Review Zyrex Sky 232 Xtreme: Mewah Gak Perlu Mahal

Tidak ada bosan-bosannya jika membicarakan soal laptop. Ya, perangkat yang satu ini memang sudah menjadi perangkat wajib untuk menemani aktivitas sehari-sehari selain smartphone. Terutama dengan kemampuannya yang bisa digunakan untuk banyak kegiatan, baik untuk bekerja maupun menikmati hiburan. Saat ini, laptop tidak hanya menjadi perangkat yang mementingkan spesifikasi saja, tapi juga penampilan dan prestis. Sejalan dengan hal tersebut, Zyrex sebagai produsen laptop lokal asli Indonesia mencoba menawarkan sebuah produk yang memiliki performa apik, penampilan stylish, namun dengan harga yang bisa dibilang sangat terjangkau.

ulasan zyrex sky 232 xtreme

Sambutlah Zyrex Sky 232 Xtreme! Pertama kali penulis membuka dan mengeluarkan laptop ini dari kardusnya, kesan mewah dan elegan langsung terasa. Body-nya yang terbuat dari bahan logam berasa kokoh ketika digenggam oleh telapak tangan. Berbalut warna perak dengan logo Zyrex yang berada di bagian tengah atas, sekilas penampilan laptop ini mirip dengan laptop asal Amerika Serikat yang memiliki harga tiga hingga empat kali lipat lebih mahal. Keyboard-nya berjenis chiclet dengan jarak antar tuts yang tidak terlalu rapat yang membuat kamu bisa mengetik dengan lebih mudah dan tentutnya anti-typo. Di bawah keyboard tersebut terdapat sebuah touchpad yang mungkin akan jarang kamu gunakan jika kamu memiliki kebiasaan menggunakan wireless mouse seperti penulis.

review zyrex sky 232 xtreme
Keyboard layout Zyrex Sky 232 Xtreme.

review zyrex sky 232 xtreme

Pada sisi konektivitas, laptop ini memiliki sejumlah fitur yang cukup lengkap. Di sisi kiri, kamu bisa menemukan sebuah slot microUSB 2.0 dan USB 3.0. Sedangkan di sisi kanan, kamu akan mendapati slot microSD, USB 3.0, jack 3,5mm, dan charger port. Sayangnya, laptop ini tidak memiliki port RJ-45 LAN dan optical drive. Hmm, bukan hal yang menjadi dealbreaker sih karena saat ini keberadaan keduanya juga sudah mulai tergantikan dengan koneksi Wi-Fi dan flash drive. Namun jika kamu masih memerlukan media CD maupun DVD, tentunya bisa membeli portable optical drive yang dapat disambungkan menggunakan USB ke laptop ini.

review zyrex sky 232 xtreme
Slot microUSB 2.0 dan USB 3.0.

Slot microSD, USB 3.0, jack 3,5mm, dan charger port.

Jika kita melihat sekilas spesifikasi dari Zyrex Sky 232 Xtreme, bisa dibilang memang tidak terlalu istimewa. Mengandalkan prosesor Intel Celeron N3350 Apollo Lake dual-core, laptop ini memang bukan ditujukan untuk pekerjaan berat. Menurut penulis setelah menggunakan laptop ini selama lebih kurang satu bulan, performanya cukup jika digunakan untuk pekerjaan ringan seperti mengetik tulisan di Microsoft Word, memutar film menggunakan PotPlayer, mendengarkan musik dengan aplikasi Spotify, ataupun streaming online film via Netflix. Tidak ada kendala saat melakukan aktivitas-aktivitas tersebut secara bersamaan, hal ini mungkin karena laptop ini sudah dibekali dengan RAM sebesar 3GB. Walaupun sebenarnya kapasitas RAM tersebut terbilang agak ganjil dan "nanggung".

review zyrex sky 232 xtreme
Prosesor pada Zyrex Sky 232 Xtreme.

review zyrex sky 232 xtreme
Kartu grafis terintergrasi Zyrex Sky 232 Xtreme.

review zyrex sky 232 xtreme
Uji coba kemampuan bitcoin mining dengan aplikasi NiceHash Miner v2.0.1.6.

