Skip to main content

Huawei Bagikan Power Bank Untuk Calon Pembeli iPhone

Seperti tahun-tahun sebelumnya, antrean calon pembeli iPhone terbaru memanjang di depan Apple Store di seluruh belahan dunia. Tidak terkecuali di Singapura. Tetangga Indonesia tersebut memiliki Apple Store yang terletak di Orchard Road yang selalu penuh antrean dari para Apple fans tiap tahunnya ketika iPhone baru diluncurkan. Namun kali ini, ada pemandangan unik yang belum pernah terlihat sebelumnya. Apakah itu?

Samsung Luncurkan Galaxy S9 dan S9+, Bawa Jeroan Terkini dengan Kamera Memukau

Samsung baru saja meluncurkan flagship terbaru mereka, yakni Galaxy S9 dan S9 di pagelaran Mobile World Congress 2018, Barcelona. Kedua perangkat yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang tersebut memiliki penampilan yang mirip dengan generasi sebelumnya dengan sedikit ubahan, namun mendapatkan peningkatan yang signifikan dari sisi "jeroan", terutama di sisi kamera. Lalu apa sajakah yang bisa kamu temukan di kedua ponsel pintar teresebut?

Gambar dari petapixel.com.

Baik Samsung Galaxy S9 maupun S9+ membawa desain glass-sandwich yang sudah kita temui di Galaxy S8 dan Note8. Keduanya juga masih dilengkapi dengan fitur tahan air, rangka aluminum, hingga lapisan pelindung curved Gorilla Glass. Hanya saja, kali ini Samsung telah mencoba untuk menipiskan bezel yang ada di sekeliling layar serta meringkaskan ukuran dari kedua ponsel ini. Meskipun mungkin sekilas tidak terlihat secara kasat mata. Satu hal yang patut diapresiasi adalah penempatan sensor pemindai sidik jari yang ditempatkan di bawah kamera. Penempatan ini diyakini memberikan kamu kepraktisan lebih dibandingkan dengan penempatan pada S8 yang berada terlalu di atas.

Pada sektor layar, kedua smartphone ini tetap mempertahankan ukuran 5,8 inci untuk S9 dan 6,2 inci untuk S9+. Keduanya menggunakan layar berjenis Super AMOLED dengan resolusi quad HD. Selanjutnya, sektor jeroan merupakan sektor yang paling banyak mendapatkan peningkatan. Samsung Galaxy S9 dan S9+ menggunakan chipset Exynos 9810 terbaru memiliki prosesor delapan inti yang terdiri dari empat inti Mongoose generasi ketiga berkecepatan 2,8GHz dan empat inti Cortex-A55 berkecepatan 1,7GHz. Di sektor pengolah grafis, chipset ini menggunakan Mali-G72 dengan 18 inti. Untuk kamu yang gemar multitasking, Samsung menyematkan RAM sebesar 4GB untuk S9 dan 6GB untuk S9+.

Sebagai catatan, seperti biasanya duet flagship Galaxy ini memiliki varian chipset yang berbeda untuk pasar Amerika Serikat dan Tiongkok. Di dua negara tersebut, Galaxy S9 dan S9+ dipersenjatai dengan Qualcomm Snapdragon 845 yang terdiri dari prosesor delapan inti Kryo 385, pengolah grafis Adreno 630, dan RAM yang sama dengan varian Exynos.

Gambar dari gsmarena.com.

Kamera menjadi sorotan utama pada duet Galaxy terbaru ini. Baik S9 maupun S9+ dipersenjatai dengan kamera belakang 12 megapiksel yang memiliki kemampuan variable aperture. Kemampuan tersebut memungkinkan kamu untuk memilih aperture diantara f/1.5 dan f/2.4. Selain itu, kamera belakang tersebut juga dilengkapi dengan optical stabilization dan dual pixel phase-detect autofocus. Sayangnya lampu kilat LED tunggal tetap dipertahankan oleh Samsung, yang mungkin banyak dari kita menginginkan lampu kilat LED ganda untuk hasil pencahayaan yang lebih baik. Khusus untuk Galaxy S9+, kamera belakangnya mengadopsi konfigurasi kamera ganda dengan kamera sekunder telephoto 12 megapiksel dengan aperture f/2.4, OIS, dan dual-pixel autofocus. Konfigurasi tersebut sama dengan yang dapat kita temui pada Galaxy Note8.

