Skip to main content

Huawei Bagikan Power Bank Untuk Calon Pembeli iPhone

Seperti tahun-tahun sebelumnya, antrean calon pembeli iPhone terbaru memanjang di depan Apple Store di seluruh belahan dunia. Tidak terkecuali di Singapura. Tetangga Indonesia tersebut memiliki Apple Store yang terletak di Orchard Road yang selalu penuh antrean dari para Apple fans tiap tahunnya ketika iPhone baru diluncurkan. Namun kali ini, ada pemandangan unik yang belum pernah terlihat sebelumnya. Apakah itu?

Asus Luncurkan Zenfone Generasi Kelima Dengan Chipset Terbaru Qualcomm

Pabrikan ponsel pintar kawakan asal Taiwan, Asus, baru saja meluncurkan Zenfone generasi kelima di pagelaran Mobile World Congress 2018 yang bertempat di Barcelona, Spanyol. Pada acara peluncuran yang langsung dikomandoi oleh CEO Asus, Jerry Shen, Asus memperkenalkan tiga perangkat baru yang semuanya menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm: Asus Zenfone 5Z, Zenfone 5, dan Zenfone 5 Lite. Ketiga jajaran tersebut diyakini sanggup untuk memenuhi kebutuhan dari setiap kalangan sesuai dengan budget mereka masing-masing.

Gambar dari dokumen Asus.

Asus Zenfone 5Z

Ponsel ini merupakan flagship dari Zenfone generasi kelima. Membawa sejumlah hardware masa kini yang mampu untuk memberikan performa terbaik menandingi jajaran flagship dari pabrikan kompetitor. Selaras dengan judul artikel ini, Zenfone 5Z menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 845 yang memiliki prosesor delapan inti. Empat inti utama terdiri dari Kryo 385 Gold berkecepatan 2,7GHz, sedangkan empat inti lainnya terdiri dari Kryo 385 Silver berkecepatan 1,7GHz. Pengolah grafis Adreno 630 yang termasuk ke dalam chipset ini bisa menjadi primadona para mobile gamers masa kini yang gemar memainkan game dengan grafik kelas tinggi. Sebagai informasi tambahan, Snapdragon 845 sudah dilengkapi dengan Qualcomm Artificial Intelligence Engine yang dapat meningkatkan performa ponsel dalam pemakaian sehari-hari.

Di sektor kamera, Zenfone 5Z memiliki kamera belakang ganda dengan konfigurasi 12 megapiksel + 8 megapiksel. Kamera primernya dilengkapi dengan aperture f/1.8, ukuran sensor 1/2.55", serta ukuran piksel 1,4µm. Sedangkan kamera sekundernya memiliki aperture f/1.8, ukuran sensor 1/4", dan ukuran piksel 1,12µm. Keduanya juga dilengkapi dengan fitur phase detection autofocus, gyro EIS, dan lampu kilat LED ganda. Kamera ini sanggup untuk melakukan perekaman resolusi 4K dengan frame rate 60fps, 1080p dengan frame rate 120fps, dan 720p dengan frame rate 240fps. Untuk kamera depannya sendiri, Zenfone 5Z memiliki kamera beresolusi 8 megapiksel yang dilengkapi dengan fitur gyro EIS dan aperture f/2.0.

Pada sektor layar, Zenfone 5Z memiliki layar seluas 6,2 inci dengan resolusi full HD+ berjenis IPS LCD dan rasio layar kekinian 18:5,9. Dengan desain layar penuh tersebut, Asus memunculkan sebuah "dahi" yang berada di bagian atas layar. Ya, mirip-mirip sama notch yang dimiliki oleh gadget rasa buah dari Amerika itu sih. Layar ponsel ini juga dilapisi oleh lapisan pelindung Corning Gorilla Glass yang tidak disebutkan versinya.

Untuk spesifikasi lainnya, Zenfone 5Z dilengkapi dengan Bluetooth 5.0, USB Type C 1.0, dan baterai lithium ion berkapasitas 3.300mAh yang mendukung fitur pengisian daya cepat. Dengan banderol €479 atau sekitar 8 juta rupiah, nampaknya flagship ini akan menjadi pilihan yang sangat menarik jika masuk secara resmi ke Indonesia nanti.

Gambar dari dokumen Asus.