Khusus ulasan kali ini, mohon maaf jika penulis tidak menampilkan rentetan hasil benchmark seperti biasa. Hal ini dikarenakan kurangnya ruang penyimpanan untuk memasang aplikasi-aplikasi benchmark pada Zyrex Sky 232 Xtreme. Pada saat terakhir penulis menggunakan laptop ini untuk bekerja, sisa ruang penyimpanan tidak sampai 3GB saja, duh!

Pertanyaan yang sering muncul: apakah laptop ini mampu menjalankan aplikasi Photoshop atau bermain games? Jawabannya tentu saja: tidak direkomendasikan. Walaupun sebenarnya sih bisa-bisa saja, namun pengalaman mengoperasikan Photoshop ataupun menjalankan games tentunya tidak akan prima dan mulus. Kecuali games yang kamu mainkan sebatas judul lawas seperti Age of Empires 2, Counter Strike 1.6, ataupun Minesweeper. Ingat dengan spesifikasinya yang memang ditujukan untuk pekerjaan ringan, jadi jangan terlalu berharap banyak ya.

Fitur hiburan seperti mendengarkan musik dan menonton film adalah aktivitas yang bisa kamu nikmati dengan cukup nyaman menggunakan Zyrex Sky 232 Xtreme. Hal ini ditunjang dengan layar seluas 14 inci yang memiliki resolusi Full HD dan berjenis IPS. Viewing angle-nya lebih baik dibandingkan dengan panel TN dan variasi warna pada layar laptop ini juga bisa dibilang lebih banyak. Ketika memutar film menggunakan Netflix, penulis merasa nyaman untuk menonton dalam waktu yang lama karena mata cukup dimanjakan dengan layar tersebut. Untuk speaker-nya pun gak culun-culun amat. Menikmati lantunan musik menggunakan Spotify cukup enak dengan speaker yang ada di laptop ini. Namun penulis sih lebih menyarankan kamu untuk mendengarkan dengan headphone ataupun menyambungkannya ke speaker tambahan.

Suhu dan daya tahan baterai menjadi salah satu pertimbangan ketika ingin membeli laptop. Bagaimana dengan Zyrex Sky 232 Xtreme? Suhu perangkat ketika sedang idle atau tidak digunakan untuk aktivitas apapun, sekitar 47-56 derajat celcius. Sedangkan jika laptop ini digunakan untuk pekerjaan seperti mengetik di Microsoft Word sambil mendengarkan musik di Spotify, atau menonton film menggunakan Netflix, suhu full load bisa mencapai 57-63 derajat celcius. Terbilang wajar sih untuk laptop yang hanya mengandalkan passive cooling system. Namun satu hal yang menjadi catatan, body dari laptop ini cukup terasa panas ketika sedang digunakan untuk aktivitas yang cukup intens karena bahan logam dari body itu sendiri. Ada baiknya kamu menggunakan laptop ini di atas meja dan tidak menaruhnya di atas paha ketika melakukan aktivitas yang intens tersebut.

review zyrex sky 232 xtreme
Suhu idle Zyrex Sky 232 Xtreme.

review zyrex sky 232 xtreme
Suhu full load Zyrex Sky 232 Xtreme.

Bagaimana dengan daya tahan baterainya? Zyrex Sky 232 Xtreme memiliki daya tahan baterai di atas rata-rata laptop dengan level harga serupa. Laptop ini sanggup bertahan hingga 4-5 jam untuk dipakai kerja dengan modus high performance, sedangkan jika hanya idle atau standby saja tentunya bisa lebih lama lagi. Pengisian daya baterai dari laptop ini pun patut diacungi jempol. Dari 20% ke 100% hanya memakan waktu lebih kurang satu jam lima belas menit saja lho. Serasa memiliki laptop yang dibekali dengan fitur pengisian daya cepat ala quick charge di smartphone ya?