Fitur video pada Galaxy S9 dan S9+ juga mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan S8 dan S8+. Kini keduanya mendukung modus perekaman video 4K pada frame rate 60fps dalam format HEVC. Selain itu, kedua ponsel ini juga mampu untuk merekam dalam modus slow motion pada frame rate 960fps, kemampuan yang sebelumnya telah diperkenalkan oleh flagship dari Sony.

Untuk fitur lainnya, baik Galaxy S9 maupun S9+ dilengkapi dengan speaker konfigurasi stereo buatan AKG dan dukungan Dolby Atmos. Samsung mengklaim bahwa speaker yang terdapat pada kedua perangkat ini memiliki volume 40% lebih keras dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sedangkan untuk sistem operasi, kedua smartphone ini sudah menjalankan sistem operasi Android Oreo yang dibalut dengan antarmuka Grace UX. Selain itu, Samsung juga menyematkan dukungan AR Emoji, KNOX yang diperbarui, hingga sistem keamanan Intelligent Scan yang memanfaatkan pemindai mata dan wajah dalam satu waktu yang sama. Pada sektor baterai, Samsung Galaxy S9 memiliki baterai lithium ion 3.000mAh, sedangkan Galaxy S9+ memiliki baterai lithium ion 3.500mAh.


Saat ini kamu bisa melakukan pre-order Samsung Galaxy S9 dan S9+ melalui beberapa situs belanja daring terkenal di Indonesia. Untuk harga jualnya, Galaxy S9 dibanderol seharga Rp 11.499.000 dan Galaxy S9+ dibanderol seharga Rp 12.999.000. Harga tersebut belum termasuk promo cashback dan benefit lainnya yang ditawarkan oleh masing-masing situs belanja daring. Berminat untuk meminang salah satu dari duet Galaxy terbaru ini? Penulis sarankan untuk memilih warna lilac purple agar terlihat lebih cantik dan juga langka. Sebab, dua varian warna lainnya yakni midnight black dan coral blue sudah cukup pasaran karena beberapa smartphone Galaxy tipe lain juga memiliki kedua varian warna tersebut.

Spesifikasi teknis dari Samsung Galaxy S9 dan S9+ bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Samsung Galaxy S9

Layar
5,8 inci dengan resolusi 1.440 x 2.960 piksel, Super AMOLED, Corning Gorilla Glass 5.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
147,7 x 68,7 x 8,5 mm, 163 gram.
Prosesor
Exynos 9810 Octa (4 x 2,8GHz Mongoose M3 dan 4 x 1,7GHz Cortex-A55).
GPU
Mali-G71 MP18.
RAM
4 GB.
Internal Storage
64 GB
External Storage
microSD hingga 400GB.
Kamera Belakang
Kamera tunggal yang terdiri dari sensor 12 megapiksel dengan variable aperture f/1.5 - f/2.4, dual pixel phase detection autofocus, OIS, lampu kilat LED tunggal.
Kamera Depan
8 megapiksel dengan aperture f/1.7 dan ukuran piksel 1.22 µm.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS/ GLONASS/BDS/GALILEO, USB 3.1 Type-C 1.0
Baterai
Li-Ion 3.000 mAh
Sistem Operasi
Android 8.0 dengan antarmuka Grace UX

Samsung Galaxy S9+


Layar
6,2 inci dengan resolusi 1.440 x 2.960 piksel, Super AMOLED, Corning Gorilla Glass 5.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
147,7 x 68,7 x 8,5 mm, 163 gram.
Prosesor
Exynos 9810 Octa (4 x 2,8GHz Mongoose M3 dan 4 x 1,7GHz Cortex-A55).
GPU
Mali-G71 MP18.
RAM
6 GB.
Internal Storage
64 GB
External Storage
microSD hingga 400GB.
Kamera Belakang
Kamera ganda yang terdiri dari kamera utama 12 megapiksel dengan variable aperture f/1.5 - f/2.4, dual pixel phase detection autofocus, OIS dan kamera sekunder 12 megapiksel dengan aperture f/2.4, dual pixel phase detection autofocus, OIS, lampu kilat LED tunggal, dan 2x optical zoom.
Kamera Depan
8 megapiksel dengan aperture f/1.7 dan ukuran piksel 1.22 µm.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS/ GLONASS/BDS/GALILEO, USB 3.1 Type-C 1.0
Baterai
Li-Ion 3.500 mAh
Sistem Operasi
Android 8.0 dengan antarmuka Grace UX

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.