenuhi sebagian besar sisi depan dari ponsel ini. Tidak ada tombol apapun di bagian bawah layar, yang membuat ponsel ini terlihat memiliki 'dagu' yang cukup besar. Smartphone ini memiliki bezel yang tidak terlalu tebal, meskipun untuk "jaman now" rasanya bezel seperti ini sudah cukup membosankan. Apalagi sekarang banyak smartphone baru yang sudah menggunakan rasio layar 18:9 serta edge display. Mungkin Infinix bisa mempertimbangkan hal ini ketika ingin meluncurkan produk lainnya di tahun 2018 ini.

Pada bagian atas layar Infinix Zero 5, terdapat sebuah speaker yang berfungsi untuk mendengarkan suara lawan bicara ketika melakukan panggilan telepon. Di sampingnya terdapat sebuah kamera depan, proximity sensor, dan sebuah lampu kilat LED. Pindah ke sisi belakang smartphone ini, pandangan kamu pasti langsung tertuju pada bagian atas yang cukup ramai. Ya, di bagian tersebut terdapat dua buah kamera yang ditemani oleh lampu kilat LED ganda. Tulisan "Optical Zoom 12M Wide/13M Tele" juga bisa ditemukan pada bagian kanannya. Di bawahnya terdapat sebuah pemindai sidik jari. Sekadar catatan, karena fisik smartphone ini yang terbilang besar, maka mungkin kamu akan kesulitan untuk menjangkau pemindai sidik jari tersebut. Hal ini juga bisa menjadi catatan untuk Infinix, mungkin sebaiknya pemindai sidik jari diposisikan pada sisi depan bagian bawah layar saja (terlepas dari ini adalah posisi favorit penulis).

infinix zero 5

infinix zero 5

infinix zero 5

infinix zero 5

Untuk bagian sisinya, di sisi bawah kita mendapatkan sebuah USB Type-C port yang dapat digunakan untuk mengisi daya ataupun menghubungkannya ke laptop/PC dengan menggunakan kabel data. Oh ya, smartphone ini juga sudah mendukung pengisian daya cepat XCharge khas Infinix lho. Jadi kamu tidak perlu menunggu lama ketika ingin mengisi daya baterai ketika sudah dalam keadaan "low batt". Di sisi kanan, kita akan menemukan sebuah tombol power dan dua buah tombol volume up/down. Ketiga tombol tersebut terasa solid dan tidak longgar. Hanya saja lagi-lagi karena fisik yang bongsor, mungkin jari kamu harus bekerja ekstra untuk dapat menyentuh tombol tersebut. Di atas tombol volume, terdapat sebuah tray yang terdiri dari dua buah slot kartu SIM berjenis micro dan di sisi kiri smartphone ini terdapat sebuah slot microSD yang dapat mendukung hingga kapasitas 128GB. Ya, slot tersebut tersedia dengan konfigurasi terpisah atau triple slots, sehingga kamu bisa menggunakan dua buah kartu SIM dan sebuah microSD secara bersamaan.

Berada di kelas menengah, Infinix Zero 5 dibekali oleh chipset kawakan namun sayangnya kurang populer dari MediaTek, yakni Helio P25 MT6757. Chipset tersebut terdiri atas delapan inti Cortex-A53 dengan clockspeed yang cukup tinggi di angka 2,6GHz. Hal ini membuatnya setara atau sedikit lebih unggul jika dibandingkan dengan rival sekelasnya, Snapdragon 625 ataupun 626. Terbukti dengan peforma yang gegas dan menjalankan aplikasi apapun begitu lancar tanpa lag selama penulis menggunakan smartphone ini. Di sektor kartu grafis, Zero 5 dibekali dengan Mali-T880 MP2 yang mampu menjalankan beragam game tanpa kendala. Beberapa game yang penulis sering mainkan seperti Arena of Valor, PES 2018, hingga Asphalt 8: Airborne berjalan mulus tanpa hambatan. Oh ya, RAM sebesar 6GB yang menjadi salah satu nilai jual utama dari smartphone ini juga sangat berguna lho. Kamu bisa menjalankan multitasking dengan lebih prima dan tanpa kendala apapun. Berpindah-pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya terasa sangat lancar dan tidak tersendat.

Hasil pengujian AnTuTu Benchmark v6.2.7.

Hasil pengujian Geekbench 4.2.0.


Hasil pengujian 3DMark dengan modus Sling Shot.

Kamera pada Infinix Zero 5 menjadi nilai jual utama lainnya. Berbekal kamera belakang dengan konfigurasi kamera ganda, yakni kamera primer dengan resolusi 12 megapiksel yang memiliki aperture f/2.0 dan lensa wide serta kamera sekunder dengan resolusi 13 megapiksel yang memiliki aperture f/2.6 dengan kemampuan 2x optical zoom. Kamera tersebut juga dilengkapi dengan fitur auto focus dan lampu kilat LED. Foto-foto yang dihasilkan oleh kamera smartphone ini bekerja sangat prima ketika kondisi cahaya cukup. Jika kondisi cahaya agak redup maupun gelap, memang ada penurunan kualitas gambar namun masih di dalam batas wajar. Penulis sendiri sangat puas dengan kamera dari smartphone ini.

