Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

Review Acer A515-41G: Solusi Laptop Gaming 7 Juta

Seiring meningkatnya harga komponen PC, banyak kalangan PC gamers yang pada akhirnya mulai berpindah hati ke gaming laptop. Namun kendalanya, tidak semua PC gamers memiliki kantong yang cukup tebal untuk membeli gaming laptop berbanderol paling murah. Hal ini nampaknya telah diketahui oleh para produsen laptop terkemuka. Maka dari itu, banyak produsen yang berlomba-lomba menawarkan laptop multimedia yang memiliki banderol lebih murah dibanding gaming laptop, tetapi memiliki performa gaming yang lebih mumpuni dibandingkan dengan laptop multimedia biasa.

review laptop amd

Salah satu produsen tersebut Acer. Produsen laptop terkemuka asal Taiwan ini baru saja meluncurkan Acer A515-41G. Laptop yang menggunakan basis platform AMD ini menawarkan performa gaming yang cukup mumpuni dengan tersedianya prosesor quad core, kartu grafis Radeon 7 yang dikombinasikan dengan Radeon RX 540, media penyimpanan berupa hard disk seluas 1 TB, dan RAM sebesar 8GB. Dengan banderol sekitar 7 jutaan, apakah laptop ini bisa menarik minat para gamers kerehore yang memiliki budget terbatas namun ingin memenuhi hasrat gaming mereka?

Acer A515-41G memiliki desain yang cukup tegas dan elegan. Dominasi balutan warna hitam dengan hairline finish membuat laptop ini semakin terlihat mewah. Keyboard-nya berjenis chiclet dengan jarak antar tuts yang tidak terlalu rapat. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengetik lebih mudah. Kamu juga bisa menemukan numeric keypad yang berada di sebelah kanan, buat kamu yang mungkin sering berkutat dengan angka ataupun buat masukin kode cheat/trainer (ehehehe...) tombol-tombol tersebut tentunya dapat menambah kenyamanan saat mengetik. Untuk touchpad-nya sendiri cukup luas dan mudah untuk dioperasikan. Namun letaknya agak sedikit ke kiri mungkin akan menyulitkan kamu yang gemar menggunakan touchpad dengan tangan kanan. Namun ya, siapa juga sih yang main game dengan menggunakan touchpad kan?

Dari segi konektivitas, laptop ini memiliki sejumlah fitur yang cukup lengkap. Di sisi kiri, kamu bisa menemukan sebuah port RJ-45 LAN, USB Type-C, HDMI, USB 3.0, dan slot SD card. Sedangkan di sisi kanan kamu akan mendapati sebuah jack 3,5mm, dua buah USB 2.0, dan sebuah charging port. Oh ya, laptop ini tidak memiliki optical drive lho. Jadi untuk kamu yang masih memanfaatkan fitur tersebut bisa membeli portable optical drive.

review laptop amd
Prosesor AMD A12 + kartu grafis Radeon RX 540.

review laptop amd
Numeric keypad untuk kamu yang membutuhkan.

review laptop amd
Keyboard chiclet yang cukup nyaman dan touchpad yang luas.

review laptop amd
Kelengkapan konektivitas di sisi kiri Acer A515-41G.

review laptop amd
Kelengkapan konektivitas di sisi kanan Acer A515-41G.

Berbicara mengenai performa, Acer A515-41G menggunakan platform prosesor APU dari AMD yang ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan keseimbangan antara performa maupun efisiensi daya. Namun bukan berarti laptop ini tidak gegas, prosesor AMD A12 quad core yang memiliki kecepatan maksimum hingga 3.600MHz ini memiliki performa yang dapat diandalkan untuk mengejakan pekerjaan sehari-hari. Membuka dokumen menggunakan Microsoft Office, melakukan editing foto dengan Adobe Photoshop, atau memutar video menggunakan PotPlayer dapat dijalankan dengan gegas. Perpindahan antar aplikasi pun sangat lancar dengan RAM sebesar 8GB yang menurut CPU-Z terpasang dengan konfigurasi single channel. Artinya, masih tersedia satu slot lagi jika kamu berminat untuk menambah RAM pada laptop ini hingga 16GB.

review laptop amd
Prosesor dan RAM Acer A515-41G yang terdeteksi oleh CPU-Z.

review laptop amd
Kartu grafis integrated dan dedicated pada Acer A515-41G.

Bagaimana dengan performa gaming dari laptop ini? Kartu grafis AMD Radeon RX 540 yang tertanam pada komputer jinjing ini sanggup untuk bermain beberapa game populer seperti Pro Evolution Soccer 2018, DOTA 2, ataupun Black Desert Online dengan lancar. Untuk game yang cukup berat seperti Rise of The Tomb Raider ataupun Company of Heroes 2 kamu harus menyesuaikan konfigurasi grafis ke level rata kiri agar dapat dimainkan dengan lebih nyaman. Secara keseluruhan, performa dari laptop ini cukup memuaskan untuk kamu para gamers kasual yang senang untuk bermain game populer tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

review laptop amd
Hasil pengujian 3DMark dengan modus Time Spy.

review laptop amd
Hasil pengujian Cinebench R15.


review laptop amd
Hasil pengujian Heaven Benchmark.

review laptop amd
Pengaturan yang digunakan untuk pengujian Pro Evolution Soccer 2018.

review laptop amd
Pengaturan yang digunakan untuk pengujian Company of Heroes 2.

review laptop amd
Pengaturan yang digunakan untuk pengujian Rise of The Tomb Raider.

review laptop amd
Pengaturan lanjutan yang digunakan untuk pengujian Rise of The Tomb Raider.
review laptop amd
Hasil pengujian tiga games.


review laptop amd
Hasil pengujian menambang cryptocurrency dengan NiceHash Miner Legacy v1.8.1.9.

