Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Sony Xperia XA2: Senjata Comeback Samurai Jepang

Meskipun langkahnya tidak seagresif kompetitornya yang berasal dari Korea Selatan dan Tiongkok, Sony Mobile masih memiliki penggemar loyalnya sendiri. Tahun lalu, mereka meluncurkan jajaran smartphone XA dan XZ. Melanjutkan seri sebelumnya, samurai Jepang tersebut meluncurkan penerus dari seri XA yakni XA2. Smartphone yang menyasar pengguna kelas menengah tersebut hadir dengan pemuktahiran spesifikasi mengikuti perkembangan teknologi terkini.

sony xperia
Gambar dari sonymobile.com.

Sony Xperia XA2 masih mengusung bahasa desain yang sama dengan XA1. Namun kali ini, bezel yang ada di sekeliling layar dibuat lebih tipis. Hal ini juga memungkinkan Sony untuk menggunakan layar sedikit lebih luas, yakni layar berukuran 5,2 inci dengan resolusi full HD berjenis IPS LCD.  Pada bagian belakang, sekarang kamu bisa menemukan sebuah pemindai sidik jari yang dapat digunakan untuk membuka kunci layar. Letak kamera belakangnya pun berubah posisi, dari yang berada di ujung kiri atas pada XA2, menjadi berada di tengah tepat di atas pemindai sidik jari. Sayangnya, desain ini terlihat sangat generik dan menjadikan smartphone ini terlihat seragam dengan ponsel merek lainnya.

Beralih ke dapur pacu, Sony Xperia XA2 mendapatkan upgrade yang cukup signifikan. Smartphone ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 630 yang terdiri dari prosesor octa-core Cortex-A53 berkecepatan 2.2GHz dan pengolah grafis Adreno 510. Chipset yang memiliki performa lebih baik dibandingkan dengan MediaTek Helio P20 yang ada pada XA1 tersebut juga ditunjang dengan RAM sebesar 3GB dan internal storage seluas 32GB. Jika ingin menambahkan tempat penyimpanan, Sony juga menyediakan sebuah slot kartu eksternal yang mendukung microSD hingga kapastias 256GB. Slot tersebut terpisah dari slot kartu SIM, sehingga kamu tetap bisa menggunakan dua kartu SIM sekaligus dan sebuah microSD tanpa harus mengorbankan salah satunya.

sony xperia
Gambar dari sonymobile.com.

Upgrade lainnya yang bisa ditemukan pada Sony Xperia XA2 adalah kapasitas baterai yang lebih besar. Smartphone ini dibekali dengan baterai li-ion berkapasitas 3.300mAh, jauh lebih besar dibandingkan dengan XA1 yang hanya 2.300mAh. Baterai tersebut juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat Qualcomm QuickCharge 3.0, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi karena waktu pengisian ulang baterai smartphone ini akan terasa lebih cepat. Pada sektor kamera, XA2 dipersenjatai dengan kamera belakang 23 megapiksel yang sama dengan milik XA1. Pada kamera depan, Sony menyematkan kamera 8 megapiksel dengan fitur ultra wide untuk membantu kamu melakukan swafoto bersama teman yang lebih mudah.


Sony Xperia XA2 akan diluncurkan dengan membawa sistem operasi Android 8.0 Oreo. Rencananya smartphone ini akan diluncurkan pada Februari 2018 mendatang. Tidak diketahui apakah XA2 akan dijual di pasar Indonesia, mengingat Sony Mobile Indonesia sudah cukup lama tidak meluncurkan smartphone terbaru. Sony Xperia Z5 dan Z5 Premium adalah produk terakhir yang diluncurkan oleh Sony Mobile di pasar Indonesia.

Spesifikasi teknis lengkap dari Sony Xperia XA2 bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Layar
5,2 inci dengan resolusi 1.080 x 2.160 piksel, IPS LCD.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
142 x 70 x 9,7 mm, 171 g.
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 630 dengan prosesor octa-core (8 x 2,2GHz Cortex-A53).
GPU
Adreno 510.
RAM
3GB.
Internal Storage
32GB.
External Storage
microSD hingga kapasitas 256GB (slotmenyatu dengan kartu SIM slot 2).
Kamera Belakang
23 megapiksel dengan aperture f/2.0, phase detection auto focus, lampu kilat LED.
Kamera Depan
8 megapiksel.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 5.0, GPS, GLONASS, USB 2.0 Type-C 1.0, FM Radio.
Baterai
3.300mAh dengan pengisian daya cepat.
Sistem Operasi
Android 8.0 Oreo

Comments

  1. spesifikasinya mantap nih....sony memang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sony memang joss, sayang kurang agresif

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.