Asus Zenfone 5

Sadar akan pengguna kelas mengengah yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan pengguna kelas atas, Asus menghadirkan Zenfone 5. Sebenarnya ponsel pintar ini memiliki desain dan spesifikasi yang lebih kurang mirip dengan sang flagship 5Z. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan di sektor dapur pacu. Qualcomm Snapdragon 636, chipset kelas menengah teranyar penerus 630 ini dipercayakan sebagai mesin utama dari ponsel ini. Chipset yang memiliki prosesor delapan inti Kryo 260 tersebut diharapkan bisa memberikan performa yang sangat baik dengan efisiensi daya yang tinggi, seperti chipset legendaris Snapdragon 625 yang pertama kali digunakan pada Zenfone generasi ketiga.

Jika 5Z menawarkan beberapa opsi RAM dan internal storage, tidak dengan Zenfone 5. Smartphone ini hanya menawarkan opsi internal storage seluas 64GB, namun kamu bisa memilih diantara dua varian RAM 4 atau 6GB. Slot microSD yang mendukung hingga kapasitas 400GB tersedia pada ponsel ini, hanya saja kamu harus ikhlas memilih salah satu antara penyimpanan tambahan atau kartu SIM kedua sebab ponsel ini mengadopsi hybrid slot. Namun dengan hadirnya paket internet dengan kuota berlimpah dan layanan penyimpanan awan dengan kapasitas besar, seharusnya hal tersebut bukanlah masalah yang berarti. Apalagi saat ini mungkin kamu lebih senang mendengarkan musik dan video melalui aplikasi streaming ketimbang harus mengunduh dan menyimpan konten versi "pak tani" seperti zaman format MP3 masih berjaya.

Untuk spesifikasi lainya, tidak ada perbedaan yang dapat memisahkan Zenfone 5 dan 5Z secara signifikan. Hanya saja, Asus belum membeberkan berapa banderol yang akan diberikan untuk smartphone ini. Tebakan penulis sih, kayaknya Asus akan membanderol Zenfone 5 di kisaran 5 juta rupiah. Semoga saja ya ponsel pintar ini dapat masuk ke Indonesia secara resmi, mengingat kemarin Asus memutuskan untuk tidak memasukkan Zenfone 4 dan hanya memasukkan Asus seri Max dan Selfie saja.

Gambar dari dokumen Asus.

Asus Zenfone 5 Lite

Tidak ingin melupakan pasar kelas pemula, Asus pun mengakomodir kebutuhan para kaum "kerehore" dengan meluncurkan Zenfone 5 Lite. Meskipun memakai embel-embel "ringan", bukan berarti spesifikasi yang dibawa oleh ponsel ini seringan itu lho. Buktinya Asus tetap memberikan layar seluas 6 inci dengan resolusi full HD+ berjenis IPS LCD. Hanya saja rasio layar yang diberikan tidak se-ekstrim kedua "abang-nya". Ponsel ini memiliki rasio aspek 18:9 yang saat ini juga populer digunakan oleh ponsel kelas pemula - menengah dari pabrikan lainnya.

Untuk urusan "jeroan", Zenfone 5 Lite memiliki dua varian. Varian pertama menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 630 yang terdiri atas prosesor delapan inti Cortex-A53 berkecepatan 2,2GHz dan pengolah grafis Adreno 508. Sedangkan untuk varian kedua menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 430 yang terdiri atas prosesor delapan inti berkecepatan 1,4GHz dan pengolah grafis Adreno 505. Selain chipset, terdapat juga perbedaan di sisi RAM dan internal storage. Varian yang lebih tinggi akan memiliki konfigurasi 4/64GB, sedangkan varian yang lebih rendah akan memiliki konfigurasi 3/32GB. Saran penulis, sebaiknya Asus memasarkan varian pertama saja nanti jika ponsel ini dipasarkan di Indonesia. Sebab, varian keduanya memiliki posisi yang rentan terhadap serangan dari tentara "mending".

Sekali lagi, embel-embel Lite tidak mengurangi kemampuan smartphone ini, termasuk pada kameranya. Terbukti dengan kamera belakang yang memiliki konfigurasi kamera ganda dengan kamera utama 16 megapiksel dan kamera sekunder yang tidak disebut besaran megapikselnya. Tidak hanya kamera belakang, kamera depannya pun mengadopsi hal serupa dengan kamera utama 20 megapiksel dan kamera sekunder yang lagi-lagi tidak diketahui besaran megapikselnya. Baik kamera belakang maupun kamera depan ponsel ini dilengkapi oleh gyro EIS dan lampu kilat LED tunggal.