Fitur hiburan untuk mendengarkan musik dan menonton film adalah salah satu aktivitas lainnya yang dapat dinikmati dengan nyaman menggunakan Acer A515-41G. Meskipun layarnya hanya mendukung resolusi hingga 1366 x 768, namun luasnya yang 15,6 inci membuatnya lebih enak untuk dipandang ketika menonton film ataupun bermain game. Suara yang dihasilkan oleh speaker laptop ini juga bisa dibilang cukup baik. Penulis mencoba untuk menikmati musik dan film seri favorit via Spotify dan Netflix. Hasilnya, suara yang dihasilkan oleh speaker laptop ini cukup memuaskan dengan suara vokal dan instrumen yang cukup terdengar jelas, bass-nya pun cukup enak didengar meskipun tidak terlalu menggelegar.

Suhu dan daya tahan baterai merupakan salah satu pertimbangan ketika ingin membeli sebuah laptop. Bagaimana dengan Acer A515-41G? Suhu perangkat ketika sedang idle atau melakukan pekerjaan ringan seperti mengolah dokumen, browsing internet, ataupun mendengarkan musik menggunakan Spotify, sekitar 35-52 derajat celcius. Sedangkan jika laptop ini digunakan untuk pekerjaan haus daya seperti bermain game, mengolah video, ataupun menambang cryptocurrency, suhu bisa mencapai 60-61 derajat celcius. Khusus untuk kartu grafis dedicated-nya yang bekerja keras, suhu full load bisa mencapai 69 derajat celcius. Bisa dibilang suhu yang dimiliki oleh laptop ini masih dalam batas wajar, baik ketika dalam kondisi idle maupun full load. Satu hal yang perlu diingat, exhaust atau pembuangan udara panas pada laptop ini terletak di bagian belakang, tepatnya di bawah layar/dekat dengan baterai. Sehingga usahakan bagian belakang tersebut tidak terhalang apapun ketika kamu sedang menggunakan laptop ini.

review laptop amd
Suhu idle Acer A515-41G.

review laptop amd
Lanjutan suhu idle Acer A515-41G.

review laptop amd
Suhu full load Acer A515-41G.

review laptop amd
Lanjutan suhu full load Acer A515-41G.

review laptop amd
Exhaust milik Acer A515-41G.

Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Acer A515-41G dapat bertahan hingga 2,5 jam untuk pemakaian ringan pada saat modus high performance, sedangkan untuk pemakaian berat laptop ini dapat bertahan hingga 1,5 jam pada modus yang sama.

Baca juga: Review Asus X555BP: Laptop 5 Juta Bisa Ngapain Aja?

Acer A515-41G merupakan salah satu laptop kelas menengah yang direkomendasikan untuk kamu di kuartal pertama 2018 ini. Datang dengan spesifikasi yang mumpuni dan model yang cukup stylish, laptop ini cocok untuk digunakan untuk pengguna yang membutuhkan performa yang prima untuk bermain games populer hingga games kelas berat dengan pengaturan yang disesuaikan. Laptop ini dapat kamu beli di kisaran harga 7,8 juta rupiah. Harga tersebut bisa berbeda-beda pada tiap toko. Biasanya, kamu dapat membeli secara daring dengan harga lebih murah dibandingkan kamu membeli secara langsung di toko biasa. Namun di manapun kamu membelinya, pastikan produk yang kamu beli bergaransi resmi Acer Indonesia yang di cover selama 1 tahun.

Untuk spesifikasi teknis dari Acer A515-41G bisa kamu lihat di bawah ini.

Prosesor
AMD Bristol Ridge A12-9720 Quad-core 3.6 GHz
GPU
AMD Radeon R7 + Radeon RX 540 Dual Graphics 2GB DDR5 VRAM
Memory RAM
8 GB DDR4 SDRAM
Storage
1 TB SATA HDD
Layar
15,6 inci dengan resolusi 1.366 x 768
Sistem Operasi
Endless OS
Optical Drive
Tidak tersedia.
Konektivitas
1 x COMBO audio jack 
2 x USB 3.0 port(s)  (USB 3.1 GEN1)
2 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN
1 x HDMI

Integrated 802.11 b/g/n
Bluetooth 4.0
10/100/1000/Gigabits Base T
2-in-1 card reader (SD/SDHC)
Dimensi (Panjang x Lebar x Tebal)
38,1 x 26,3 x 2,1 cm
Bobot
2,2 kg dengan baterai

Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.