Cara Menambang Electroneum Dengan Asus Zenfone Max Pro M1

Asus Zenfone Max Pro M1 sudah menjadi salah satu "hot item" di kalangan pemburu smartphone. Harga yang terjangkau namun memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni jadi nilai jual utama dari smartphone ini. Terlihat dari beragam materi promosi yang disebar oleh Asus, bahwa Max Pro M1 diposisikan sebagai budget gaming smartphone. Hal ini diperkuat dengan tagline "Limitless Gaming" yang disematkan pada smartphone ini.

asus zenfone max pro m1 mini review


Namun tidak hanya untuk bermain mobile games saja, Asus Zenfone Max Pro M1 yang diperkuat oleh Qualcomm Snapdragon 636 ini ternyata juga cukup mumpuni untuk mencari pundi-pundi tambahan. Mobile mining atau penambangan cryptocurrency dengan menggunakan smartphone memang tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan penambangan menggunakan kartu grafis PC maupun dedicated miner. Tapi bukan berarti hal tersebut mustahil. Bermodalkan sebuah smartphone kelas menengah seperti Max Pro M1, kita sudah bisa menjalankan sebuah miner yang mampu menghasilkan crypto coin dengan nilai setara Rp3.000 per harinya. Cukup menarik bukan?

Bagaimana cara untuk menambang cryptocurrency pada Asus Zenfone Max Pro M1? Bisa dibilang sangat mudah lho guys. Satu hal yang perlu penulis infokan, cryptocurrency coin yang dapat ditambang secara efisien melalui smartphone adalah Electroneum atau biasa disebut ETN. Coin ini memiliki harga yang cukup stabil dan bagus meskipun masih seumur jagung. Nilai tukarnya terhadap rupiah berada dikisaran Rp300 per satu ETN. Nah, Max Pro M1 dengan kecepatan menambang (hash rate) sekitar 30-33 H/s sanggup untuk mendapatkan coin ini sebanyak 10 ETN setiap harinya. Jika dihitung satu bulan, maka kamu berpeluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebanyak 300 ETN atau sekitar Rp90.000. Lumayan kan untuk membeli pulsa ataupun token listrik?

asus zenfone max pro m1 mini review

Pasti kalian sudah tidak sabar untuk mengetahui caranya untuk menambang Electronium menggunakan Asus Zenfone Max Pro M1. Baca dengan seksama ya caranya di bawah ini.

1. Masuk ke Google Play Store, cari aplikasi bernama Electroneum atau kamu juga bisa klik di sini.
2. Unduh dan pasang aplikasi tersebut, setelah itu buka aplikasinya.
3. Setelah masuk, daftarkan diri kamu melalui satu dari tiga pilihan yang ada di aplikasi. Bisa menggunakan akun Twitter, Facebook, ataupun surel melalui situs Electroneum.com.
4. Jika sudah terdaftar dan terverifikasi, silahkan log in. Kamu akan mendapatkan beberapa halaman di dalam aplikasi:
  • Miner. Di halaman ini kamu dapat melihat status dari miner seperti kecepatan menambang (hash rate), berapa ETN yang sudah ditambang (pending balance), serta berapa jumlah miner yang sedang aktif menambang dari seluruh dunia. Kamu juga bisa menjalankan/memberhentikan aktivitas menambang dengan tombol start/stop yang ada di halaman ini.
  • Wallet. Halaman ini memuat status dari dompet Electroneum yang kamu miliki. Seperti jumlah ETN yang ada di dompet, histori transaksi, serta melakukan pengiriman dan penerimaan ETN menggunakan tombol send/receive.
  • Value. Kamu bisa melihat status dari ETN itu sendiri pada halaman ini. Seperti ranking perbandingan dengan cryptocurrency lain berdasarkan market cap, volume ETN yang beredar di pasar, hingga perubahan harga ETN mulai dari hitungan jam hingga hari. Tidak hanya itu, di halaman ini juga terdapat kalkulator yang dapat melakukan konversi nilai ETN kebeberapa mata uang serta daftar exchanger yang menerima ETN sebagai alat tukar.
  • More. Halaman ini berisikan pengaturan dari aplikasi Electroneum itu sendiri. Kamu bisa mengganti bahasa ataupun melakukan log out dari halaman ini.
Jika sudah mengikuti langkah-langkah di atas, kamu tinggal menjalankan miner-nya saja dengan menekan tombol "START MINING" yang ada di halaman Miner. Kamu tidak perlu melakukan hal apapun, biarkan aplikasi tersebut berjalan di background dan mendulang pundi-pundi ETN. Sangat mudah bukan? Oh ya, jika kamu ingin mendapatkan ETN tambahan, kamu bisa menggunakan kode referral penulis: 3CFD46 atau dengan melakukan pemindaian QR code di bawah ini.

asus zenfone max pro m1 mini review

Pastinya di benak kalian akan muncul pertanyaan: mining ini bisa bikin hape panas gak sih? Atau bisa bikin kuota internet abis gak nih? Tenang aja guys, setelah penulis beberapa bulan ini menjalankan Electroneum Miner, bisa dibilang hampir tidak ada perbedaan yang berarti jika dibandingkan dengan hape yang tidak menjalankan miner ini. Jika baterai menjadi sedikit boros, hal tersebut sangat wajar mengingat aktivitas mining ini membutuhkan koneksi internet secara simultan. Tentunya bukan hal yang perlu ditakutkan mengingat Asus Zenfone Max Pro M1 memiliki daya tahan baterai yang brilian berkat baterai 5.000mAh serta fitur pengisian daya cepat. Bagaimana dengan pemakaian kuota itu sendiri? Bisa dibilang hampir tidak ada bedanya guys, aplikasi ini selama satu bulan hanya menghabiskan tidak lebih dari 300MB. Apalagi jika kamu lebih sering tersambung ke jaringan WiFi di kantor maupun rumah, tentunya "fakir kuota" bukan menjadi alasan kamu untuk takut dengan kuota habis.


Itulah cara menambang Electroneum dengan mudah menggunakan smartphone Asus Zenfone Max Pro M1. Jika kamu masih penasaran atau ingin bertanya lebih lanjut mengenai mobile mining ini, silahkan mengajukan pertanyaan di kolom komentar.

Comments

  1. Cara mencairkan nya menjadi rupiah agar bisa d gunakan bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. join ke exchanger dulu, salah satunya Cryptopia. nanti di sana tukar ke BTC/ETH/XLM dan hasil penukarannya tersebut di transfer lagi ke Indodax. nanti di Indodax bisa dicairkan

      Delete

Post a Comment