Berikut adalah beberapa hasil tangkapan dari belakang Infinix Zero 5. Semuanya menggunakan modus otomatis. Olah digital yang dilakukan hanyalah untuk mengubah ukuran dan kompresi ukuran file agar lebih nyaman untuk dilihat oleh pembaca.

Modus otomatis - outdoor siang

review infinix zero 5

review infinix zero 5

review infinix zero 5

review infinix zero 5

review infinix zero 5

review infinix zero 5

Modus potrait - outdoor siang

review infinix zero 5

infinix zero 5

Modus otomatis - indoor

review infinix zero 5

infinix zero 5

infinix zero 5

review infinix zero 5

review infinix zero 5

infinix zero 5

Modus potrait - indoor

review infinix zero 5

review infinix zero 5

Modus otomatis - outdoor malam

review infinix zero 5

infinix zero 5

infinix zero 5

infinix zero 5

infinix zero 5

infinix zero 5

Modus potrait - outdoor malam

review infinix zero 5

review infinix zero 5

Kamera depan Infinix Zero 5 dibekali dengan sensor 16 megapiksel dengan aperture f/2.0. Dengan konfigurasi tersebut, kamera depan dari smartphone ini mampu menghasilkan swafoto yang cukup baik, bahkan di tempat yang kurang cahaya sekalipun.

Outdoor siang - atas modus otomatis, bawah potrait

review infinix zero 5

review infinix zero 5

Indoor - atas modus otomatis, bawah potrait

review infinix zero 5

review infinix zero 5

Outdoor malam - atas modus otomatis, bawah potrait

review infinix zero 5

infinix zero 5

Pada pengujian kali ini, penulis juga sempat merekam video menggunakan modus otomatis dengan pengaturan resolusi 1080p. Seperti inilah hasilnya.


Baterai tanam berkapasitas 4.350 mAh menjadi jantung pada Infinix Zero 5. Dengan pola pemakaian ala penulis, baterai tersebut tahan seharian dari waktu penulis bangun (06.00, daya 100%) hingga waktu penulis akan tidur malam (23.00, daya sisa 20%). Daya tahan ini bisa dibilang sangat baik, apalagi dengan ukuran layar yang lebih besar dibandingkan rata-rata smartphone pada umumnya yang tentunya bisa menghabiskan lebih banyak daya. Lebih nyamannya lagi, Infinix juga memberikan fitur pengisian daya cepat XCharge di smartphone ini. Penulis hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit untuk mengisi daya sisa 20% tersebut kembali penuh 100%.

Sensor yang terdapat pada Infinix Zero 5.

Itulah ulasan lengkap mengenai Infinix Zero 5. Jika kamu saat ini sedang mencari sebuah smartphone dengan performa yang gegas, daya tahan baterai lama dengan fitur pengisian daya cepat, kamera belakang yang bagus, serta layar berukuran besar yang enak untuk dipandang, tentunya Zero 5 sangat layak dijadikan salah satu pilihan. Banderol harga yang hanya Rp 3.499.000 menambah daya tarik smartphone ini. Namun dengan berbagai keunggulan tersebut, smartphone ini juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama adalah smartphone ini memiliki fisik yang cukup besar, sehingga jika kamu memiliki tangan yang kecil maka akan cukup kesulitan untuk mengoperasikannya. Kedua, smartphone ini tergolong baru dan sepertinya hanya akan dijual secara ekslusif di Lazada. Maka dari itu, mungkin kamu akan kesulitan untuk membeli smartphone ini. Kecuali Infinix akan memutuskan untuk menjualnya di tempat lain.

Baca juga: Unboxing Infinix Zero 5: Flagship Keren Harga Super Hemat

Untuk spesifikasi teknis dari Infinix Zero 5, kamu bisa melihatnya pada tabel di bawah ini.

Layar
5,98 inci dengan resolusi 1.080 x 1.920 piksel, IPS LCD, Corning Gorilla Glass 3.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
166,4 x 82,3 x 7,9 mm, 197 g.
Prosesor
MediaTek Helio P25 MT6757 dengan prosesor octa-core (8 x 2,6GHz Cortex-A53).
GPU
Mali-T880 MP2.
RAM
6GB.
Internal Storage
64GB.
External Storage
microSD hingga kapasitas 128GB (slot terpisah dengan kartu SIM).
Kamera Belakang
Kamera ganda dengan konfigurasi:

Kamera utama: 12 megapiksel dengan aperture f/2.0, wide angle, lampu kilat dual-LED.

Kamera sekunder: 13 megapiksel dengan aperture f2.6, 2x optical zoom.
Kamera Depan
16 megapiksel dengan aperture f/2.0, lampu kilat LED.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.2, GPS, USB 3.1 Type-C 1.0.
Baterai
4.350 mAh dengan pengisian daya cepat XCharge.
Sistem Operasi
Android 7.0 Nougat dengan antarmuka XOS 3.0.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.