Itulah tiga varian terbaru dari jajaran Asus Zenfone generasi kelima. Belum diketahui kapan Asus akan mulai memasarkan smatphone-smartphone ini di pasar bebas, termasuk Indonesia. Jikalau kelak akan dipasarkan secara resmi ke Indonesia, semoga saja keseruan acara peluncurannya akan seseru dan seheboh ketika acara peluncuran Zenfone generasi ketiga di pulau dewata pada 2016 silam.

Spesifikasi teknis dari Asus Zenfone 5Z, 5, dan 5 Lite bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

Asus Zenfone 5Z

Layar
6,2 inci dengan resolusi 1.080 x 2.246 piksel, IPS LCD, Corning Gorilla Glass.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
153 x 75,7 x 7,9 mm, 155 gram.
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 845 (4 x 2,7GHz Kryo 385 Gold dan 4 x 1,7GHz Kryo 385 Silver).
GPU
Adreno 630.
RAM
4/6/8 GB.
Internal Storage
64/128/256 GB
External Storage
microSD hingga 400GB (hybrid slot).
Kamera Belakang
Kamera ganda yang terdiri dari kamera primer sensor 12 megapiksel dengan aperture f/1.8 dan ukuran piksel 1.4 µm. Kamera sekundernya memiliki sensor 8 megapiksel dengan aperture f/2.0. Keduanya sudah dilengkapi dengan phase detection autofocus, gyro EIS, lampu kilat LED tunggal.
Kamera Depan
8 megapiksel dengan aperture f/2.0 dan ukuran piksel 1.12 µm.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS/ GLONASS/BDS, USB 3.1 Type-C 1.0
Baterai
Li-Ion 3.300 mAh
Sistem Operasi
Android 8.0

Asus Zenfone 5

Layar
6,2 inci dengan resolusi 1.080 x 2.246 piksel, IPS LCD, Corning Gorilla Glass.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
153 x 75,7 x 7,9 mm, 155 gram.
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 636 (octa-core Kryo 260).
GPU
Adreno 509.
RAM
4/6 GB.
Internal Storage
64GB
External Storage
microSD hingga 400GB (hybrid slot).
Kamera Belakang
Kamera ganda yang terdiri dari kamera primer sensor 12 megapiksel dengan aperture f/1.8 dan ukuran piksel 1.4 µm. Kamera sekundernya memiliki sensor 8 megapiksel dengan aperture f/2.0. Keduanya sudah dilengkapi dengan phase detection autofocusgyro EIS, lampu kilat LED tunggal.
Kamera Depan
8 megapiksel dengan aperture f/2.0 dan ukuran piksel 1.12 µm.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS/ GLONASS/BDS, USB 3.1 Type-C 1.0
Baterai
Li-Ion 3.300 mAh
Sistem Operasi
Android 8.0

Asus Zenfone 5 Lite

Layar
6,2 inci dengan resolusi 1.080 x 2.246 piksel, IPS LCD, Corning Gorilla Glass.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
153 x 75,7 x 7,9 mm, 155 gram.
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 630 (8 x 2,2GHz Cortex-A53)
Qualcomm Snapdragon 430 (8 x 1,4GHz Cortex-A53).
GPU
Adreno 508
Adreno 505.
RAM
3/4 GB.
Internal Storage
32/64GB
External Storage
microSD hingga 400GB (dedicated slot).
Kamera Belakang
Kamera ganda yang terdiri dari kamera primer sensor 16 megapiksel dengan aperture f/2.2 dan phase detection autofocus. Kamera sekundernya memiliki sensor yang tidak diketahui ukuran megapikselnya. Keduanya sudah dilengkapi dengan gyro EIS dan lampu kilat LED tunggal.
Kamera Depan
Kamera ganda yang terdiri dari kamera primer sensor 20 megapiksel dengan aperture f/2.0. Kamera sekundernya memiliki sensor yang tidak diketahui ukuran megapikselnya. Keduanya sudah dilengkapi dengan gyro EIS dan lampu kilat LED tunggal.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band (varian bawah hanya b/g/n single band), Bluetooth 4.1, GPS/ GLONASS/BDS, microUSB 2.0.
Baterai
Li-Ion 3.300 mAh
Sistem Operasi
Android 8.0

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.