Skip to main content

Review Realme 2 Pro: Paket Lengkap Harga Hemat!

Setelah sukses di India, Realme akhirnya mulai melakukan penetrasi di pasar Indonesia. Hal ini ditandai dengan rilisnya tiga jagoan mereka, yakni Realme 2, Realme 2 Pro, dan Realme C1. Masing-masing dari tipe tersebut sudah siap berjibaku melawan kompetitor yang cukup agresif di tanah air. Berada di kelas menengah, Realme 2 Pro membawa amunisi yang begitu menarik bagi para pecinta gadget dari Sabang hingga Merauke. Sebut saja: chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE, konfigurasi RAM + internal raksasa 8 + 128 GB, kamera belakang ganda dengan fitur AI, hingga layar full view dengan resolusi full HD+ yang cantik dengan notch berbentuk waterdrop. Seperti apakah pengalaman penulis menggunakan smartphone ini?

3 Hal Ini Menjadi Daya Tarik Utama Nokia 8

Nokia 8 baru saja dijual secara resmi di Indonesia pada hari Kamis (15/2) kemarin. Dijual secara terbatas dengan harga istimewa melalui situs belanja daring Lazada Indonesia, ponsel pintar ini mampu menarik para pecinta Android tanah air, khususnya bagi pengguna yang merindukan merek yang sempat meraih kejayaannya di tahun 2000an awal ini. Terbukti dengan habisnya varian warna polished blue dalam satu hari, walaupun pada keesokan harinya kamu masih bisa membeli varian warna steel yang menurut pendapat pribadi penulis terlihat lebih gagah dan kokoh.


Gambar dari nokia.com

Meskipun sempat diwarnai beberapa kendala transaksi dan pengiriman, namun hal tersebut tidak menutupi beragam daya tarik yang ditawarkan oleh Nokia 8. Dijual seharga Rp 6.499.000 (Rp 5.999.000 untuk harga istimewa dari Lazada Indonesia), bisa dibilang ponsel ini adalah ponsel flagship termurah dari merek berkelas internasional. Lalu, apa saja sih hal yang membuat kamu wajib memiliki Nokia 8? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Chipset terkencang Qualcomm Snapdragon 835

Nokia 8 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835, di mana saat ini chipset tersebut merupakan chipset paling kencang yang dapat ditemukan saat ini pada perangkat Android yang sudah beredar di pasaran. Chipset ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo berkecepatan 2,5GHz dan quad-core Kryo lainnya berkecepatan 1,8GHz. Untuk urusan pengolah grafis, chipset ini sudah menggunakan Adreno 540 yang dijamin lancar untuk menjalankan game dengan kualitas grafis kelas wahid. Dipadukan dengan RAM 4GB, nampaknya kamu tidak perlu ragu lagi akan performa dari ponsel ini dalam menjalankan berbagai aplikasi, game, maupun melakukan multitasking.

2. Kamera belakang ganda 13 megapiksel dengan lensa Zeiss

Tidak mau ketinggalan dengan tren kamera ganda, Nokia 8 dibekali dengan kamera belakang ganda yang keduanya memiliki resolusi 13 megapiksel, aperture f/2.0, phase detection dan laser autofocus, optical image stabilization, lampu kilat ganda dual-tone, serta tentunya lensa dari Carl Zeiss. Di atas kertas, seharusnya kamera tersebut mampu menghasilkan kualitas gambar yang bagus selayaknya ponsel flagship. Meskipun hasil dari beberapa ulasan mengatakan bahwa kamera belakang dari Nokia 8 ini belum bisa disejajarkan dengan iPhone ataupun flagship dari Samsung, namun dengan harga yang dibawah kedua ponsel tersebut nampaknya hal ini bukanlah sebuah masalah yang berarti. You get what you paid, right?

3. Jaminan update Android

Nokia telah memberikan jaminan update Android hingga versi P untuk semua perangkat yang diluncurkan pada 2017, termasuk Nokia 8. Selain itu, tiap bulannya Nokia juga menjanjikan akan memberikan pemuktahiran keamanan yang secara rutin di update oleh Google. Hal ini memang bukan perkara yang sulit, sebab Nokia menggunakan sistem operasi dengan polesan yang bisa dibilang minim. Jadi, para pengembang perangkat lunak HMD Global tidak perlu bekerja ekstra keras untuk menghadirkan update-update tersebut.

Itulah 3 hal yang menjadi daya tarik utama Nokia 8. Saat ini ponsel tersebut masing dijual secara luring di Lazada Indonesia dan masih dengan harga istimewa, yakni Rp 5.999.000. Namun jika kamu ingin membelinya secara luring, sepertinya harus bersabar menunggu hingga 1 Maret 2018 mendatang.

Baca juga: Nokia 8 Diluncurkan, Andalkan Kamera Ganda dengan Lensa Zeiss

Spesifikasi teknis lengkap dari Nokia 8 bisa kamu lihat di bawah ini.

Layar
5,3 inci dengan resolusi 1.440 x 2.560 piksel, IPS LCD, Corning Gorilla Glass 5
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
151,5 x 73,7 x 7,9 mm, 160 gram
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 835 octa-core (4 x 2,45 GHz Kryo dan 4 x 1,9 GHz Kryo)
GPU
Adreno 540
RAM
4 GB
Internal Storage
64 GB
External Storage
microSD hingga 256 GB
Kamera Belakang
Kamera ganda yang terdiri dari lensa warna 13 megapiksel dengan aperture f/2.0, laser and phase detection autofocus, Carl Zeiss optics, OIS, dan lensa monorkom dengan spesifikasi serupa. Dilengkapi dengan dua lampu kilat LED.
Kamera Depan
13 megapiksel
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS/ GLONASS/BDS, USB 3.1 Type-C 1.0
Baterai
Li-Ion 3.090 mAh
Sistem Operasi
Android 7.1.1 (saat ini sudah mendapatkan update Android 8.0)

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.