Zyrex Sky 232 Xtreme merupakan salah satu laptop kelas pemula yang direkomendasikan untuk kamu saat ini. Datang dengan desain yang mewah dan elegan serta spesifikasi yang cukup mumpuni, laptop ini tentunya bisa menambah rasa percaya diri kamu ketika sedang bekerja di luar kantor seperti di kafe ataupun coffee shop. Minimal ketika dibawa meeting, rekan kerja kamu pasti akan bertanya-tanya "eh laptop-nya apa tuh bro? Bagus banget modelnya!". Mungkin kamu bertanya-tanya berapa harga yang harus ditebus jika ingin meminang laptop ini. Seperti yang sudah penulis sebutkan sebelumnya, harga laptop ini cukup terjangkau. Cukup menggesek kartu debit/kredit sebanyak tiga juta rupiah kurang seribu saja kamu bisa langsung memesan laptop ini melalui JD.ID. Soal garansi, Zyrex memberikan kamu perlindungan untuk service dan spare part selama satu tahun.

Jika ingin melihat video preview dari Zyrex Sky 232 Xtreme yang dibuat oleh penulis, kamu bisa menonton video di bawah ini.


Untuk spesifikasi teknis dari Zyrex Sky 232 Xtreme bisa kamu lihat pada tabel berikut.

Prosesor
Intel Celeron N3350 Dual Core Apollo Lake
GPU
Intel HD
Memory RAM
3GB DDR3 SDRAM
Storage
32GB eMMC (tersedia slot ekspansi SSD M.2)
Layar
14 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 berjenis IPS
Sistem Operasi
Windows 10
Optical Drive
Tidak tersedia.
Konektivitas
1 x COMBO audio jack 
2 x USB 3.0 port(s)
1 x microUSB 2.0 port
1 x microSD port

Integrated 802.11 b/g/n
Bluetooth 4.0
Dimensi (Panjang x Lebar x Tebal)
31,8 x 21,4 x 1,3 cm
Bobot
lebih kurang 1 kg dengan baterai

Comments

  1. wuih.. modelnya cakep ya? speknya sepertinya cocok buat penulis naskah, biar tetep gaya kerja di mana-mana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang modelnya cakep sih, dan cocoknya untuk dipakai kerjaan ringan aja seperti menulis

      Delete
  2. menarik juga ini notebook sepertinya. cukup elegant dari segi tampilannya <3

    ReplyDelete
  3. Brarti nih laptop khusus buat kerja yaa...
    Tpi ttep aja keren sii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, lebih enaknya sih dipake kerja aja yang ringan-ringan

      Delete
  4. Replies
    1. tergantung kapasitas, 128GB di kisaran 700-800rb, 256GB di kisaran 1,3-1,4jt

      Delete
  5. Pilih laptop ini atau Lenovo ideapad 120s ?
    Please advice & Thanks..

    https://www.mainhape.com/2017/10/laptop-murah-ini-miliki-ssd-performa.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kebutuhan

      secara spesifikasi bawaan sih, mungkin Lenovo IdeadPad 120S lebih unggul karena sudah dilengkapi SSD 128GB sehingga memiliki ruang penyimpanan yang cukup luas. Selain itu, after sales Lenovo juga lebih terjamin.

      namun kalau mencari laptop dengan penampilan elegan dengan bodi full metal, ukuran ringkas 13 inci tapi layar 14 inci, layar panel IPS resolusi Full HD, Zyrex Sky 232 Xtreme jawabannya. Kekurangannya sih storage bawaan yang cuma 32GB eMMC itu...

      Delete
  6. Replies
    1. gak kuat gan, mending cari yang lebih mahal

      Delete
  7. Sori bang,,, tanya dong...
    Itu colokan microusb 2.0? Bukannya micro hdmi ya?

    ReplyDelete
  8. mau nanya nih kalua update memeori zyrex 232 ex pake jenis apa ya ana ada nih laptopnya hanya kapassitas yg bikin sedih mau update pake apa ya

    ReplyDelete

Post a Comment