Skip to main content

Review HP 14-CM0006AU: Laptop 5 Jutaan Para Pekerja dan Mahasiswa

Pasti kamu pernah mengalami ketika seorang teman ataupun keluarga bertanya: "laptop 5 juta enaknya beli apa ya?". Ya, pertanyaan tersebut sering penulis dapatkan, terutama dari teman atau keluarga yang masih berstatus mahasiswa dan pekerja yang baru saja lulus kuliah. Boleh dibilang, laptop di rentang harga ini memiliki spesifikasi yang agak nanggung. Dibilang kelas pemula bukan, tapi kelas menengah juga rasanya ada yang kurang. Namun tenang saja, HP sebagai salah satu merek laptop terkenal di Indonesia meluncurkan sebuah produk berbasis AMD Ryzen dengan spesifikasi yang cukup bersaing di rentang harga 5 jutaan.

HTC Luncurkan U12+ Dengan Spesifikasi Masa Kini

HTC memang sedang mengalami masa-masa suram. Namun bukan berarti pabrikan legendaris asal Taiwan tersebut kehilangan tenaga untuk berkompetisi di dunia smartphone internasional. Hal ini mereka buktikan dengan meluncurkan HTC U12+. Penerus dari U11+ ini hadir dengan kamera ganda, layar HDR10, serta chipset tercepat dari Qualcomm saat ini, Snapdragon 845.

smartphone htc
Gambar dari htc.com.

HTC U12+ datang dengan body yang sama dengan U11+, namun sudah dilengkapi dengan layar seluas 6 inci berjenis Super LCD6 yang memiliki dukungan HDR10 dan DCI-P3. Layar tersebut memiliki rasio 18:9 dengan resolusi 1.440 x 2.280 dan memiliki kerapatan piksel 537ppi. Pressure-sensitive frame pada sisi layar memungkinkan kamu untuk melakukan Edge Sense, yakni gesture control dengan memijat-mijat sisi layar smartphone ini.

Pada sektor kamera, U12+ dilengkapi dengan kamera ganda dengan konfigurasi kamera utama 12 megapiksel dengan sensor UltraPixel, serta kamera sekunder 16 megapiksel yang memiliki kemampuan 2x optical zoom. Kamera utamanya memiliki aperture yang cukup besar, yakni f/1.8 dan dilengkapi dengan OIS serta phase detection dan laser autofocus. Untuk kemampuan rekaman video, smartphone ini mampu untuk merekam video beresolusi 4K dengan frame rate 60fps. Sedangkan untuk perekaman 1080p mampu menghasilkan frame rate hingga 240fps. Tidak hanya sampai di situ, kamera depan U12+ juga dilengkapi dengan kamera ganda dengan dua kamera 8 megapiksel.

Untuk sektor dapur pacu, HTC U12+ sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 845 yang dikombinasikan dengan RAM sebesar 6 GB serta internal storage sebesar 64 dan 128 GB. Jika dirasa kurang, smartphone ini juga memiliki slot microSD. U12+ hadir dengan sistem operasi Android 8/0 Oreo dan HTC sudah menginfokan akan memberikan update ponsel ini ke Android P. Walaupun tampilan belakangnya cantik dengan bahan kaca, namun smartphone ini belum mendukung wireless charging dan baterainya hanya berdaya 3.500mAh. Lebih kecil dibandingkan U11+ yang berdaya 3.930mAh.

Baca juga: HTC U11 EYEs: Mampukah Mengembalikan Pamor HTC?

Sama seperti smartphone HTC generasi sebelumnya, U12+ memiliki speaker stereo an high-res audio melalui USB Type-C yang dimilikinya. Dan tenang saja, kamu juga akan mendapatkan noise-cancelling in-ear headphones di dalam paket penjualannya. Ada tiga pilihan warna yang bisa kamu pilih, yakni Translucent Blue, Ceramic Black, dan Flame Red. Smartphone ini sudah dapat dipesan di Amerika Serikat dan Eropa dengan banderol harga $799 untuk varian 64GB dan $849 untuk varian 128GB. Jika kamu mengharapkan ponsel ini masuk ke Indonesia secara resmi, maka siap-siap kecewa. Sebab HTC Indonesia sudah angkat kaki dari dunia perponselan nasional beberapa tahun silam.

Untuk spesifikasi teknis dari HTC U12+ bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Layar
6.0 inci dengan resolusi 1.440 x 2.880 piksel, Super LCD6 dengan DCI-P3 dan HDR10.
Ukuran (Panjang x Lebar x Tebal) dan Bobot
156,6 x 73,9 x 8,7 mm, 188 g.
Prosesor
Qualcomm Snapdragon 845 octa-core (4x2,8GHz Kryo 385 Gold dan 4x1,7GHz Kryo 385 Silver).
GPU
MAdreno 630.
RAM
6GB.
Internal Storage
64/128GB.
External Storage
MicroSD, slot menjadi satu dengan kartu SIM kedua.
Kamera Belakang
Kamera ganda dengan konfigurasi:

Kamera utama: 12 megapiksel dengan f/1.8, 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS, gyro-EIS, phase detection dan laser autofocus, lampu kilat LED ganda.

Kamera sekunder: 16 megapiksel dengan f/2.6, 1.0µm, 2x optical zoom.
Kamera Depan
Kamera ganda dengan konfigurasi dua buah sensor 8 megapiksel, f/2.0, 1.12µm.
Konektivitas
GSM, HSDPA, 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, USB 3.1 Type-C 1.0.
Baterai
3.500mAh
Sistem Operasi
Android 8.0 dengan antarmuka HTC Sense UI.


Comments

Popular posts from this blog

Mau Beli Ponsel Garansi Distributor? Cek Dulu 3 Hal Penting Ini!

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Hampir setiap aktivitas masyarakat membutuhkan bantuan dari alat komunikasi tersebut. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, smartphone juga digunakan untuk keperluan lain, seperti penunjang pekerjaan kantoran (email, membuka dan edit dokumen) ataupun hiburan (bermain games, mendengarkan musik). Oleh sebab itu, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer penunjang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh penggunanya.

LG G4 Anda Kena Bootloop? Ini Dia Solusinya!

Apakah Anda pemilik LG G4? Jika ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Ponsel yang dikenal akan kemampuan kameranya tersebut dilaporkan telah mengalami masalah bootloop. Hal tersebut terjadi secara acak dan tidak terduga. Dikabarkan, masalah ini ditemui oleh pengguna LG G4 dengan serial number yang berawal 505 dan 506.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG: Fokus Cepat Dengan Laser Auto Focus

Setelah sebelumnya sukses dengan meluncurkan berbagai varian menengah ke atas Asus Zenfone 2 dengan prosesor Intel, Asus mulai melebarkan sayapnya ke ranah smartphone kelas menengah. Tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya, perusahaan asal Taiwan tersebut meluncurkan sebuah produk menarik yang diposisikan untuk mengisi ponsel di jangkauan harga 2 juta. Meskipun pesaingan cukup sengit pada level tersebut, namun Asus tetap pede dengan meluncurkan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.