Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Inilah Gaming Laptop Pertama dengan Layar 144Hz

Asus terkenal dengan lini gaming laptop mereka yang masuk ke dalam jajaran Republic of Gamers atau biasa disebut dengan ROG. Gaming laptop pabrikan asal Taiwan tersebut pun membanjiri etalase banyak toko laptop, baik toko luring yang biasa ditemui di pusat perbelanjaan ataupun toko daring di internet. Sebagai lini depan dari jajaran laptop Asus, tiap tahunnya ROG melakukan perbaikan dan peningkatan mutu dengan meluncurkan tipe baru. Di awal 2018 ini, mereka meluncurkan sebuah gaming laptop dengan layar yang memiliki refresh rate sebesar 144Hz pertama di Indonesia. Sambutlah Asus ROG G703!

asus rog
Gambar dari dokumen Asus.

Bertempat di Empirica, kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Asus meluncurkan ROG G703 berbarengan dengan dua tipe lainnya, yakni GL503 Heroes dan Scar yang ditujukan untuk pasar gamer kelas menengah. Sedangkan untuk G703 ini menyasar untuk para gamer kelas atas yang menginginkan segala kecanggihan teknologi untuk membuat mereka memainkan game kelas AAA dengan pengaturan grafis tertinggi.

Sebagai pembuka, Asus ROG G703 memiliki layar seluas 17,3 inci berjenis IPS anti-glare yang beresolusi 1.920 x 1.080 full HD dengan refresh rate 144Hz. Teknologi refresh rate tertinggi untuk sebuah laptop tersebut tidak akan hanya memberikan pengalaman bermain game yang mulus bebas stutter dan tearting, tapi juga akan memberikan kamu respon yang lebih baik serta tampilan warna yang lebih prima tanpa harus terganggu oleh pantulan-pantulan cahaya. Selain itu, ukurannya yang cukup luas juga memberikan kamu keleluasaan untuk memandang objek gambar pada layar yang lebih enak.

Gambar dari dokumen Asus.

Ditujukan untuk gamer kelas atas, tentunya gaming laptop ini pun siap untuk mendobrak batas. Komponen terbaik telah ditanamkan oleh Asus pada ROG G703. Sebut saja prosesor dengan performa kencang Intel Core i7-7820HK yang dapat dipacu hingga kecepatan 4,3GHz. Tidak hanya itu, laptop ini juga memiliki memory RAM sebesar 32GB dengan tipe DDR4. Kapasitasnya pun dapat ditingkatkan hingga 64GB dengan ketersediaan empat slot SO-DIMM di dalamnya. Satu hal yang menarik, memory RAM yang ada pada laptop ini dapat di overclock hingga 2800MHz. Sehingga kamu dapat meningkatkan kinerja sistem yang ada pada laptop ini lebih prima lagi.

Sektor pengolah grafis menjadi kekuatan lainnya yang tertanam pada Asus ROG G703. Dipersenjatai dengan kartu grafis Nvidia GTX 1080 8GB GDDR5, memungkinkan laptop ini untuk menyajikan performa grafis yang mulus dan tajam. Tidak hanya itu, pengolah grafis ini juga menawarkan performa untuk gamer yang ingin mencoba virtual reality dengan kualitas terbaik. Kartu grafis ini juga bisa di overclock yang dapat mencapai boost clock maksimal hingga 1947MHz. Dengan peningkatan tersebut, tentunya kamu dapat menikmati beragam judul game kelas AAA dengan pengaturan tertinggi dan mendapatkan pengalaman bermain yang luar biasa.

Pada sektor media penyimpanan, Asus ROG G703 juga menyediakan kenyamanan dan kecepatan dengan dua buah SSD M.2 berkapasitas 256GB yang mendukung NVMe dalam konfigurasi RAID 0. Kehadiran media penyimpanan dengan kecepatan baca/tulis yang sangat cepat ini tidak hanya akan meningkatkan kecepatan booting, tapi juga meningkatkan respons laptop saat kamu menjalankan games dan aplikasi serta melakukan copy paste data. Untuk memberikan ruang penyimpanan data yang lebih luas, SSD tersebut juga ditemani oleh sebuah HDD berkapasitas 1TB yang memiliki kecepatan 7200rpm.

Gambar dari dokumen Asus.

Untuk fitur lainnya, Asus ROG G703 dilengkapi dengan teknologi Aura RGB pada keyboard. Dengan fitur ini, kamu dapat menikmati kebebasan dan kenyamanan untuk menyesuaikan warna pada setiap tombol serta empat area yang berbeda. Teknologi n-key roll over serta anti-ghosting yang dikombinasikan dengan travel distance 2.5mm dan lengkung keycap 0.3mm dapat meningkatkan ketepatan dan kenyamanan kamu saat menggunakan laptop ini. Di sektor audio, laptop ini sudah mampu untuk mengeluarkan output suara 32-bit/384kHz dengan DAC ESS Sabre. Dua buah tweeter yang terletak di dasar layar mampu memancarkan gelombang audio frekuensi tinggi, sementara dua speaker besar lainnya menambahkan volume dan kedalaman.

Asus ROG G703 sudah dapat kamu dapatkan dipasaran dengan banderol harga yang cukup tinggi, yakni Rp 60.299.000. Dengan harga yang kamu bayarkan tersebut, kamu bisa mendapatkan sebuah mesin portable gaming yang memiliki spesifikasi canggih yang memungkinkan kamu untuk bermain game di mana saja dan kapan saja, serta perlindungan garansi global yang berlaku selama dua tahun.

Spesifikasi teknis lengkap dari Asus ROG G703 dapat kamu lihat di bawah ini.

Main Spec.
ROG G703
CPU
Intel® Core™ i7 7820HK Processor
OS
Windows 10 Home 64-bit
Memory
32GB DDR4 RAM up to 64GB (4 Slot DIMM)
Storage
1TB HDD 7200rpm + 2x 256GB PCIe SSD
Display
17.3" FHD (1920x1080) Wide-View Anti- Glare (144Hz, 9ms)
Graphics
NVIDIA GeForce GTX1080 8G DDR5
Input/Output
2x Headphone-out jack (Audio-in Combo), 1x SD card reader, 1x mini Display Port, 4x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1x HDMI, 1x Type C USB3.1 (GEN2) Thunderbolt, 1x Multi-format card reader (MMC/SD)
Camera
Built-in HD Camera and array mic
Connectivity
Built-in Bluetooth V4.2, 10/100/1000 Base T, Integrated 802.11 AC (2x2)
Audio
ASUS Sonic Studio, Built-in Stereo 3 W Speakers And Array Microphone
Weight 
4,7 Kg
Dimension
425 x 319 x 47.5 ~51 mm (WxDxH)
Keyboard
Illuminated Chiclet Keyboard, Chiclet keyboard with isolated Num key
Special Feature
VR Ready, Anti-Dust Cooling System, Xbox Feature, Trinity Display Technology, Aura RGB Individual Key Lighting
Battery
74 Whrs 8 Cells Battery
Warranty
2 years full global warranty

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.